Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Rumpun Pendidikan Agama Islam di MAN 1 Mukomuko Provinsi Bengkulu
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A Qolbiyah, „Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam‟, Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 1.1 (2022), 44–48
A. M, Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar, (Jakarta: Rajawali Pers, 2011),h.22
Abdul Majid dan Dian Andayani, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi, Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004 (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2004)
Ahmad hatta. Tafsir Qur’an Per kata. (Jakarta: Maghfirah Pustaka.2009)
Ahmad Munjin, dkk, Metode Dan Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, (Bandung : PT. Refika Aditama, 2009)
Ahmad Sofyan, M.Pd, dkk, Evaluasi Pembelajaran IPA Berbasis Kompetensi,(Jakarta: UIN Jakarta Press, 2006), Cet Ke-1
Alaiddin Koto, Ilmu Fiqih dan Ushul fiqih, (Jakarta: PT Raja Grafindo persada, 2004),
Alfauzan Amin Wiwinda Alimni and Ratmi Yulyana, „Pengembangan Materi Pendidikan Agama Islam Berbasis Model Pembelajaran Inquiry Training Untuk Karakter Kejujuran Siswa Sekolah Menengah Pertama‟, At-Ta’lim, 17.1 (2018), 151–60.
Ali, Daud Muhammad. Ilmu Pendidikan Islam. (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.2010)
Andayani,dian dan Majid, Abdullah.Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi Konsep dan Implementasi Kurikulum.( Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2004) h. 130
Anita Kusuma Pertiwi dan Ririn Purparini, “Vocational High School English Teachers’ Perspectives On ‘Merdeka Belajar’ Curriculum”, Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 3 No. 5, 2021, 1985-1987
Arifin, Samsul, Pendidikan Agama Islam (Jakarta : Bulan Bintang).
Badri Yatim, Sejarah Kebudayaan Islam, (Jakarta: PT. Raja Grafindo, 2003)
Barlian, U. C., Solekah, S., & Rahayu, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal of Educational and Language Research, 1(12), 2105– 2118
Barlian, U. C., Solekah, S., & Rahayu, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal of Educational and Language Research, 1(12), 2105–2118
Burhan Nurgiyantoro, Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum Sekolah (Sebuah Pengantar Teoretis dan Pelaksanaan). (Yogyakarta: BPFE, 2000)
Candra Hermawan Yudi, “Konsep Kurikulum Dan Kurikulum Pendidikan Islam,” Jurnal Mudarrisuna Vol.10 No. 1 (2020)
Darwin Syah , Perencanaan Sistem Pengajaran Pendidikan Agama Islam. (Jakarta: Gaun Persada, 2007)
Dede Rosyada, Paradigma Pendidikan Demokratis: Sebuah Model Pelibatan Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pendidikan (Jakarta: Kencana, 2004)
Dedy Mulyasana, Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing, (Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2011)
Deni Hadiansah, Kurikulum Merdeka dan paradigma pembelajaran baru, (Bandung, Yrama Widya, 2022)
Depertemen Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemah (Jakarta: CV. Darus Sunnah, 2007)
Desy Eka Citra Dewi, Elfahmi Lubis, and Zubaedi Zubaedi, „The Implementation of Multicultural-Based Theological Education in Bengkulu City‟, Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 295.ICETeP 2018 (2019), 247–49 https://doi.org/10.2991/icetep-18.2019.59
Desyandri Lora Devian and Yeni Erita, „Merdeka Belajar Dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara Dan Relevansinya Bagi Pengembangan Pendidikan Karakter‟, Jurnal Pendidikan Dan Konseling, (2022) https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/10163
Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, (Jakarta : Rineka Cipta, 2009)
Dirjen Bimbingan Islam, Modul dan Pelatihan Pengawas Pendais, (Jakarta: TP. 2001
Drajat, Zakiyah. Ilmu jiwa agama. (Jakarta : Bulan Bintang, 2005, 2018).
E. Mulyasa, Implementasi Kurikulum 2004 Panduan Pembelajaran KBK (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2004)
Fauzan, Kurikulum Dan Pembelajaran (Tangerang Selatan: GP Press, 2017)
Fitria Nurulaeni and Aulia Rahma, „Analisis Problematika Pelaksanaan Merdeka Belajar Matematika‟, Jurnal Pacu Pendidikan Dasar,2.1(2022),35–45
Hasbullah, Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, (Jakarta: Rajawali Pers, 2003)
Hasbullah. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2009)
Ibnu Kasir. Tafsir Juz ‘Amma. (Jakarta: Pustaka Azzam, 2003)
Ihsan, Faud. Dasar-Dasar Kependidikan. (Jakarta: Renika Cipta, 2008).
Ina Magdalena, Pengembangan Kurikulum (Yogyakarta: Samudra Biru, 2019)
Joko Pramono, Implementasi dan Evaluasi Kebijakan Publik, (Surakarta: UNISRI Press, 2020),
Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Surat Edaran No.2774/H.HI/K.R.00.01/2022.Implementasi Kurikulum Merdeka Secara Mandiri Tahun Ajaran 2022/2023.
Khoirurrijal, Pengembangan Kurikulum Merdeka (Malang: Literasi Nusantara Abadi, 2022)
Khusnul Khotimah and Siti Quratul Ain, „Kemampuan Guru Dalam Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar Pada Kurikulum Merdeka‟, Aulad: Journal on Early Childhood, 6.3 (2023), 486–94 .
A. M, Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar, (Jakarta: Rajawali Pers, 2011),
Najeelaa Shihab, Merdeka Belajar Diruang Kelas, (Tanggerang Selatan: Literati, 2020)
Nana Sudjana, Dasar-Dasar Proses Belajar, (Bandung: Sinar Baru, 2010)
Nugraha, „The Effectiveness Socialization of the Kurikulum Merdeka Independently Change in High Schools Siak District‟.
Numertayasa,, dan Pradnyana, P. B. Workshop Review dan Implementasi Kurikulum Merdeka di SMA 2022.
Nurlaili, Zulfa Puspita Tanjung, Desember, 2018. Pengaruh Pembelajaran Demonstrasi Gerak Terhadap Kecerdasan Kinestetik Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD IT Al-Jundi Kota Bengkulu. Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Tadris, IAIN Bengkulu.
Oemar Hamalik, Kurikulum dan Pembelajaran, (Jakarta: Bumi Aksara, 2011)
Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia No. 2 Tahun 2008, tentang “Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab”, BAB VIII
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nasional Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses.
Purwanto. Ngalim. Prinsip-Prinsip dan Tekhnik Evaluasi Pengajaran. (Bandung: Rosdakarya. 2004)
Raihan Arsyad and Firdausy Asbari, „Kurikulum Merdeka Dan Keunggulannya Dalam Penciptaan Perubahan Di Dunia Pendidikan‟, Jurnal Pendidikan Transformatif ( Jupetra ), 02.01 (2023), 141–43 .
Rosmiati Azis, „Hakikat & Prinsip Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam‟, Jurnal Inspiratif Pendidikan, 8.2 (2019), 292–300 .
Rulam Ahmadi, Memahami Metodelogi Penelitian Kualitatif, (Malang: Universitas Negeri Malang, 2005)
Saryanto Kusumaryono, Merdeka Belajar (Jakarta: Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan, 2020)
Shahih Muslim, Kitab Zakat, Bab Memberi Contoh yang Baik, No. Hadis 974,
Siti Kusrini, dkk. Ketrampilan Dasar Mengajar (PPL 1), Berorientasi pada Kurikulum Berbasis Kompetensi (Malang: Fakultas Tarbiyah UIN Malang, 2008)
Siti Kusrini, Pendidikan Demokratis: Sebuah Model Pelibatan Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pendidikan (Jakarta: Kencana, 2004)
Siyoto Sandu dan Ali. Sodik. Dasar Metodologi. Penelitian.(Yogyakarta: Literasi Media, 2015).
Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, (Jakarta: PT Rineka, 2003)
Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R & D (bandung: Alfabeta, 2015)
Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta: Rineka Cipta, 2002)
Syaiful Sagala, Konsep dan Makna Pembelajaran, (Bandung: Alfabeta, 2003)
Tayar Yusuf, Drs. Jurnalis Etek, Keragaman Teknik Evaluasi dan Metode Penerapan Jiwa Agama, (Jakarta: IND-HILL-CO,1987), Cet Ke-1
Tono Supriatna Nugraha, „Teacher Efforts‟ to Prepare Implementation of Kurikulum Merdeka in Elementary School‟, Jurnal UPI, 21.1 (2022), 250–61.
Uhbiyati, Nur. Ilmu Pendidikan. (Jakarta: Renika Cipta, 2010).
Ujang Cepi Barlian, Siti Solekah, dan Puji Rahayu, “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan”, Journal Of Educational And Language Research : Bajang Journal, vol. 1, No. 12, (Juli 2023)
Ujang Cepi Barlian, Siti Solekah, dan Puji Rahayu, “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan”, Journal Of Educational And Language Research : Bajang Journal, vol. 1, No. 12, (Juli 2023) 4.
Umar Bukhari. Ilmu Pendidikan Islam. (Jakarta: Amzah. 2010)
Undang-undang R.I. Nomor 20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 3
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional, UU RI No.20 Th.2003, (Jakarta: Sinar Grafika, 2003)
Utami Maulinda, „Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka‟, Tarbawi,5.2 (2022), 130–38 .
Wina Sanjaya. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2005 )
Wirawan Fadly, Model-Model Pembelajaran Untuk Implementasi KUrikulum Merdeka, (ponorogo: Bening Pustaka, 2011) .
Zainal Arifin, Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum (Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2013).
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/btu.v9i2.5406
DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.29300/btu.v6i2.5406.g4161
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Daraqthuni Daraqthuni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Indexed By :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Disclaimer: Al-Bahtsu: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam articles published by Pascasarjana UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu have been previewed and authenticated by the Authors before publication. The Journal, Editor and the editorial board are not entitled or liable to either justify or responsible for inaccurate and misleading data if any. It is the sole responsibility of the Author concerned. Read our Plagiarism Policy and use of this site signifies your agreement to the Terms of Use.




