Pengaruh Implementasi Kurikulum Merdeka Terhadap Kinerja Guru dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Siswa SMAN 2 Kaur

Neca Gemelia

Abstract


The research objectives are 1) to determine the influence of the implementation of the independent curriculum on the performance of Islamic Religious Education and Character Education teachers at SMA Negeri 2 Kaur. 2) to determine the effect of the implementation of the independent curriculum on the learning achievement of Islamic Religious Education and Character of SMA Negeri 2 Kaur students. This type of research is quantitative with an associative approach. Data collection techniques are observation, questionnaires and documentation. The research sample used Probality Sampling with the Stratified Random Sampling technique. The research results show that 1) There is a significant influence between the implementation of the independent curriculum on teacher performance in learning Islamic Religious Education and Character at SMA Negeri 2 Kaur. This is proven from the t-count > t-table (5.262 > 1.645). 2) There is a significant influence between the implementation of the independent curriculum and student learning achievement in learning Islamic Religious Education and Character. This is proven from t-count > t-table (5.583 > 1.645).


Keywords


Independent curriculum; teacher performance; and student learning achievement;

Full Text:

PDF

References


Alimni, dkk, Kontribusi Konsep Etika Pendidik Perspektif K.H Hasyim Asy’ari Terhadap Kompetensi Kepribadian Guru, IINNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, Volume 3 Nomor 3Tahun 2023 Page2944-2958, https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/2435/1730

Abuzar Asra, dkk, Metode Penelitian Survei, (Bogor: In Media, 2015

Abdul Hadis dan Nurhayati, Psikologi dalam Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2014

Achmad Noor Fatirul dan Djoko Adi Walujo, Desain Blended Learning: Desain Pembelajaran Online Hasil Penelitian (Surabaya: Scopindo, 2020

Apriliya Rizkiyah, Penerapan Blended Learning untuk Menngkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, Vol 1 Nomer 1/JKPTB/15, 2015

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta

Asra, Abuzar dkk. 2015. Metode Penelitian Survei. Bogor: In Media

Aswin Saputra, Perbandingan RBL dan PBL terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik di MAN 12 Jakarta, dalam Research and Development Journal Of Education 2, no. 1 (2015): 3–11

Burhan Nurgianto, Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum Sekolah, Yogyakarta: BPFE, 2018

Dani Firmansyah, “Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika,” dalam Jurnal Pendidikan Uniska 3, no. 1 (2015): 34–44

Dinar Tiara Nadip Putri dan Gatot Isnani, Pengaruh Minat dan Motivasi terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran, dalam Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen 1, no. 2 (2015): 118–124

Erjati Abas, Magnet Kepemimpinan Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Guru (Jakarta: Kompas Gramedia, 2017

Endang, Teori Dan Praktik Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif PTK R & D (Jakarta: Bumi Aksara, 2018

Godaliva Tethool, Wensi Ronal Lesli, dan Djafar Wonggo, Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK, dalam EduTIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1, no. 3 (2021): 268–275

Harun, Nurlaili, Alimni, Pendidikan Berbasis Multikultural pada mata Pelajaran PAI dalam Membangun Kerjasama di SMKN 3 Seluma, Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, Volume 8 Nomor 2 Edisi Agustus 2023, http://ejournal.stit-ru.ac.id/index.php/raudhah/article/view/431/218

Hardani dkk. 2020. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group

Ibrahim, R. 2012. Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada

Ilyas Ismail, “Kinerja dan Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran,” Lentera Pendidikan 13, No. 01 (2010

Komang, I. dan Made Adi Nugraha. 2022. Langkah Mempercepat Perkembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, (online). Vol. 3, No. 1, (https://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/edukasi/article/view/2296/ 1741, diakses 25 Agustus 2022)

Lusi Marleni, Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bangkinang, dalam Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika 1, no. 1 (2016): 149–159

Moh Uzer Usman, Menjadi Guru Profesional, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Bandung, 2006

M. Ngalim Purwanto, Psikologi Pendidikan, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2007

Mohd Idris Dalimunthe, Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar terhadap Pemahaman Akuntansi pada Mahasiswa Program Studi Akuntansi di Universitas Medan Area, dalam Jurnal Mutiara Akuntansi 5, no. 2 (2020): 99–108

Mulyasa. 2020. Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar. Jakarta: Bumi Aksara

Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2013

Nukhbatul Bidayati Haka, dkk, Pengaruh Blended Learning Berbantukan Google Classroom terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Kemandirian Belajar Peserta Didik, dalam EduSains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika 8, no. 1 (2020): 1–12

Nurlian Nasution, Nizwardi Jalinus dan syahril, Buku Model Blended Learning, Pekanbaru Riau: Unilak Press, 2019

Nurwiatin, N. 2022. Pengaruh Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar dan Kesiapan Kepala Sekolah Terhadap Penyesuaian Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, (online). Vol. 9, No. 2, (https://journalstkippgrisitubondo.ac.id/index.php/EDUSAINTEK/article/view/537, diakses 25 Agustus 2022)

Purwanto, Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2010

Rahayu, R. dkk. 2022. Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu (Journal of Elementary Education), (online). Vol. 6, No. 4, https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/3237, diakses 25 Agustus 2022

Rusmiati, R. 2017. Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Bidang Studi Ekonomi Siswa MA AL FATTAH Sumbermulyo. Utility: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi, (online). Vol. 1 No. 1, (https://journal.unuha.ac.id/index.php/utility/article/view/60, diakses 10 September 2022)

Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta, 2010

S. Eko Putra Widoyoko dan Anita Rinawati, “Pengaruh Kinerja Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa,” Cakrawala Pendidikan 29, No. 02 (2012

Suryaman. 2020. Prosiding Seminar Daring Nasional: Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Bengkulu

Sugiyono. 2014. Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

------------. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Widi Utari, Vitta Yaumul Hikmawati, dan Aden Arif Gaffar, Blended Learning: Strategi Pembelajaran Alternatif di Era New Normal, dalam Prosiding FKIP UNMA (Seminar Nasional Pendidikan) 2, no. 2 (2020): 262–269

Zakiyah Daradjat, dkk, Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Bumi aksara, 2014

Zaki Al Fuad dan Zuraini, Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Kelas I SDN 7 Kute Panang, dalam Jurnal Tunas Bangsa 3, no. 2 (2016): 42–54




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/btu.v9i1.5689

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.29300/btu.v9i1.5689.g4132

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Neca Gemelia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed By :

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Disclaimer: Al-Bahtsu: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam articles published by Pascasarjana UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu have been previewed and authenticated by the Authors before publication. The Journal, Editor and the editorial board are not entitled or liable to either justify or responsible for inaccurate and misleading data if any. It is the sole responsibility of the Author concerned. Read our Plagiarism Policy and use of this site signifies your agreement to the Terms of Use.