Pola Dasar Penanaman Pendidikan Karakter pada Anak di dalam Keluarga
Abstract
Abstract: This study aims to determine how to instill social education in children in the family. Because social education is closely related to character education, this study will discuss (1) How to approach the concept of character education in the family. (2) The form of character education approach applied in the family. (3) To identify what are the inhibiting factors experienced by families (parents) in planting character education in children. This type of research uses field studies, collecting data through observation, interviews, and documentation. This research was conducted in Desa Fajar Baru, Kec. Ketahun, Kab. Bengkulu Utara in 2020. The research data were analyzed using content analysis. The results showed that: (1) The concept of a character education approach applied in the family, namely: religious teaching which emphasizes the formation of morality, teaching local values, living in simplicity (tallasa kamase-mase), children's character as one of the reflection assessments. family and the direct teaching of parents as role models. (2) The form of character education approach applied in the family, namely, Honesty, Exemplary, Discipline, Courtesy. Supporting Children's Activities and Children's Love (3) Inhibiting character education, internal factors, namely family and innate factors and external factors. Environment, peers and mass media.
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penanaman pendidikan sosial pada anak di dalam keluarga. Karena pendidikan sosial sangat berkaitan dengan pendidikan karakter maka penelitian ini akan membahas (1) Bagaimana konsep pendekatan pendidikan karakter dalam keluarga. (2) Bentuk pendekatan pendidikan karakter yang diterapkan dalam keluarga. (3) Untuk mengidentifikasi apa saja yang menjadi faktor penghambat yang dialami keluarga (orang tua) dalam penanaman pendidikan karakter pada anak. Jenis penelitian menggunakan studi lapangan, pengumupulan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Fajar Baru, Kec. Ketahun, Kab. Bengkulu Utara tahun 2020. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Konsep pendekatan pendidikan karakter yang diterapkan di dalam keluarga yaitu: pengajaran agama yang menekankan pada pembentukan ahklak, pengajaran nilai-nilai lokal, hidup dalam kesederhanaan (tallasa kamase-mase), karakter anak sebagai salah satu penilain cerminan keluarga dan pengajaran langsung orang tua sebagai teladan. (2) Bentuk pendekatan pendidikan karakter yang diterapkan dalam keluarga yaitu, Kejujuran, Keteladanan, Kedisiplinan, Kesopanan. MendukungKegiatan Anak dan Cinta Anak-Anak (3) Penghambat pendidikan karakter, faktor internal yaitu keluarga dan faktor bawaan dan faktor eksternal Lingkungan, teman sebaya dan media masa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afrizal. (2015). Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Jakarta: Rajawali Pers.
Amin, M.M. (2011). Pendidikan Karakter Anak Bangsa. Jakarta : Badouse Media.
Goode, W.J (1983). Sosiologi Keluarga. Jakarta: Bina Aksara
Mustari, M. (2014). Nilai karakter. (Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Magribi, A. (2004). Begini Seharusnya Mendidik Anak. Jakarta: Darul Haq.
Mustari, M. (2014). Nilai karakter. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Muwafik, S. (2012). Membangun Karakter Dengan Hati Nurani. Jakarta : Erlangga.
Nashir, H. (2013) Pendidikan Karakter Berbasis Agama dan Budaya. Yogyakarta: Multi Presindo.
Sujarweni, W. (2014). Metodologi penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Utomo, P., Amaliyah, A., Zubaidah, Z., Rahmat, A., Ramadhan, I. septianty, Hizraini, A. A., Rahmalia, P., Hartati, M. S., Ahmad, A., & Jida, J. (2021). Buku Ajar Pendidikan Karakter Anak SD/MI. Yogyakarta: Zahir Publishing.
Zubaedi, Z., & Utomo, P. (2021). Nilai Kerja dalam Pendekatan Tasawuf dan Pengaruhnya Sebagai Bimbingan Pribadi-Sosial Terhadap Pembentukan Karakter Masyarakat Modern. Altifani: Jurnal Pengabdian Masyarakat Ushuluddin, Adab, dan Dakwah, 1(2), 99-112. http://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/altifani/article/view/912
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/hawapsga.v3i2.4748
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Hawa : Studi Pengarus Utamaan Gender dan Anak
Jurnal Hawa: Studi Pengarus Utamaan Gender dan Anak is Indexed by:




Disclaimer: Jurnal Hawa : Studi Pengarus Utamaan Gender dan Anak articles published by UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu have been previewed and authenticated by the Authors before publication. The Journal, Editor and the editorial board are not entitled or liable to either justify or responsible for inaccurate and misleading data if any. It is the sole responsibility of the Author concerned. Read our Plagiarism Policy and use of this site signifies your agreement to the Terms of Use.
Journal Publishing Office Location:
Pusat publikasi Ilmiah UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu, LPP2M Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Address: Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211, Bengkulu, Sumatra Indonesia. Email: hawa@mail.uinfasbengkulu.ac.id