Pengaruh Verbal Bullying Terhadap Kecerdasan Interpersonal Anak di Sekolah
Abstract
Abstract: The rise of verbal bullying behavior that occurs among students so that it can affect students' interpersonal intelligence. The purpose of this study was to determine the effect of verbal bullying on students' interpersonal intelligence at SDN 81 Bengkulu City. This research design uses a quantitative type with a variant of the ex post facto approach. Sampling was done by using non-probability sampling technique. Data collection techniques through observation, questionnaires (questionnaire), documentation. This research was conducted at SDN 81 Bengkulu City for the 2019/2020 academic year. The sample of this research is the fourth grade students. The results of the study revealed that there was an effect of verbal bullying on the interpersonal intelligence of students at SDN 81 Bengkulu City. The conclusion of the study was that (1) verbal bullying behavior carried out by students included naming, mocking, insulting, cursing, and making fun of; (2) students who are often bullied will affect their interpersonal intelligence because by nature, children who are often bullied will be lazy to go to school and will be psychologically disturbed and their concentration when studying is reduced; (3) the influence of verbal bullying has an impact on students' interpersonal intelligence, namely being low.
Abstrak: Maraknya perilaku verbal bullying yang terjadi di kalangan peserta didik sehingga dapat berpengaruh terhadap kecerdasan interpersonal siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh verbal bullying terhadap kecerdasan interpersonal siswa di SDN 81 Kota Bengkulu. Rancangan penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif dengan varian pendekatan ex post facto. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik non probability sampling. Teknik pengumpulan data melalui observasi, kuesioner (angket), dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 81 Kota Bengkulu tahun ajaran 2019/2020. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas IV. Hasil penelitian mengungkap bahwa terdapat pengaruh verbal bullying terhadap kecerdasan interpersonal siswa di SDN 81 Kota Bengkulu. Kesimpulan penelitian diperoleh hasil (1) perilaku verbal bullying yang dilakukan siswa antara lain menjuluki, mengejek, menghina, memaki, dan mengolok-ngolok; (2) siswa yang sering di bullying akan berpengaruh terhadap kecerdasan interpersonalnya karena bawasannya anak yang sering di bully akanmenjadi malas pergi ke sekolah dan psikisnya terganggu dan konsentrasinya saat belajar berkurang; (3) pengaruh verbal bullying memberikan dampak pada terhadap kecerdasan interpersonal siswa yaitu menjadi rendah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adila, N. (2009)Pengaruh Kontrol Sosial Terhadap Perilaku Bullying Pelajar di Sekolah Menengah Pertama. Indonesian Journal of Criminology, 4253
Astuti, P. R. (2008). Meredam Bullying (3 cara efektif mananggulangi kekerasan pada anak). Jakarta: Grasindo
Amstrong, T. (2013). Seven Kinds of Smart: Menemukan dan Meningkatkan Kecerdasan Anda Berdasarkan Teori Multiple Intelligences. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Reinika Cipta
Chakrawati. F (2015). Bullying Siapa Takut . Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri
Gardner, H. (2003). Multiple Intelligences: Kecerdasan Majemuk Teori dalam Praktek. Batam: interiksa
May. L, et al. (2008). Cara Mengembangkan Berbagai Komponen Kecerdasan. Jakarta: Indeks
Mustikasari, M. T. I., Utomo, P., Aam, A., & Zubaidah, Z. (2021). Psikoedukasi: Efektivitas Penggunaan Teknik Sosiodrama Sebagai Media Untuk Mereduksi Perilaku Agresif Verbal Siswa Menengah Pertama (SMP). Jurnal Wahana Konseling, 4(2), 99-112.
Prayogi, F., & Utomo, P. (2021). Cognitive-Behaviour Modification: Kemanjuran Teknik Self-Instruction Sebagai Media Untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi Peserta Didik. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 14(1), 209-218. https://doi.org/10.52217/lentera.v14i1.958
Siregar, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: Kencana
Utomo, P., Atmoko, A., & Hitipeuw, I. (2018). Peningkatan motivasi berprestasi siswa SMA melalui cognitive behavior counseling teknik self-instruction dan self-monitoring. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(4), 416-423. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i4.10725
Utomo, P., & Zubaidah, Z. (2020). Self-monitoring Techniques: Perbedaan Peningkatan Achievement Motivation Siswa SMA Berdasarkan Jenis Kelamin (Gender). Jurnal Hawa: Studi Pengarus Utamaan Gender dan Anak, 2(2). https://doi.org/10.29300/hawapsga.v2i2.3533
Utomo, P., & Sholihah, M. (2021). The effectiveness of using educational cinema techniques to increase students’ self-confidence : An experimental research. ProGCouns: Journal of Professionals in Guidance and Counseling, 2(2), 51–61. https://doi.org/10.21831/progcouns.v2i2.41101
Utomo, P. (2017). Keefektifan konseling teknik self-instruction dan self-monitoring untuk meningkatkan motivasi berprestasi siswa SMA (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).
Waluya, B. (2007). Sosiolosi: Menyelami Fenomena Sosial di Masyarakat. Bandung: PT. Setia Purna Inves
Utomo, P. (2021). Pola Pembelajaran dalam Layanan Bimbingan dan Konseling Terhadap Siswa Berkebutuhan Khusus (Tunagrahita) di Sekolah Luar Biasa. Jambura Guidance and Counseling Journal, 2(2), 62–73. https://doi.org/https://doi.org/10.37 411/jgcj.v2i2.950
Zubaidah, Z., & Utomo, P. (2021). Kesejahteraan Psikologis Anak Autis Ditinjau dari Layanan Bimbingan dan Konseling Berkebutuhan Khusus di Sekolah. Jurnal Hawa: Studi Pengarus Utamaan Gender dan Anak, 3(1), 25–32. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29300/hawapsga.v3i1.5420
Zubaidah, Z., & Utomo, P. (2021). Pola Pembelajaran dalam Layanan Bimbingan dan Konseling Terhadap Siswa Berkebutuhan Khusus (Tunagrahita) di Sekolah Luar Biasa. Jambura Guidance and Counseling Journal, 2(2), 62–73. https://doi.org/https://doi.org/10.37 411/jgcj.v2i2.950
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/hawapsga.v3i2.4747
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Hawa : Studi Pengarus Utamaan Gender dan Anak
LICENSE TERMS:

Jurnal Hawa: Studi Pengarus Utamaan Gender dan Anak. This is published by UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu and distributed with the permission below Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Journal Publishing Office Location:
Pusat publikasi Ilmiah UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu, LPP2M Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Address: Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211, Bengkulu, Sumatra Indonesia. Email: hawa@mail.uinfasbengkulu.ac.id


