The Application of Experimental Methods to Improve the Learning Outcomes of High School Students on Colloid Material
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmadiyanto. (2016). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Pembelajaran KO-RUF-SI ( Kotak Huruf Edukasi ) Berbasis Word Squere pada Materi Kedaulatan Rakyat dan Sistem Pemerintahan di Indonesia Kelas VIIIC SMP. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(2), 980-993. http://dx.doi.org/10.20527 /kewarganegaraan.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Assriyanto, K. E., Sukardjo, J. S., & Saputro, S. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Ditinjau Dari Kreativitas Siswa Pada Materi Larutan Penyangga Di SMA N 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2013 / 2014. Jurnal Pendidikan Kimia, 3(3), 89–97. Http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia
Budiariawan, P. (2019). Hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar pada mata pelajaran kimia. Jurnal Pendidikan Kimia ndiksha.ac.id/index. php/.
Djamarah, Bahri, S., & Aswan, Z. (2006). Strategi Belajar Mengajar, Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.
Fajri, L., Martini, K. S., & S, A. N. C. (2012). Upaya Peningkatan Proses dan Hasil Belajar Kimia Materi Koloid Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT ( Teams Games Tournament) Dilengkapi Dengan Teka-teki Silang Bagi Siswa Kelas XI IPA 4 SMA Negeri 2 Boyolali Pada Semester Genap Tahun Ajaran 2011/20. Jurnal Pendidikan Kimia, 1(1),89-70. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/inde x.php/ kimia.
Maryam, S., Ganesha, U. P., & Share, T. P. (2018). Analisis implementasi pembelajaran kimia dalam program full day school. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha,
(1), 1-7. https://ejournal.undiksha.ac.id / index.php/JJ.
Masters, K., & Masters, K. E. N. (2013). Edgar Dale ’ s Pyramid of Learning in medical education : A literature review. Jurnal Pendidikan Kedokteran. 35(11), 22-32. https://doi.org /10 .3109/0142159X.201 3.800636
Mayangsari, D., Nuriman, & Agustiningsih. (2014). Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI Pokok Bahasan Konduktor dan Isolator SDN Semboro Probolinggo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Edukasi Unej, 1(1), 27-31. https://doi.org/10.19184/jukasi.v1i1. 1029.
Moleong, & & Lexy, J. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muslim, B., & Erlinawati. (2016). Penerapan Metode Eksperimen Berbasis Lingkungan Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa Pada Konsep Sistem Koloid(PTK di Kelas XI IPA MAN 2 Kota Tanggerang). Jurnal Dinamika Dan Implikasi Dalam Pembelajaran, 2(8), 82-94 https://repository .uinjkt.ac.id/dspace/hand.
Noor, J. (2011). Metodologi Penelitian. Jakarta: Kencana.
Nurqomariah., Gunawan., & S. (2015). Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Siswa Kelas VII. Jurnal Pendidikan FIsika Dan Teknologi, I(3), 173–178. https://doi.org/10. 29303/jpft.v 1i3.255
Partono, P., Maftukhin, A., & Hakim, Y. Al. (2017). Efektivitas Metode Pembelajaran Eksperimen Berbasis Lingkungan Terhadap Kemampuan Psikomotorik Siswa Kelas X Pada Pokok Bahasan Suhu dan Kalor Radiasi. Jurnal pendidikan fisika, 9(2), 70–75. http://jurnal.umpwr.ac.id/ index.php/radiasi/article/download/204/ 102
Putri, I. S., Juliani, R., & Lestari, I. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discopery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa dan Aktivitas Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 91–94. http://jurnal.unimed.ac.id/20 12/index.php/jpf
Sry, E. (2018). Pengaruh Penggunaan Metode Eksperimen ( Influence The Use Of Experimental Methods Of The Science Study Results In Terms Of Comunication Skill. Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 5(1), 25–31.https://doi.org/10.30738/natural.v5i1.2562
Sudjana, N. (2009). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiono. (2016). MetodeMoleong, & & Lexy, J. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya. Penelitian Pendidikan PEndekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Suwahono. (2012). Pengembangan sistem Penelitian Keterampilan Generic Kimia. Yogyakarta: Program Pascasarjana UNY.
Yusuf, M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.
Zendler, A., & Greiner, H. (2019). The Effect Two Instructional Methods On Learning in Chemistry Education: The Experiment Method and Computer Simulation. Education for Chemical Engineers, 7(19), 1–32.
https://doi.org/10.1016/j.ece.2019.09.001
Zendler, A., & Greiner, H. (2019). The Effect Two Instructional Methods On Learning in Chemistry Education: The Experiment Method and Computer Simulation. Education for Chemical Engineers, 7(19), 1–32.
https://doi.org/10.1016/j.ece.2019.09.00 1
Zulkifli. (2018). Penerapan Strategi Pembelajaran Inquiry dengan Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII-D SMPN 4 Tambang. Jurnal PAJAR ( Pendidikan dan Pengajaran), 2(2), 156–159. https://doi.org /10 .23969/jp.v9i2.13199
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ijisedu.v7i2.5383
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
IJIS Edu: Indonesian Journal of Integrated Science Education
ijis.edu@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Lantai 2 Fakultas Tarbiyah dan Tadris
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu

IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education This is published by UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu and distributed with the permission below Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.







