Pengembangan Lembar Kerja Siswa Listrik Dinamis (LKS) Berbasis Inkuiri
Abstract
Pembelajaran fisika sangat berkaitan dengan proses kerja ilmiah. Belajar fisika seharusnya bukan sekadar unutk menghapal rumus, melainkan dirancang kegiatan khusus untuk menemukan materi yang dipelajari atau dikenal dengan istilah pembelajaran berbasis inkuiri. Salah satu materi fisika, Listrik Dinamis, akan lebih mudah dipelajari menggunakan pendekatan inkuiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS Listrik Dinamis berbasis inkuiri. LKS berbasis inkuiri dirancang menggunakan pendekatan metode Research and Development (R&D) dengan model 4D, dengan tahapan Define, Design, Develope, dan Disseminate. Hasil penelitian berupa LKS Listrik Dinamis berbasis Inkuiri dengan klasifikasi LKS eksperimen (LKS I, LKS IIA, LKS IIB, LKS IIA, LKS IIIB) dan LKS non-eksperimen (LKS IIIC). Pada tahap disseminate dilakukan uji coba pemahaman siswa terhadap LKS Inkuiri, dengan menggunakan tes formatif yang terdiri dari 14 soal pilihan ganda dan satu soal essay. Hasil skor siswa kemudian dianalisis secara deskriptif untuk memperoleh daya serap siswa terhadap pemahaman materi. Secara rerata daya serap siswa pada materi LKS inkuiri terkategorikan baik.
Pembelajaran fisika sangat berkaitan dengan proses kerja ilmiah. Belajar fisika seharusnya bukan sekadarunutk menghapal rumus, melainkan dirancang kegiatan khusus untuk menemukan materi yang dipelajariatau dikenal dengan istilah pembelajaran berbasis inkuiri. Salah satu materi fisika, Listrik Dinamis, akan lebihmudah dipelajari menggunakan pendekatan inkuiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKSListrik Dinamis berbasis inkuiri. LKS berbasis inkuiri dirancang menggunakan pendekatan metode Researchand Development (R&D) dengan model 4D, dengan tahapan Define, Design, Develope, dan Disseminate.Hasil penelitian berupa LKS Listrik Dinamis berbasis Inkuiri dengan klasifikasi LKS eksperimen (LKS I,LKS IIA, LKS IIB, LKS IIA, LKS IIIB) dan LKS non-eksperimen (LKS IIIC). Pada tahap disseminatedilakukan uji coba pemahaman siswa terhadap LKS Inkuiri, dengan menggunakan tes formatif yang terdiridari 14 soal pilihan ganda dan satu soal essay. Hasil skor siswa kemudian dianalisis secara deskriptif untukmemperoleh daya serap siswa terhadap pemahaman materi. Secara rerata daya serap siswa pada materi LKSinkuiri terkategorikan baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
AAAS. (1993). Bencmarks for Science Literacy. New
York: Oxforf University Press.
Chiapetta, E., Filman, D., & Sethna, G. (1993). Do
Middle School Life Science Textbooks
Provide a Balance of Scientific Literacy
Themes? Journal of Research in Science Teaching,
(7), 787.
Hendri, S. (2010). Hasil Belajar Fisika Pada Aspek
Kognitif Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Siak Hulu
Menggunakan Pendekatan Inkuiri pada Materi
Listrik Dinamis. Universitas Riau.
Lawshe, C. . (1975). A Quantitative Approach to
Content Validity. Personnel Psychology, 567.
Meilani, R. (2008). Peningkatan Aktivitas dan Hasil
Belajar Fisika Siswa Melalui Pembelajaran
Inkuiri. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan
Pendidikan, 1(2), 40–47.
Murtini, S. B. (2008). Kreativitas Teknik Probing.
Orion, N., & Kali, Y. (2016). The Effect of an
Earth-Science Learning Program on
Students’ Scientific Thinking Skills. Journal of
Geoscience Education, 53(4), 387–393.
https://doi.org/10.5408/1089-9995-
4.387
Suparno. (2007). Metode Pembelajaran Fisika
Konstruktivistik dan Menyenangkan.
Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I.
(1974). Instructional Development for Training
Teachers of Exceptional Children: A sourcebook.
Bloomington, Indiana: Indiana University.
Wilson, F. ., Pan, W., & Schumsky, D. . (2012).
Recalculation of the Critical Values for
Lawshe’s Content Validity. Measurement and
Evaluation in Counseling and Development,
xx(x):10.
Wirta, I. (2008). Pengaruh Model Pembelajaran
Penalaran Formal terhadap Penguasaan
Konsep Fisika dan Sikap Ilmiah siswa
SMAN 4 Singajara. Jurnal Penelitian Dan
Pengembangan Pendidikan, I(2), 15–29.
Zulhelmi. (2007). Penilaian hasil Belajar Mata
Pelajaran Fisika. Pekanbaru: Cendekia Insani.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ijisedu.v2i1.2468
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
IJIS Edu: Indonesian Journal of Integrated Science Education
ijis.edu@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Lantai 2 Fakultas Tarbiyah dan Tadris
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu
IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education This is published by UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu and distributed with the permission below Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.