Analisis Kompetensi Dasar Esensial pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia di Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amboro, K. (2020). Kontekstualisasi Pandemi Covid-19 dalam Pembelajaran Sejarah. Yupa: Historical Studies Journal, 3(2), 90–106. https://doi.org/10.30872/yupa.v3i2.203
Biyanto. (2021). Mewaspadai Lost Generation. mediaindonesia.com. https://mediaindonesia.com/opini/380505/mewaspadai-lost-generation
Doyle, L., McCabe, C., Keogh, B., Brady, A., & McCann, M. (2020). An overview of the qualitative descriptive design within nursing research. Journal of Research in Nursing, 25(5), 443–455. https://doi.org/10.1177/1744987119880234
Hasudungan, A. N., & Abidin, N. F. (2020). Independent Learning: Forming The Pancasila Learner Through Historical Learning In Senior High School. In Suhartono (Red), Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series (Vol 3, Number 2, bll 34–42). Sebelas Maret Univeristy. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/shes.v3i2.46219
Indaryanti, Susanti, E., Aisyah, N., & Scristia. (2019). Analisis Kesesuaian Indikator terhadap Kompetensi Dasar pada Pelajaran Matematika oleh Guru Sekolah Menengah Palembang. Jurnal Gantang, 4(2), 103–109. https://doi.org/10.31629/jg.v4i2.1429
Kadir, H. A. (2021). Pandemi COVID-19 Membuktikan Betapa Pentingnya Ilmu Sosial. tirto.id. https://tirto.id/pandemi-covid-19-membuktikan-betapa-pentingnya-ilmu-sosial-f9Jz
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Kemendikbud Terbitkan Kurikulum Darurat pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus. www.kemdikbud.go.id. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/08/kemendikbud-terbitkan-kurikulum-darurat-pada-satuan-pendidikan-dalam-kondisi-khusus
Khomsan, A. (2020). Antisipasi The Lost Generation. mediaindonesia.com. https://sipakaril.ipb.ac.id/Files/b9dd8cf7-e97d-45f6-9d39-018534892436/paper_b9dd8cf7-e97d-45f6-9d39-018534892436.pdf
Kurniawan, G. F. (2020). Problematika Pembelajaran Sejarah dengan Sistem Daring. Diakronika, 20(2), 76. https://doi.org/10.24036/diakronika/vol20-iss2/148
Mahgiyanto, I. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematik Dengan Pendekatan Kontekstual ( Contextual Teaching and Learning ) Kelas Iii Di Sekolah Dasar Tahun Ajaran 2015 / 2016. Repository Universitas PGRI Yogyakarta. http://repository.upy.ac.id/213/1/JURNAL INDRATUSVIA MAHGIYANTO.pdf
PERUBAHAN ATAS PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 19 TAHUN 2005 TENTANG STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN, Pub. L. No. NOMOR 32 TAHUN 2013 (2013). http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id/vervalpp/panduan.php?pt
Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2020 tentang Penetapan sebagai Bencana Nasional, Pub. L. No. Nomor 12 Thaun 2020 (2020). https://covid19.go.id/p/regulasi/keputusan-presiden-republik-indonesia-nomor-12-tahun-2020
Printina, B. I., & Hasudungan, A. N.(2020). PEMBELAJARAN SEJARAH ASIA BARAT KUNO BERBASIS PARADIGMA PEDAGOGI REFLEKTIF. SWADESI: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sejarah, 1(1), 24. https://doi.org/10.26418/swadesi.v1i1.43063
Sholeh, K. (2018). ANALISIS PRASASTI TALANG TUO PENINGGALAN KERAJAAN SRIWIJAYA SEBAGAI MATERI AJAR SEJARAH INDONESIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Kalpataru: Jurnal Sejarah dan Pembelajaran Sejarah, 2(2), 13. https://doi.org/10.31851/kalpataru.v2i2.1592
Susilo, A., & Isbandiyah, I. (2019). Peran Guru Sejarah dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Anak Era Globalisasi. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 1(2), 171–180. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29300/ijsse.v1i2.2246
Syaputra, E. (2019). Local Wisdom for Character Education: A Study of Character Values in Tabot Tradition in Bengkulu. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 1(2), 136–144. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29300/ijsse.v1i2.2245
Syaputra, E., & Sariyatun, S. (2020). Pembelajaran Sejarah di Abad 21 (Telaah Teoritis terhadap Model dan Materi). Yupa: Historical Studies Journal, 3(1), 18-27. https://doi.org/10.30872/yupa.v3i1.163
Syaputra, E. (2019). Pandangan Guru Terhadap Integrasi Keraifan Lokal dalam Pembelajaran Sejarah: Studi Deskriptif di Beberapa SMA di Bengkulu Selatan dan Kaur. Indonesian Journal of Social Science Education, 1 (2), 1-10. DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ijsse.v1i1.1321
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ijsse.v3i1.7843
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE) is Dndexed by:
Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE) is Published by Pusat Publikasi Ilmiah UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Journal Publishing Office Location:
Pusat publikasi Ilmiah UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
LPPM Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Address: Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211, Bengkulu, Sumatra Indonesia