Utilization Of Used Goods As A Biomath Learning Media
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al-Tabany, T. I. B. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Konteksual. Prenada Media.
Al Masjid, A., Wardani, K., & Marwanti, E. (2019). Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Pembelajaran Matematika Cakimukapati (Cara Kilat Temukan Akar Pangkat Tiga). Abdimas Dewantara, 2(2),
–148.
Anas, M. (2014). Alat peraga dan media pembelajaran. Muhammad Anas.
Anggraeni, P. P. (2008). Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Bangun Ruang Melalui Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media
Pembelajaran (PTK di Kelas V SDN Tutup I Blora). Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Ariyana, Y., Bestary, R., & Mohandas, R. (2018). Buku pegangan pembelajaran berorientasi
pada keterampilan berpikir tingkat tinggi.
Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga
Kependidikan Kementerian Pendidikan Dan
Kebudayaan Hak.
Desimarlina, Y., Juniati, N., & Ajizah, E. (2021).
Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media
Pembelajaran IPA Biologi pada Materi
Virus di SMA Muhammadiyah Mataram.
Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA,
(2).
Faishol, R., Meliantina, M., Ramiati, E., & Putri,
E. I. E. (2021). PENDAMPINGAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN SISWA
DENGAN MEMANFAATKAN
BARANG BEKAS UNTUK
MENINGKATKAN MINAT DAN
KREATIVITAS BELAJAR PADA
MASA PANDEMI COVID-19. ABDI
KAMI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat,
(1), 92–100.
Flores, O., Del-Arco, I., & Silva, P. (2016). The
flipped classroom model at the university:
analysis based on professors’ and students’
assessment in the educational field.
International Journal of Educational Technology
in Higher Education, 13(1), 1–12.
Harahap, F., Nasution, N. E. A., & Manurung,
B. (2019). The Effect of Blended Learning
on Student’s Learning Achievement and
Science Process Skills in Plant Tissue
Culture Course. International Journal of
Instruction, 12(1), 521–538.
Hidayati, T. (2016). Pendekatan Pembelajaran Nilai
pada Materi Pendidikan Agama Islam: Studi
Multi Kasus di TK Sekolah Alam Excellentia
Pamekasan dan RA An Nidaiyah Sumenep.
UIN Sunan Ampel Surabaya.
Laila, A., & Sahari, S. (2016). Peningkatan
kreativitas mahasiswa dalam pemanfaatan
barang-barang bekas pada mata kuliah media pembelajaran. Jurnal Pendidikan
Dasar Nusantara, 1(2).
Lestari, D. D. (2018). PEMANFAATAN
BARANG BEKAS SEBAGAI MEDIA
PEMBELAJARAN MATEMATIKA.
Prosiding Seminar Nasional Pendidikan
Matematika, 1.
Pahrudin, A. (2019). BUKU: PENDEKATAN
SAINTIFIK DALAM IMPLEMENTASI
KURIKULUM 2013 DAN
DAMPAKNYA TERHADAP
KUALITAS PROSES DAN HASIL
PEMBELAJARAN PADA MAN DI
PROVINSI LAMPUNG. Pustaka Ali
Imron.
Raisah, P. (2018). Pemanfaatan Barang-Barang
Bekas Sebagai Media Pembelajaran Biologi pada
Materi Sistem Pernapasan untuk Meningkatkan
Hasil Belajar Siswa di MAN 5 Pidie. UIN
Ar-Raniry Banda Aceh.
Retnawati, H. (2015). Perbandingan akurasi
penggunaan skala likert dan pilihan ganda
untuk mengukur self-regulated learning.
Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi
Pembelajaran, 45(2).
Siahaan, K. W. A., Haloho, U. N., Guk-guk, M.
P. A. R., & Panjaitan, F. R. (2021).
Implementation of Discovery Learning
Methods to Improve Science Skills in
Kindergarten B Children. Jurnal Pendidikan
Edutama, 8(1), 33–40.
Sugiyono, H. (2016). Metode kualitatif dan
kuantitatif. Cetakan Ke-23. Alfabeta,
Bandung.
Susilo, N., Hasbullah, R., & Sugiyono, S. (2013).
Proses Pengolahan Beras Pratanak
Memperbaiki Kualitas dan Menurunkan
Indeks Glikemik Gabah Varietas Ciherang
(Parboiled Rice Processing Improve
Quality and Reduce Glycemic Index of
Paddy cv. Ciherang). JURNAL
PANGAN, 22(3), 209–220.
Wahyuni, Y. (2010). Pemanfaatan barang bekas
sebagai media pembelajaran untuk
meningkatkan pemahaman sifat-sifat
bangun ruang dalam pembelajaran
matematika siswa kelas V SDN Bocek 02 Kecamatan Karangploso Kabupaten
Malang. Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai
Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan
Pemahaman Sifat-Sifat Bangun Ruang Dalam
Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V SDN
Bocek 02 Kecamatan Karangploso Kabupaten
Malang/Yayuk Wahyuni.
Wekke, I. S. (2020). Desain Penelitian Kualitatif.
Widagdo, B. W., Handayani, M., & Suharto, A.
(2021). DAMPAK PANDEMI COVID19 TERHADAP PERILAKU PESERTA
DIDIK PADA PROSES
PEMBELAJARAN DARING
MENGGUNAKAN METODE
PENGUKURAN SKALA LIKERT.
Jurnal ESIT (E-Bisnis, Sistem Informasi,
Teknologi Informasi), 15(2)
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ijisedu.v4i1.6484
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
IJIS Edu: Indonesian Journal of Integrated Science Education
ijis.edu@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Lantai 2 Fakultas Tarbiyah dan Tadris
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu
IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education This is published by UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu and distributed with the permission below Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.