Pengaruh Penyesuaian Sosial, Dukungan Sosial dan Keterampilan Sosial Sebagai Moderator Pembentukan Perilaku Sosial Siswa di Sekolah
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afifah, T. N., Purwandari, E., & Lestari, R. (2020). Kematangan Emosi, Dukungan Sosial, dan Penyesuaian Sosial Bina Daksa. Sosio Informa: Kajian Permasalahan Sosial dan Usaha Kesejahteraan Sosial, 6(1)
Arends, R. I. (2008). Learning to teach: Belajar untuk mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ariffiani, G. (2017). Identifikasi Perilaku Sosial Siswa Tunalaras di SLB E Prayuwana Yogyakarta. Widia Ortodidaktika, 6(5), 486-494.
Baron, R.A. dan Byrne, D. (2005). Psikologi sosial. Edisi kesepuluh: jilid 2. Jakarta: Erlangga
Beaty, J. J (2013). Observasi Perkembangan Anak Usia Dini Edisi ketujuh. Jakarta: Kencana
Dewi, A. R. T., Mayasarokh, M., & Gustiana, E. (2020). Perilaku sosial emosional anak usia dini. Jurnal Golden Age, 4(01), 181-190.
Diahwati, R., Hariyono, H., & Hanurawan, F. (2016). Keterampilan sosial siswa berkebutuhan khusus di sekolah dasar inklusi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(8), 1612-1620. http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i8.6682
Jelita, E. N., & Sudirman, S. (2021). Dukungan Sosial Keluarga dan Kecerdasan Emosional terhadap Penyesuaian Sosial. Jurnal Psikologi Karakter, 1(2), 54-59
Hurlock, Elizabeth B.2010. Psikologi Pekembangan Jilid 5. Penerjemah: Meitasari T. & Muslichah Z. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Kau, M. A., & Idris, M. (2020). Deskripsi Penyesuaian Sosial Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kota Gorontalo. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 4(3), 265-274.http://dx.doi.org/10.37905/aksara.4.3.265-274.2018
Kumalasari, F., & Ahyani, L. N. (2012). Hubungan antara dukungan sosial dengan penyesuaian diri remaja di panti asuhan. Jurnal Psikologi: PITUTUR, 1(1), 19-28.
Mahmudi, M. H., & Suroso, S. (2014). Efikasi diri, dukungan sosial dan penyesuaian diri dalam belajar. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 3(02)
Maulidar, U. S. (2019). Ketrampilan Guru Dalam Memberikan Variasi Stimulus Dalam Proses Pembelajaran Di Kelas V SD Negeri 14 Banda Aceh. Jurnal Buah Hati, 6(1), 1-16.
Maulidia, I., Nurtiani, A. T., & Mutiawati, Y. (2021). Peran Guru dalam Menstimulasi Perilaku Sosial Anak Kelompok B di TK Ikal Dolog Banda AceH. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 2(1).
Momeni, S., Barak, M., Kazemi, R., Abolghasemi, A., Babaei, M., & Ezati, F. (2012). Study of the effectiveness of social skills training on social and emotional competence among students with mathematics learning disorder. Journal Scientific Research: Creativie Eduction. 3(8): 1307-1310.
Muthmainah, M. (2022). Dukungan Sosial dan Resiliensi pada Anak di Wilayah Perbukitan Gunung Kidul Yogyakarta. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 6(1). 10.21831/diklus.v6i1.48875
Nani, D., Ekowati, W., & Permana, R. H. (2013). Pengaruh dukungan sosial terhadap kemampuan sosialisasi anak berkebutuhan khusus. Jurnal Ilmiah Kesehatan Keperawatan, 9(3)
Nuha, A. S. (2014). Pengaruh Social Skill Pustakawan Terhadap Minat Kunjung Di Perpustakaan Madrasah Aliyah Negeri 2 Banjarnegara. Jurnal Online, 1(1), 1-3.
Nurfirdaus, N., & Hodijah, N. (2018). Studi Tentang Peran Lingkungan Sekolah dan Pembentukan Perilaku Sosial Siswa SDN 3 Cisantana. EDUCATOR, 4(2), 113-129.
Nurtiani, A. T. (2017). Peran Guru Dalam Pembentukan Akhlak Anak Di Paud IT Sunnah banda Aceh. Jurnal Buah Hati, 4(1), 1-9.
Oktaviyanti, I., Sutarto, J., & Atmaja, H. T. (2016). Implementasi nilai-nilai sosial dalam membentuk perilaku sosial siswa SD. Journal of Primary Education, 5(2), 113-119. 10.15294/jpe.v5i2.12901
Panewaty, D. F., & Indrawati, E. S. (2020). Hubungan antara Dukungan Sosial Orangtua dengan Penyesuaian Sosial pada Siswa dalam Asuhan Nenek di SMP Negeri 1 Ngraho Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Empati, 7(1), 145-154
Rahayu, P. P., & Hartati, S. (2015). Dukungan sosial ayah dengan penyesuaian sosial pada remaja laki-laki. Jurnal empati, 4(4), 334-339
Rahayu, A. (2018). Hubungan dukungan sosial dan konsep diri dengan penyesuaian diri remaja kelas X SMA Angkasa I Jakarta. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 2(2), 75-81
Saputro, Y. A., & Sugiarti, R. (2021). Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya dan Konsep Diri terhadap Penyesuaian Diri pada Siswa SMA Kelas X. Philanthropy: Journal of Psychology, 5(1), 59-72
Simbolon, E. T. (2018). Pentingnya Keterampilan Sosial Dalam Pembelajaran. Jurnal Christian Humaniora, 2(1), 40-52.
Sarafino, E. P. (2014). Health psychology: Biopsychosocial interaction second edition. Canada: John Wiley & Sons, Inc.
Sofiarini, A. M. (2016). Hubungan Antara Pembelajaran Penjas Dengan Perilaku Sosial Siswa (Studi Deskriptif di SMA Negeri 10 Kota Bandung). Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 1(1), 68-76.
Srijatun. 2012. Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Presfektif Islam. Jurnal At-Taqaddum. 4(2).
Sunaryo. 2014. Biopsikologi: Pembelajaran Perilaku. Bandung: Alfabeta
Sukardi, S. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan; Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara
Supardan, D. (2009). Pengantar Ilmu Sosial; Sebuah Kajian Pendekatan Struktural. Jakarta: Bumi Aksara
Susanto, A. (2009). Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana.
Syani, A. (2007). Sosiologi (Sistematika, Teori dan Terapan). Jakarta: Bumi Aksara
Tionardi, E. F. (2019). Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Penyesuaian Sosial pada Mahasiswa Baru yang Berasal dari Luar Kota Surabaya. CALYPTRA, 7(2), 3725-3738
Tricahyani, I. A. R., & Widiasavitri, P. N. (2016). Hubungan antara dukungan sosial dengan penyesuaian diri pada remaja awal di panti asuhan Kota Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 3(3), 542-550
Utami, D. T. (2018). Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 39-50.
Utomo, P., Pahlevi, R., & Prayogi, F. (2022). The Effect of Social Skills and Social Support on Student Resilience in Schools. Altruistik: Jurnal Konseling dan Psikologi Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.24114/altruistik.v2i1.34749
Yulisetyaningrum, Y., Masithoh, A. R., & Alfijannah, I. Z. (2018). Hubungan dukungan sosial dengan kemampuan sosialisasi anak autisme di Yayasan Pondok Pesantren ABK Al-Achsaniyyah Kudus tahun 2017. Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan, 9(1), 44-50
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ijsse.v5i1.4167
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE) is Dndexed by:
Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE) is Published by Pusat Publikasi Ilmiah UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Journal Publishing Office Location:
Pusat publikasi Ilmiah UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
LPPM Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Address: Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211, Bengkulu, Sumatra Indonesia