Kajian Masyarakat Adat Rumbio dan Relevansinya Sebagai Sumber Nilai Dalam Pembelajaran IPS
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Y. (2014). Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama.
Almukhtar, Suwarma. (1999). Pengembangan berfikir dan Nilai dalam Pembelajaran Pendidikan IPS. Bandung: Gelar Pustaka Mandiri.
Amir, M.S. (2003). Adat Minangkabau. Pola dan Tujuan Hidup Orang Minang. Jakarta: PT. Mutiara Sumber Widya.
Creswell, J.W. (2013). Research Design (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed) Edisi Revisi. Yogyakarta: Pustaka Pelaja
Efendi, A. (2014). Implementasi Kearifan Budaya Lokal Pada Masyarakat Adat Kampung Kuta Sebagai Sumber Pembelajaran IPS. Jurnal: Sosio Didaktika, 1 (2), hlm. 211-218
Goleman D., M., Bennet L., Barlow Z (2012). Eco literacy, How Educators Are Cuktivating Emotional, Social and Ecological Intelligence. San Francisco: Jossey-Bass.
Hamid, H & Saebani, A. (2013). Pendidikan Karakter Prespektif Islam. Bandung: Pustaka Setia.
Kemdiknas. (2010). Desain Induk Pendidikan Karakter Kementrian Pendidikan Nasional. Jakarta: Kemdiknas.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2017a). Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: kementerian pendidikan dan Kebudayaan.
Kemmis, S. and R. McTaggart (1990). The Action Research Planner. Geelong (Aust): Deakin University Press.
Keraf, A.S. (2010). Etika Lingkungan Hidup. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.
Khan, R (2010). Critical pedagogy, Ecoliteracy, & Planetary Crisis, The Ecopedadagogy Movement. New York: Peter Lang.
Komalasari, K &Saripudin, D. (2017). Pendidikan Karakter. Konsep dan Aplikasi Living Vlues Education. Bandung: PT. Refika Aditama.
Lickona, T. (2012). Character Matters: Persoalan Karakter, terj. Juma Wadu Wamaungu & Jean Antunes Rudolf Zien dan Editor Uyu Wahyuddin dan Suryani. Jakarta: Bumi Aksara.
Peraturan Daerah Kabupaten Kampar Nomor: 12 tahun 1999 Tentang Hak Tanah Ulayat.
Pernantah, P. (2019). Desain Skenario Pembelajaran Aktif Dengan Metode “Mikir” Pada Mata Kuliah Pendidikan IPS. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), (2), 145-155. doi: http://dx.doi.org/10.29300/ijsse.v1i2.1929
RiauPos.com tanggal 2 September 2013
Salim,E. (2013). Pembangunan Berwawasan Lingkungan. Jakarta: LP3ES.
Spradley, J. P. (2007). Metode Etnografi. Yogyakarta: PT tiara Wacana
Supriatna, Nana. (2016). Ecopedagogiy: Membangun Kecerdasan Ekologis dalam Pembelajaran IPS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Tempo.com tertanggal 2 Januari 2017)
Tribun Pekanbaru, com tertanggal 20 November 2018
Trinirmalaningrum dkk. (2015). Dibalik Tragedi Asap. Catatan Kebakaran Hutan dan Lahan 2015. Jakarta: Y. Duta Kurnia Utama
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ijsse.v3i1.7855
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE) is Dndexed by:
Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE) is Published by Pusat Publikasi Ilmiah UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Journal Publishing Office Location:
Pusat publikasi Ilmiah UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
LPPM Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Address: Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211, Bengkulu, Sumatra Indonesia