Kontribusi Nilai-Nilai Falsafah Dan Budaya Hidup Bangsa Jepang Bagi Kemajuan Pendidikan Jepang Pasca Perang Dunia II
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afandi, A. (2016). Pendidikan Karakter (Studi Analisis Integratif KomparatifLintas Negara). Jurnal Al-Ibroh, 1(1), 96–119. https://doi.org/10.2121/atikan- journal.v8i2.1155
Ali. (2009). Sistem Pendidikan ala Jepang. Solo:Mitra Kencana.
Assegaf, A.R. (2003). Internasionalisasi Pendidikan: Sketsa Perbandingan Pendidikan di Negara-Negara Islam dan Barat.Yogyakarta: Gama Media.
Barnadib, I. (1986). Dasar-Dasar Pendidikan Perbandingan.Yogyakarta: Institute Press IKIP Yogyakarta.
Budiman, M. (N.D.). Mencermati Sistem Pendidikan Di Jepang Sebuah Telaah Studi Perbandingan. Retrieved December 23, 2021, From Http://Unimus.Ac.Id/
Budiman, M. (2018). Mencermati Sistem Pendidikan Di Jepang Sebuah Telaah Studi Perbandingan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 1-12. Https://www.Academia.Edu/ /6205597/Mencermati_Sistem_Pendidikan_Di_Jepang_Sebuah_Telaah_Studi Perbandingan
Bustamam. (2011). Sejarah Asia Timur.Padang: UNP Press
Dasuki, A. (1990). Sejarah Jepang, Jilid 2. Bandung: Departemen P & K
Komarudin, O., Hasanah, A., Fajrussalam, H., & Caturiasari, J. (2021). Perbandingan Core Ethical Values di Indonesia dan Jepang berdasarkan Falsafah Negara dan Pespektif Sejarah. Attractive: Innovative Education Journal, 3(1), 1–12.
Leni, N. (2019). Faktor Yang Membuat 7 Negara (Finlandia, Korea Selatan, Hongkong, Jepang, Singapura , Belanda, Kanada) Diakui Memiliki Sistem Pendidikan Terbaik Di Dunia Dalam Kajian Antropologi Dan Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 219–229.
Lan, N.J. (1961). Jepang Sepanjang Masa. Jakarta: Pt, Kinta
Montanesa, D., & Firman, F. (2021). Perbandingan Sistem Pendidikan Indonesia Dan Jepang. Edukatif :Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 174–179. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V3i1.246
Mulyadi, B. (2014). Model Pendidikan Karakter dalam Masyarakat Jepang. Izumi, 3(1), 69–80. https://doi.org/10.14710/izumi.3.1.69-80
Mulyadi, B. (2019). Model Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Dan Anak Usia Sekolah Dasar Di Jepang. Kiryoku, 3(3), 141. Https://Doi.Org/10.14710/Kiryoku.V3i3.141-149
Naka, H. (1980). Kaum Muda Jepang Dalam Masa Perubahan. Jakarta: Yayasan Obor
Puspitarini, D. (2019). Pendidikan Dasar Di Indonesia, Jepang, Dan Amerika Serikat. Prosiding Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (Ppdn), 1(1), 346–361. Http://Www.Seminar.Uad.Ac.Id/Index.Php/Ppdn/Article/View/1449
Putra, A. (2017). Mengkaji Dan Membandingkan Kurikulum 7 Negara (Malaysia, Singapura, Cina, Korea, Jepang, Amerika Dan Finlandia). Https://Doi.Org/10.31227/Osf.Io/Vdz32
Putri, M., & Susnengsih, N.D. (2019). Pendidikan Karakter di Taman Kanak Kanak Jepang Sebagai Awak Pembentuk Karakter Sumber Daya Manusia Jepang. Jurnal Bahasa dan Budaya Jepang, 2(1), 16-21
Ridlwan, M., & Ansya’ri. (2021). Kebijakan Pendidikan Sekolah Dasar 3 Negara (Singapur, Jepang, Korea Selatan) Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Sekolah Dasar Indonesia. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Andak Usia Dini, 7(2), 141–149.
Reischauer, E. O. (1982). Manusia Jepang. Jakarta: Sinar Harapan
Sam, B. (2020). Transition In The Japanese Curriculum How Is The Curriculum Of Elementary And Secondary Schools In Japanetermined. Google Docs. Https://Docs.Google.Com/Document/D/1kdwfawxoexkpkbgfymhsz_Obcdrpuxgj
Sakamoto, T. (1992). Jepang Dulu dan Sekarang. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Shobahiya, M. (2008). Sistem Pendidikan ( Studi Komparasi Antara Indonesia Dan Jepang). Ishraqi, 4(1), 73–91.
Syamsurijjal, A. (2021). Komparasi Pendidikan Karakter Indonesia dan Jepang. Fitrah: Journal of Islamic Education, 2(2).
Wahyudin, D. (2004). Analisis Kurikulum: Studi Komparatif Pengembangan Kurikulum Di Jepang Dan Indonesia. Inovasi Kurikulum, 1, 1–15.
Widisuseno, I. (2019). Pola Budaya Pembentukan Karakter Dalam Sistem Pendidikan Di Jepang. Kiryoku, 2(4), 48.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ijsse.v5i2.4030
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE) is Dndexed by:
Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE) is Published by Pusat Publikasi Ilmiah UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Journal Publishing Office Location:
Pusat publikasi Ilmiah UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
LPPM Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Address: Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211, Bengkulu, Sumatra Indonesia