Pengarusutamaan Ekopedagogik Pada Keluarga Petani di Desa Bulutellue Kecamatan Bulupoddo Kabupaten Sinjai
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, O. S. (2017). Ekologi Manusia Dan Pembangunan Berkelanjutan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
As-Sayyidi, N. (2016). Pendidikan Ekologi Perspektif Islam. Hikmatuna, 2(2).
Bahrudin, A. (2007). Pendidikan Alternatif Qaryah Thayyibah. Yogyakarta: Lkis Pelangi Aksara.
Burga, M. A. (2019). Hakikat Manusia Sebagai Makhluk Pedagogik. Al-Musannif, 1(1), 19–31.
Endraswara, S. (2017). Metodologi Penelitian Kebudayaan (4th ed.). Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Fatkhurrohman, F. (2015). Humanisme Dalam Perspektif Islam Dan Barat. Manarul Qur’an: Jurnal Ilmiah Studi Islam, 15(1), 24–31.
Gusmadi, S., & Samsuri, S. (2020). Gerakan Kewarganegaraan Ekologis sebagai upaya Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(2), 381–391.
Hamzah, S. (2013). Pendidikan Lingkungan: Sekelumit Wawasan Pengantar. Bandung: Refika Aditama.
Hapipah, R. (2022). Pelaksanaan Profesi Guru Untuk Kemajuan Pendidikan Indonesia. Publikasi Pembelajaran, 2(1), 73–79.
Haryanto, H. (2017). Manusia Dalam Terminologi Al-Qur’an. SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 3(1), 63–86.
Hasibuan, A. N., Aras, M., Suharli, O., Hermasari, N. O., & Syahrul, M. (2021). Penyuluhan Pemanfaatan Lahan Pekarangan Warga Desa Cikarageman Bekasi Solusi Tepat Penerapan Strategi Green Marketing Usaha Lele Ditengah Pendemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Teratai, 2(2), 124–134.
Hidayat, N. (2015). Metode Keteladanan Dalam Pendidikan Islam. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 135–150.
Indahri, Y. (2020). Pengembangan Pendidikan Lingkungan Hidup melalui Program Adiwiyata (Studi di Kota Surabaya). Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial I, 11(2), 121–134.
Kaha, O., Avan, K., & Era, G. V. (2020). Pendidikan Lingkungan Berkelanjutan di Sekolah Sungai Karang Mumus sebagai Referensi Bagi Katekese Lingkungan. Gaudium Vestrum: Jurnal Kateketik Pastoral, 28–39.
Keraf, A. S. (2010). Etika Lingkungan Hidup. Jakarta: Kompas.
Khotijah, K., & Kurniasih, N. (2020). Diskursus Pendidikan Islam Berwawasan Lingkungan Dengan Pendekatan Ekofeminisme. SETARA: Jurnal Studi Gender Dan Anak, 2(01), 1–30.
Lubis, C. A. (2022). Elemen-elemen Perubahan dalam Kurikulum 2013. Jurnal Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 2(2).
Ohoiwutun, B. (2021). Kedudukan dan Peran Manusia dalam Alam: Tanggapan atas Kritik Al Gore terhadap Arne Naess. Jurnal Ledalero, 20(1), 67–81.
Pamungkas, O. Y., Widodo, S. T., & Endraswara, S. (2019). Environmental Wisdom: An Observation of Ecocriticism towards the Javanese Cyber Literature in 20 TH Century. Vol, 28, 46–60.
Poerwanto, H. (2005). Kebudayaan Dan Lingkungan Dalam Perspektif Antropologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Prayitno, Y., Djati, M. S., Soemarno, S., & Fanani, Z. (2013). Pendidikan Berperspektif Lingkungan Menuju Pembangunan Berkelanjutan. Wacana Journal of Social and Humanity Studies, 16(1), 41–51.
Rahman, A. (2005). Gerakan Santri Modernis di Desa Bulutellue Kabupaten Sinjai (1994-2001). Universitas Negeri Makassar.
Rahman, A. (2022). Etika Islam dan Etos Kerja Pada Masyarakat Petani di Desa Bulutellue Kecamatan Bulupoddo Kabupaten Sinjai. Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian Dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, 1(1), 46–53.
Rahman, A., Ridha, M. R., & Ramli, M. (2022). Optimalisasi Fungsi Pekarangan dalam Memelihara Kelestarian Lingkungan di Desa Duampanuae Kabupaten Sinjai. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(2), 359–368.
Rahman, A., Syukur, M., & Rifal, R. (2020). Pelestarian Lingkungan Melalui Partisipasi Petani Dalam Pembentukan Ruang Publik Di Desa Bulutellue. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 7(1), 76–91.
Rahmawati, F. (2018). Kecenderungan Pergeseran Pendidikan Agama Islam di Indonesia Pada Era Disrupsi. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 13(2), 244–257.
Ramdhani, M. A. (2017). Lingkungan Pendidikan Dalam Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan UNIGA, 8(1), 28–37.
Ratna, N. K. (2016). Metodologi Penelitian: Kajian Budaya dan Ilmu Sosial Humaniora Pada Umumnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rosyad, A. M., & Maarif, M. A. (2020).Paradigma Pendidikan Demokrasi Dan Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi Di Indonesia. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 75–99.
Sanusi, U., & Suryadi, R. A. (2018). Kenali Dirimu: Upaya Memahami Manusia dalam al-Quran. Deepublish.
Taher, A. (2017). Pemikiran dan Praktek Pembangunan Berkelanjutan. Jurnal Sosiologi USK (Media Pemikiran & Aplikasi), 11(2), 110–134.
Wihardjo, R. S. D., & Rahmayanti, H. (2021). Pendidikan Lingkungan Hidup: Menuju Harmonisasi Kehidupan Manusia dan Lingkungan. Pekalongan: PT.Nasya Expanding Management.
Yunansah, H., & Herlambang, Y. T. (2017). Pendidikan Berbasis Ekopedagogik Dalam Menumbuhkan Kesadaran Ekologis dan Mengembangkan Karakter Siswa Sekolah Dasar. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 9(1), 27–34.
Yuono, Y. R. (2019). Melawan Etika Lingkungan Antroposentris Melalui Interpretasi Teologi Penciptaan Sebagai Landasan Bagi Pengelolaan-Pelestarian Lingkungan. Fidei: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika, 2(1), 186–206.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ijsse.v4i2.4231
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE) is Dndexed by:
Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE) is Published by Pusat Publikasi Ilmiah UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Journal Publishing Office Location:
Pusat publikasi Ilmiah UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
LPPM Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Address: Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211, Bengkulu, Sumatra Indonesia