Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 01 Mukomuko Menggunakan Media Torso
Abstract
Kemampuan siswa dalam menguasai materi pelajaran IPA sering kali menjadi perhatian bagi pengajar IPA di sekolah. Hal ini dikarenakan, kemampuan tersebut akan berpengaruh banyak pada hasil belajar siswa. Siswa kelas 4 SD Negeri 01 Mukomuko pun mengalami hal demikian. Hasil belajar siswa yang didapatkan dari pretest pada awal semester ganjil tahun ajaran 2017/2018 memiliki rata-rata hasil belajar yang relatif rendah. Setelah dilakukan penelusuran awal didapatkan bahwa guru jarang menggunakan media untuk pembelajaran. Sehingga siswa sulit menguasai materi pelajaran. Oleh karena itu perlu dilakukan perbaikan pembelajaran agar rata-rata hasil belajar IPA siswa meningkat. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa, metode penelitian yang digunakan yang tepat adalah dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Media pembelajaran yang digunakan adalah Torso yang menjadi model dari tubuh manusia. Pada siklus I terdapat 2 siswa dari 21 siswa yang tidak memenuhi KKM. Sedangkan pada siklus II KKM terpenuhi hingga 100%. Sehingga dengan demikian media torso yang digunakan dalam pembelajaran ini dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa pada siklus II
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Duffy, Gace L., Scott A. Laman, Pradip Mehta, Rochiati Wiriatmaja. 2005. Metode penelitian Tindakan Kelas.Bandung.PT.Remajaa Rosdakarya.
Sumiati dan asra .2007 Metode pembelajaran: CV Wacana Prima
Susanto.2007. Pengembangan KTSP dengan perspektif manajemen Visi. Jakarta: Mata.
Sukmadinata, Syaodih, N. 2010. Metode Penelitian Pendidikan: Rosda, Bandung.
Susilana, Rudi, 2019. Media Pembelajaran. CV. Wacana Prima. Bandung.
Morgan dkk dalam Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (1998/1999: 7)
Dimyati dkk (2009) belajar adalah “suatu perilaku”
Torso. www.wikipedia.org.com, diakses tanggal 5 Januari 2012.
Produsen Alat Peraga Terlengkap di Indonesia. www.wikipedia.org.com, diakses tanggal 5 Januari 2012.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ijisedu.v1i1.1405
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 IJIS Edu : INDONESIAN JOURNAL OF INTEGRATED SCIENCE EDUCATION

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
IJIS Edu: Indonesian Journal of Integrated Science Education
ijis.edu@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Lantai 2 Fakultas Tarbiyah dan Tadris
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu
IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education This is published by UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu and distributed with the permission below Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.