Pengaruh Pendekatan Kontekstual Terhadap Hasil Belajar IPS
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amri, A., & Tharihk, A. J. (2018). PENGEMBANGAN PERANGKAT ASESMEN PEMBELAJARAN PROYEK PADA MATERI PENCEMARAN DAN KERUSAKAN LINGKUNGAN. DIDAKTIKA BIOLOGI: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 2(2), 103–112. http://jurnal.um-palembang.ac.id/dikbio/article/view/1283/1095
Borg, W. R., & Gall, M. D. (1983). Education Research: An Introducation. Longman Inc.
Dewi, P. S. (2016). Kemampuan Proses Sains Siswa Melalui Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran IPA Terpadu Pada Tema Global Warming. EDUSAINS, 8(1). https://doi.org/10.15408/es.v8i1.1564
Emosional, K., Matematik, P., & Delphi, F. (2020). Pembangunan Kerangka Modul Pengajaran Matematik Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Sosial Dan Emosional (PSE) (The Development of Mathematics Teaching Module Framework Using Social and Emotional Learning (SEL) Approach). Jurnal Pendidikan Malaysia, 45(02), 24–35. https://doi.org/10.17576/jpen-2020-45.02-03
Febriana, A., Sutansi, S., & Mudiono, A. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Model Contextual Teaching And Learning (CTL). Wahana Sekolah Dasar, 26(2), 36–42.
Ferretti, R. P., & Graham, S. (2019). Argumentative writing: theory, assessment, and instruction. Reading and Writing, 32(6), 1345–1357. https://doi.org/10.1007/s11145-019-09950-x
Hasanah, A., Sri Lestari, A., Rahman, A. Y., & Danil, Y. I. (2020). Analisis Aktivitas Belajar Daring Mahasiswa Pada Pandemi COVID-19. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung Tahun 2020, 4–8. http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30565
Hasnah, P. (2020). Efektivitas Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching And Learning) dalam Menulis Puisi. Pepatudzu: Media Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 16(1), 30–40.
Irwandani, I., Umarella, S., Rahmawati, A., Meriyati, M., & Susilowati, N. E. (2019). Interactive Multimedia Lectora Inspire Based on Problem Based Learning: Development in the Optical Equipment. Journal of Physics: Conference Series, 1155(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1155/1/012011
Kristyowati, R., & Purwanto, A. (2019). Pembelajaran Literasi Sains Melalui Pemanfaatan Lingkungan. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 183–191. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i2.p183-191
Kusumah, R. G. T. (2019). Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Mahasiswa Tadris IPA Melalui Pendekatan Saintifik Pada Mata kuliah IPA Terpadu. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(1), 71. https://doi.org/10.29300/ijisedu.v1i1.1762
Kusumah, R. G. T., Walid, A., Pitaloka, S., Dewi, P. S., & Agustriana, N. (2020). Penerapan Metode Inquiry Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Penggolongan Hewan di Kelas IV SD Seluma. JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN IPA, 11(1), 142–153. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v11i1.34708
Kusumah, R. G. T., Walid, A., Sugiharta, I., Putra, E. P., Wicaksono, I., & Erfan, M. (2020). Construction of High School Chemistry Module, Based on Problem-based Learning (PBL) on Salt Hydrolysis Material for Gifted Students. Journal of Physics: Conference Series, 1467, 12047. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1467/1/012047
Machin, A. (2014). Implementasi pendekatan saintifik, penanaman karakter dan konservasi pada pembelajaran materi pertumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 28–35. https://doi.org/10.15294/jpii.v3i1.2898
Mariana, E. (2019). Perbandingan Hasil Belajar Fisika Menggunakan Metode Eksperimen Dan Metode Demonstrasi Siswa Kelas VIII SMP TMI Roudlatul Quran Metro. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(2). https://doi.org/10.29300/ijisedu.v1i2.1871
SAREGAR, A., IRWANDANI, I., ABDURRAHMAN, A., PARMIN, P., SEPTIANA, S., DIANA, R., & SAGALA, R. (2019). Temperature and Heat Learning Through SSCS Model with Scaffolding: Impact on Students Critical Thinking Ability. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 6(3), 39–54. https://doi.org/10.17478/jegys.2018.80
Sari, N. I., & Randi, R. (2021). Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi pada Siswa Kelas VIII SMPI Annuriyyah Jakarta Timur. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 153–161.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sumantri, B. A. (2019). PENGEMBANGAN KURIKULUM DI INDONESIA MENGHADAPI TUNTUTAN KOMPETENSI ABAD 21. At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam, 18(1), 27. https://doi.org/10.29300/attalim.v18i1.1614
Suminem, S. (2016). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA DALAM MATERI GERAK MELINGKAR MELALUI IMPLEMENTASI LESSON STUDY MENGGUNAKAN MODEL KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MAN 2 PONTIANAK. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 4(2). https://doi.org/10.26418/jpmipa.v4i2.17589
Supardi, K. I., & Putri, I. R. (2011). Pengaruh Penggunaan Artikel Kimia Dari Internet Pada Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Sma. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 4(1), 574–581.
Watini, S. (2019). Pendekatan kontekstual dalam meningkatkan hasil belajar sains pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 82–90.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ijsse.v5i1.4188
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE) is Dndexed by:
Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE) is Published by Pusat Publikasi Ilmiah UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Journal Publishing Office Location:
Pusat publikasi Ilmiah UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
LPPM Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Address: Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211, Bengkulu, Sumatra Indonesia