Pengembangan Lembar Kerja Siswa Listrik Dinamis (LKS) Berbasis Inkuiri

Silviana Hendri, Faradhillah Faradhillah

Abstract


Pembelajaran fisika sangat berkaitan dengan proses kerja ilmiah. Belajar fisika seharusnya bukan sekadar unutk menghapal rumus, melainkan dirancang kegiatan khusus untuk menemukan materi yang dipelajari atau dikenal dengan istilah pembelajaran berbasis inkuiri. Salah satu materi fisika, Listrik Dinamis, akan lebih mudah dipelajari menggunakan pendekatan inkuiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS Listrik Dinamis berbasis inkuiri. LKS berbasis inkuiri dirancang menggunakan pendekatan metode Research and Development (R&D) dengan model 4D, dengan tahapan Define, Design, Develope, dan Disseminate. Hasil penelitian berupa LKS Listrik Dinamis berbasis Inkuiri dengan klasifikasi LKS eksperimen (LKS I, LKS IIA, LKS IIB, LKS IIA, LKS IIIB) dan LKS non-eksperimen (LKS IIIC). Pada tahap disseminate dilakukan uji coba pemahaman siswa terhadap LKS Inkuiri, dengan menggunakan tes formatif yang terdiri dari 14 soal pilihan ganda dan satu soal essay. Hasil skor siswa kemudian dianalisis secara deskriptif untuk memperoleh daya serap siswa terhadap pemahaman materi. Secara rerata daya serap siswa pada materi LKS inkuiri terkategorikan baik.

 

Pembelajaran fisika sangat berkaitan dengan proses kerja ilmiah. Belajar fisika seharusnya bukan sekadarunutk menghapal rumus, melainkan dirancang kegiatan khusus untuk menemukan materi yang dipelajariatau dikenal dengan istilah pembelajaran berbasis inkuiri. Salah satu materi fisika, Listrik Dinamis, akan lebihmudah dipelajari menggunakan pendekatan inkuiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKSListrik Dinamis berbasis inkuiri. LKS berbasis inkuiri dirancang menggunakan pendekatan metode Researchand Development (R&D) dengan model 4D, dengan tahapan Define, Design, Develope, dan Disseminate.Hasil penelitian berupa LKS Listrik Dinamis berbasis Inkuiri dengan klasifikasi LKS eksperimen (LKS I,LKS IIA, LKS IIB, LKS IIA, LKS IIIB) dan LKS non-eksperimen (LKS IIIC). Pada tahap disseminatedilakukan uji coba pemahaman siswa terhadap LKS Inkuiri, dengan menggunakan tes formatif yang terdiridari 14 soal pilihan ganda dan satu soal essay. Hasil skor siswa kemudian dianalisis secara deskriptif untukmemperoleh daya serap siswa terhadap pemahaman materi. Secara rerata daya serap siswa pada materi LKSinkuiri terkategorikan baik. 

Keywords


Listrik Dinamis; LKS Inkuiri; Model 4D; Pengembangan LKS

Full Text:

PDF

References


AAAS. (1993). Bencmarks for Science Literacy. New

York: Oxforf University Press.

Chiapetta, E., Filman, D., & Sethna, G. (1993). Do

Middle School Life Science Textbooks

Provide a Balance of Scientific Literacy

Themes? Journal of Research in Science Teaching,

(7), 787.

Hendri, S. (2010). Hasil Belajar Fisika Pada Aspek

Kognitif Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Siak Hulu

Menggunakan Pendekatan Inkuiri pada Materi

Listrik Dinamis. Universitas Riau.

Lawshe, C. . (1975). A Quantitative Approach to

Content Validity. Personnel Psychology, 567.

Meilani, R. (2008). Peningkatan Aktivitas dan Hasil

Belajar Fisika Siswa Melalui Pembelajaran

Inkuiri. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan

Pendidikan, 1(2), 40–47.

Murtini, S. B. (2008). Kreativitas Teknik Probing.

Orion, N., & Kali, Y. (2016). The Effect of an

Earth-Science Learning Program on

Students’ Scientific Thinking Skills. Journal of

Geoscience Education, 53(4), 387–393.

https://doi.org/10.5408/1089-9995-

4.387

Suparno. (2007). Metode Pembelajaran Fisika

Konstruktivistik dan Menyenangkan.

Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I.

(1974). Instructional Development for Training

Teachers of Exceptional Children: A sourcebook.

Bloomington, Indiana: Indiana University.

Wilson, F. ., Pan, W., & Schumsky, D. . (2012).

Recalculation of the Critical Values for

Lawshe’s Content Validity. Measurement and

Evaluation in Counseling and Development,

xx(x):10.

Wirta, I. (2008). Pengaruh Model Pembelajaran

Penalaran Formal terhadap Penguasaan

Konsep Fisika dan Sikap Ilmiah siswa

SMAN 4 Singajara. Jurnal Penelitian Dan

Pengembangan Pendidikan, I(2), 15–29.

Zulhelmi. (2007). Penilaian hasil Belajar Mata

Pelajaran Fisika. Pekanbaru: Cendekia Insani.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ijisedu.v2i1.2468

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

IJIS Edu: Indonesian Journal of Integrated Science Education
ijis.edu@mail.uinfasbengkulu.ac.id

 

Lantai 2 Fakultas Tarbiyah dan Tadris
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu

 

  Creative Commons License
IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education This is published by UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu and distributed with the permission below Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License