The Effect of Brain Based Learning on Improving Students Critical Thinking Ability and Self Regulated
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Artika. (2020). Penerapan Problem Based
Learning Dalam Upaya Meningkatkan
Kemampuan Berpikir Kritis Matematis
Pada Pembelajaran Logika
Matematika. Tadzkirah: Jurnal Pendidikan
Dasar, 1-7.
Chotimah, S., Ramdhani, F. A., Bernard, M., &
Akbar, P. (2019). Pengaruh Pendekatan
Model-Eliciting Activities Terhadap
Kemampuan Berpikir Kritis Matematik
Siswa Smp Negeri Di Kota Cimahi. Journal
on Education, 1(2), 68-77.
Fisher. (2009). Berpikir Kritis Sebuah Pengantar.
Jakarta: Erlangga, 4.
Fitriani. (2019). Pengaruh Model Brain
Kemampuan Berpikir Kritis
Siswa. JURNAL PENDIDIKAN
MIPA, 9(1), 6-9.
Hadi., & Novaliyosi. (2019). TIMSS
INDONESIA (TRENDS IN
INTERNATIONAL MATHEMATICS
AND SCIENCE STUDY). In Prosiding
Seminar Nasional & Call For Papers.
Khairani., & Putra. (2020). Peningkatan
Kemampuan Berpikir Kritis Matematis
Siswa Sma Melalui Model Pembelajaran
Matematika Knisley Dengan Metode
Brainstorming. Symmetry: Pasundan Journal
of Research in Mathematics Learning and
Education, 5(1), 1-16.
Meiliana., & Aripin. (2019). Analisis Kemampuan
Berpikir Kreatif Dan Self Regulated
Learning Pada Siswa SMPN 1
MARGAASIH. Journal on Education, 1(4),
-652.
Nisa., Rhosaliana. (2020). Penerapan Model
Problem Based Learning Terhadap
Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik
Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal
Pendidikan Matematika, 1(1), 2685-2373.
Nugroho, Putra., Putra., & Syazali. (2017).
Pengembangan blog sebagai media
pembelajaran matematika. Al-Jabar: Jurnal
Pendidikan Matematika, 8(2), 197-203.
Pratama. (2017). Peran Self-Regulated Learning
Dalam Memoderatori Pembelajaran
dengan Pendekatan Saintifik Terhadap
Hasil Belajar Siswa. Satya Widya, 33(2), 99-
Retnaningsih., & Sugandi. (2018). The Role of
Problem Based Learning on Improving
Students’ Mathematical Critical Thinking
Ability and Self-Regulated
Learning. (JIML) JOURNAL OF
INNOVATIVE MATHEMATICS
LEARNING, 1(1), 8-17.
Salim. (2015). Meningkatkan kemampuan
berpikir kritis dan penalaran matematis
siswa melalui model brain based
learning. Jurnal Cakrawala Pendas, 1(1),
Sianturi., Sipayung., & Simorangkir. (2018).
Pengaruh model problem based learning
(PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis
matematis siswa SMPN 5
Sumbul. UNION: Jurnal Pendidikan
Matematika, 6(1), 29-42.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif dan
Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta.
Suhita. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir
Kritis Matematis: Dampak Model
Pembelajaran Problem Based
Instruction. Desimal: Jurnal
Matematika, 2(2), 189-195.
Sunismi., & Fathani. (2020). Kemampuan
Komunikasi Matematis Siswa Melalui
Model Pembelajaran Simas Eric Ditinjau
Dari Self Regulated Learning Pada Materi
Segiempat. Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan
Pembelajaran, 15(19).
Uyanto. (2006). Pedoman analisis Data dengan SPSS.
Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sabina. (2019). Penerapan Discovery Learning
Dengan Pendekatan Scientific Dalam
Meningkatkan Kemampuan Pemahaman
Konsep dan Kemampuan Penalaran
Matematis serta Dampaknya Terhadap
Self Regulated Learning Siswa SMP. Jurnal
Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan
Humaniora, 2(2), 201-215.
Zamnah. (2017). Hubungan antara SelfRegulated Learning dengan Kemampuan
Pemecahan Masalah Matematis pada Mata
Pelajaran Matematika Kelas VIII SMP
Negeri 3 Cipaku Tahun Pelajaran
/2012. Teorema: Teori dan Riset
Matematika, 1(2), 31-38.
Ruswana., & Zamnah. (2018). Korelasi antara
Self-Regulated Learning dengan
Kemampuan Pemahaman Matematis
Mahasiswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan
Matematika, 7(3), 381-388
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ijisedu.v2i2.6499
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
IJIS Edu: Indonesian Journal of Integrated Science Education
ijis.edu@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Lantai 2 Fakultas Tarbiyah dan Tadris
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu
IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education This is published by UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu and distributed with the permission below Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.