Strategi Pelestarian Kesenian Tradisional Dongkrek Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aisara, F., Nursaptini, N., & Widodo, A. (2020). Melestarikan Kembali Budaya Lokal melalui Kegiatan Ekstrakulikuler untuk Anak Usia Sekolah Dasar. Cakrawala Jurnal Penelitian Sosial, 9(2), 149–166. https://ejournal.uksw.edu/cakrawala/article/view/4411
Arifudin, O. (2022). Optimalisasi Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Membina Karakter Peserta Didik. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 829–837. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.492
Creswell, J. D., & Creswell, J. W. (2017). Research Design: Qualitative,Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications.
Elvandari, E. (2020). Published by Jurusan Sendratasik FBS Unesa Efita Elvandari SISTEM PEWARISAN SEBAGAI UPAYA PELESTARIAN SENI TRADISI. Sistem Pewarisan Sebagai Upaya Pelestarian Seni Tradisi, 3(1), 93–104. https://journal.unesa.ac.id/index.php/geter/index
Firdaus, E. N., & Sukmawan, S. (2021). Peranan Sandur Kembang Desa Dalam Pelestarian Kesenian Sandur Di Bojonegoro, Jawa Timur. HUMANIKA, 28(1), 17-28. 10.14710/humanika.v28i1.35771.
Gunawan, A. (2021). Makna Simbolik Musik Daak Maraaq dan Daak Hudoq dalam Upacara Hudoq Bahau di Samarinda Kalimantan Timur. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan, 21(2), 113–126. https://doi.org/10.24821/resital.v21i2.4462
Hanif, M. (2021). Kearifan Lokal Masyarakat Kabupaten Madiun Dalam Menyikapi Pandemi Covid-19. Jurnal Antropologi: Isu-Isu Sosial Budaya, 23(1), 27. https://doi.org/10.25077/jantro.v23.n1.p27-36.2021
Hartoko, Dick. 1988. Strategi Kebudayaan (Terj.). Van Peursen. Strategie van de Cultuur. Kanisius: Yogyakarta.
Jazuli, M., Slamet, M. D., & Paranti, L. (2020). Bentuk dan gaya kesenian barongan Blora. Dewa Ruci: Jurnal Pengkajian dan Penciptaan Seni, 15(1), 12-19.
Kristiana, R., Yuhastina, Y., & Rahman, A. (2022). Strategi Kultural Pelestarian Barongan Blora di Kabupaten Blora (Studi Kasus di Sanggar Barongan Risang Guntur Seto). Ijd-Demos, 4(3), 1172–1178. https://doi.org/10.37950/ijd.v4i3.333
Lagarense, B. E., Tombeng, M., & Kadamehang, G. (2023). Analisis upacara adat perkawinan tanimbar sebagai atraksi wisata budaya di kabupaten maluku barat. Jurnal Ilmu Pariwisata, 2(1), 139–157. http://stpmanado.ac.id/jurhos/index.php/jip/article/view/39%0A
Mangoensong, H. R. B., & Yanuartuti, S. (2020). Mitis dan Ontologi sebagai Kekayaan Kajian Seni Tari. Gondang: Jurnal Seni Dan Budaya, 4(2), 152. https://doi.org/10.24114/gondang.v4i2.18317
Moleong, Lexy J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Munif, A. (2018). Potret Masyarakat Multikultural di Indonesia. Journal Multicultural of Islamic Education, 2(1), 1–10. https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/ims/article/view/1219
Nahak, H. M. . (2019). Upaya Melestarikan Budaya Indonesia Di Era Globalisasi. Jurnal Sosiologi Nusantara, 5(1), 65–76. https://doi.org/10.33369/jsn.5.1.65-76
Nurhasanah, L., Siburian, B. P., & Fitriana, J. A. (2021). Pengaruh Globalisasi Terhadap Minat Generasi Muda Dalam Melestarikan Kesenian Tradisional Indonesia. Jurnal Global Citizen : Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 31–39. https://doi.org/10.33061/jgz.v10i2.5616
Pertiwi, N. D., & Sudrajat, A. (2022). Nilai Karakter Budaya Seni Reog Ponorogo pada Kegiatan Ektrakurikuler di Sekolah. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(1), 191. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i1.515
Rizqi Amanda, Ari Widyaningrum, H. W. (2019). Ekstrakurikuler Seni Tari Sebagai Upaya Pelestarian Budaya Lokal Di Sd Negeri Sawah Besar 02. Elementary School: Jurnal PendidikanDan Pembelajaran Ke-SD-An, 6(2), 105–111. https://journal.upy.ac.id/index.php/es/article/view/268/176%0Ahttps://journal.upy.ac.id/index.php/es/article/view/268
Siswadi, G. A. (2022). Tradisi Ogoh-Ogoh Di Bali Dalam Tinjauan Kritis Filsafat Kebudayaan Cornelis Anthonie Van Peursen. Genta Hredaya: Media Informasi Ilmiah Jurusan Brahma Widya STAHN Mpu Kuturan Singaraja, 6(1), 88. https://doi.org/10.55115/gentahredaya.v6i1.2305
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Taufik, Hakim, M. I., & Zulkifli, M. (2022). Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Kependidikan Dan Pemikiran Islam, 1(2), 11–19. https://ojs.kopertais14.or.id/index.php/nahdlatain/article/view/96
Tresna Panji, I. G. N. A. (2022). Upacara Tumpek Wariga di Bali Dalam Perspektif Teori Kebudayaan Van Peursen. Braz Dent J., 33(1), 1–12.
Yassa, S., Hasby, M., & Wahyono, E. (2021). Strategi Pembelajaran Budaya dan Sistem Kepercayaan Masyarakat Bugis, Dari Mitos ke Logos, Dan Fungsional (Suatu Tinjauan Filsafat Budaya C.A. Van Peursen). Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(2), 797–813.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ijsse.v5i2.4029
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE) is Dndexed by:
Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE) is Published by Pusat Publikasi Ilmiah UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Journal Publishing Office Location:
Pusat publikasi Ilmiah UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
LPPM Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Address: Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211, Bengkulu, Sumatra Indonesia