Pengaruh Verbal Bullying Terhadap Kecerdasan Interpersonal Anak di Sekolah

Reza Pahlevi, Prio Utomo, Rossi Delta Fitrianah Rossi Delta Fitrianah, Fiki Prayogi

Abstract


Abstract: The rise of verbal bullying behavior that occurs among students so that it can affect students' interpersonal intelligence. The purpose of this study was to determine the effect of verbal bullying on students' interpersonal intelligence at SDN 81 Bengkulu City. This research design uses a quantitative type with a variant of the ex post facto approach. Sampling was done by using non-probability sampling technique. Data collection techniques through observation, questionnaires (questionnaire), documentation. This research was conducted at SDN 81 Bengkulu City for the 2019/2020 academic year. The sample of this research is the fourth grade students. The results of the study revealed that there was an effect of verbal bullying on the interpersonal intelligence of students at SDN 81 Bengkulu City. The conclusion of the study was that (1) verbal bullying behavior carried out by students included naming, mocking, insulting, cursing, and making fun of; (2) students who are often bullied will affect their interpersonal intelligence because by nature, children who are often bullied will be lazy to go to school and will be psychologically disturbed and their concentration when studying is reduced; (3) the influence of verbal bullying has an impact on students' interpersonal intelligence, namely being low.

Abstrak: Maraknya  perilaku verbal bullying yang terjadi di kalangan peserta didik sehingga dapat berpengaruh terhadap kecerdasan interpersonal siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh verbal bullying terhadap kecerdasan interpersonal siswa di SDN 81 Kota Bengkulu. Rancangan penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif dengan varian pendekatan ex post facto. Pengambilan sampel dilakukan  dengan menggunakan teknik non probability sampling. Teknik pengumpulan data melalui observasi, kuesioner (angket), dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 81 Kota Bengkulu tahun ajaran 2019/2020. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas IV. Hasil penelitian mengungkap bahwa terdapat pengaruh verbal bullying terhadap kecerdasan interpersonal siswa di SDN 81 Kota Bengkulu. Kesimpulan penelitian diperoleh hasil (1) perilaku verbal bullying yang dilakukan siswa antara lain menjuluki, mengejek, menghina, memaki, dan  mengolok-ngolok; (2) siswa yang sering di bullying akan berpengaruh terhadap kecerdasan interpersonalnya karena bawasannya anak yang sering di bully akanmenjadi malas pergi ke sekolah dan psikisnya terganggu dan konsentrasinya saat belajar berkurang; (3) pengaruh verbal bullying memberikan dampak pada terhadap kecerdasan interpersonal siswa yaitu menjadi rendah.


Keywords


Verbal bullying; Kecerdasan interpersonal; Siswa

Full Text:

PDF

References


Adila, N. (2009)Pengaruh Kontrol Sosial Terhadap Perilaku Bullying Pelajar di Sekolah Menengah Pertama. Indonesian Journal of Criminology, 4253

Astuti, P. R. (2008). Meredam Bullying (3 cara efektif mananggulangi kekerasan pada anak). Jakarta: Grasindo

Amstrong, T. (2013). Seven Kinds of Smart: Menemukan dan Meningkatkan Kecerdasan Anda Berdasarkan Teori Multiple Intelligences. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Reinika Cipta

Chakrawati. F (2015). Bullying Siapa Takut . Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri

Gardner, H. (2003). Multiple Intelligences: Kecerdasan Majemuk Teori dalam Praktek. Batam: interiksa

May. L, et al. (2008). Cara Mengembangkan Berbagai Komponen Kecerdasan. Jakarta: Indeks

Mustikasari, M. T. I., Utomo, P., Aam, A., & Zubaidah, Z. (2021). Psikoedukasi: Efektivitas Penggunaan Teknik Sosiodrama Sebagai Media Untuk Mereduksi Perilaku Agresif Verbal Siswa Menengah Pertama (SMP). Jurnal Wahana Konseling, 4(2), 99-112.

Prayogi, F., & Utomo, P. (2021). Cognitive-Behaviour Modification: Kemanjuran Teknik Self-Instruction Sebagai Media Untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi Peserta Didik. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 14(1), 209-218. https://doi.org/10.52217/lentera.v14i1.958

Siregar, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: Kencana

Utomo, P., Atmoko, A., & Hitipeuw, I. (2018). Peningkatan motivasi berprestasi siswa SMA melalui cognitive behavior counseling teknik self-instruction dan self-monitoring. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(4), 416-423. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i4.10725

Utomo, P., & Zubaidah, Z. (2020). Self-monitoring Techniques: Perbedaan Peningkatan Achievement Motivation Siswa SMA Berdasarkan Jenis Kelamin (Gender). Jurnal Hawa: Studi Pengarus Utamaan Gender dan Anak, 2(2). https://doi.org/10.29300/hawapsga.v2i2.3533

Utomo, P., & Sholihah, M. (2021). The effectiveness of using educational cinema techniques to increase students’ self-confidence : An experimental research. ProGCouns: Journal of Professionals in Guidance and Counseling, 2(2), 51–61. https://doi.org/10.21831/progcouns.v2i2.41101

Utomo, P. (2017). Keefektifan konseling teknik self-instruction dan self-monitoring untuk meningkatkan motivasi berprestasi siswa SMA (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Waluya, B. (2007). Sosiolosi: Menyelami Fenomena Sosial di Masyarakat. Bandung: PT. Setia Purna Inves

Utomo, P. (2021). Pola Pembelajaran dalam Layanan Bimbingan dan Konseling Terhadap Siswa Berkebutuhan Khusus (Tunagrahita) di Sekolah Luar Biasa. Jambura Guidance and Counseling Journal, 2(2), 62–73. https://doi.org/https://doi.org/10.37 411/jgcj.v2i2.950

Zubaidah, Z., & Utomo, P. (2021). Kesejahteraan Psikologis Anak Autis Ditinjau dari Layanan Bimbingan dan Konseling Berkebutuhan Khusus di Sekolah. Jurnal Hawa: Studi Pengarus Utamaan Gender dan Anak, 3(1), 25–32. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29300/hawapsga.v3i1.5420

Zubaidah, Z., & Utomo, P. (2021). Pola Pembelajaran dalam Layanan Bimbingan dan Konseling Terhadap Siswa Berkebutuhan Khusus (Tunagrahita) di Sekolah Luar Biasa. Jambura Guidance and Counseling Journal, 2(2), 62–73. https://doi.org/https://doi.org/10.37 411/jgcj.v2i2.950




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/hawapsga.v3i2.4747

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Hawa : Studi Pengarus Utamaan Gender dan Anak



LICENSE TERMS: 

 Creative Commons License
Jurnal Hawa: Studi Pengarus Utamaan Gender dan Anak. This is published by UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu and distributed with the permission below Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Disclaimer: Jurnal Hawa : Studi Pengarus Utamaan Gender dan Anak articles published by UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu have been previewed and authenticated by the Authors before publication. The Journal, Editor and the editorial board are not entitled or liable to either justify or responsible for inaccurate and misleading data if any. It is the sole responsibility of the Author concerned. Read our Plagiarism Policy and use of this site signifies your agreement to the Terms of Use.

Journal Publishing Office Location:

Pusat publikasi Ilmiah UIN Fatmawati Sukarno BengkuluLPP2M Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu

Address: Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211, Bengkulu, Sumatra Indonesia. Email: hawa@mail.uinfasbengkulu.ac.id