Peran Perempuan dalam Dunia Pendidikan pada Masa Rasulullah SAW
Abstract
Abstract: This research is motivated by the existence (respect and dignity) of women's rights perfectly, respecting humanity, acknowledging their involvement with men in all fields of work and tasks in the world. The purpose of this study was to reveal the role of women in the world of education at the time of the Prophet Muhammad. The literature study was used using content analysis to reveal the role of women in education during the time of the Prophet Muhammad. The results of the study reveal that women have a role in the field of education, it can be seen that there are several female figures who have contributed in the field of education such as hadith, tasawuf, fiqh, and others. Islam comes with justice and equality between men and women and respects their dignity. The results of this study are a discourse about the arrival of Islam to elevate the status of women and provide opportunities for women to increase their capacity through education.
Abstrak: Penelitian ini dilatar belakangi oleh eksistensi (harkat dan martabat) hak-hak perempuan secara sempurna, menghargai kemanusiaan, mengakui keterlibatannya bersama kaum laki-laki di segala bidang pekerjaan dan tugas didunia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap peran wanita dalam dunia pendidikan pada masa Rasulullah SAW. Studi kepustakaan digunakan dengan menggunakan analisis isi untuk mengungkap peran wanita dalam dunia pendidikan pada masa Rasulullah SAW. Hasil penelitian mengungkap bahwa Perempuan memiliki peranan dalam bidang pendidikan, ini terlihat terdapat beberapa tokoh perempuan yang berjasa dalam bidang pendidikan seperti bidang hadits, tasawuf, fiqh, dan lain-lain. Islam datang dengan keadilan dan persamaan antara lelalki dan perempuan serta menghormati harkat dan martabatnya. Hasil penelitian ini berkontribusi sebagai wacana bi ahwa kedatangan Islam telah mengangkat derajat kaum perempuan dan memberi kesempatan pada perempuan untuk meningkatkan kapasitas dirinya melalui
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al-Abrasyi, M.A. (Tanpa Tahun). Ruh al-Tarbiyah wa al-Ta’lim. Jilid. V. Saudi Arabia: Dar al-Ahya’, n.
Alimni, A., Amin, A., & Faaris, M. (2021). Pengaruh Sistem Full Day School Terhadap Pembentukan Karakter Toleransi di MI Plus Nur Rahman Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan" EDUKASIA MULTIKULTURA", 3(1), 52-64.
Alimni, A., Amin, A., & Lestari, M. (2021). Intensitas Media Sosial Dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Agama Islam Siswa Sekolah Menegah Pertama Kota Bengkulu. EL–TA’DIB (Journal of Islamic Education), 1(2).
Amin, A., & Alimni. A. 2017). Implementasi Bahan Ajar PAI Berbasis Sinetik dalam Pencapaian Pemahaman Konsep Abstrak dan Peningkatan Karakter Siswa SMP Kota Bengkulu. International Seminar on Islamic Studies, IAIN Bengkulu, 2019.
Amin, A., Lubis, M., Alimni, S., Jaenullah, D. A. K., & Lestari, M. (2020). A Study of Mind Mapping in Elementary Islamic School: Effect of Motivation and Conceptual Understanding. Universal Journal of Educational Research, 8(11), 5127-5136.
Amin, A., Alimni, A., & Kurniawan, D. A. (2021). Teaching Faith in Angels for Junior High School Students. Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, 6(1), 9-18.
Amin, A., Zulkarnain, S., & Astuti, S. (2019). Implementasi Pendidikan Agama Islam Berwawasan Lingkungan Hidup Dan Budaya Di Sekolah Menengah Pertama. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 1(1), 96-113.
Amin, A., Alimni, A., Kurniawan, D. A., Azzahra, M. Z., & Septi, S. E. (2021). Study of Differences and Effects of Parental Communication and Student Learning Motivation in Elementary Schools. International Journal of Elementary Education, 5(4).
Amin, A., Alimni, A., Kurniawan, D. A., Septi, S. E., & Azzahra, M. Z. (2021). The Study of Differences and Influences of Teacher Communication and Discipline Characters of Students. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(4).
Basuki. (2017). Ilmu Pendidikan Islam. Ponorogo: STAIN Ponorogo Press
Handayani, S. (2016). Ummu Saad Binti an-Naqib Kisah Penetapan Hukum Waris. Republika Dialog 1.
Langgulung, H. (2003). Asas-asas Pendidikan Islam. Jakarta: Pustaka Al Husna.
Magdalena, R. (2017). Kedudukan Perempuan dalam Perjalanan Sejarah (Studi tentang Kedudukan Perempuan dalam Masyarakat).” Harkat an-Nisa: Jurnal Studi Gender dan Anak II, no. ISSN: 2528-6953 e-ISSN: 2528-6951
Soenarjo, A., dkk. (Tanpa Tahun). Muqodimah Sejarah Al-Qur’an. Jakarta: Kementrian Agama.
Suryadi, RA. (2018). Ilmu Pendidikan Islam. Ed. 1, Cet. Yogyakarta: Deepublish.
Syamir, T (2014). Organisasai & Manajemen (Perilaku, Struktur, Budaya & Perubahan Organisasi). Bandung: Alfabeta
Tafsir, A. (2004). Cakrawala Pemikiran Pendidikan Islam. Bandung: Mimbar.
Thamhmaz, A.H. (2001). Sayydah ‘Aisyah Ibu dan Pemimpin Wanita Muslimah. Jakarta: Pustaka Arafah,
Zubaedi, Z., Utomo, P., Zubaidah, Z., Kholidin, F. I., & Rahmawati, N. R. (2020). Nilai Kerja dalam Teks Mawlid Syarf Al-Anam dan Implikasinya Terhadap Bimbingan Pribadi-Sosial Melalui Kesenian Islam Syarofal Anam: Kajian Hermeneutika Gadamerian. At-Ta'lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 19(2), 428-444. http://dx.doi:10.29300/atmipi.v19.i2.4002
Zubaedi, Z., Alfauzan, A,, Asiyah, A., Suhirman, S., Alimni, A., Amaliyah, A., & Kurniawan, D.A. (2021). Learning style and motivation: gifted young students in meaningful learning. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 9(1), 57-66.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/hawapsga.v3i2.4744
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Hawa : Studi Pengarus Utamaan Gender dan Anak
LICENSE TERMS:

Jurnal Hawa: Studi Pengarus Utamaan Gender dan Anak. This is published by UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu and distributed with the permission below Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Journal Publishing Office Location:
Pusat publikasi Ilmiah UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu, LPP2M Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Address: Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211, Bengkulu, Sumatra Indonesia. Email: hawa@mail.uinfasbengkulu.ac.id


