Penerapan Seni Tari Tradisional (Jepen/Zapin) untuk Menumbuhkan Profil Pancasila pada Anak melalui Kearifan Lokal di TK Muslimat NU

Maulida Maulida, Caca Adi Kusuma Kusuma, Dewi Sinta

Abstract


Abstract: The aim of this research is to foster a sense of love for Natuna Malay culture, namely traditional dance (jepen or zapin), especially to foster local wisdom in the Pancasila profile for young children at the NU Muslimat Kindergarten. The research method applied is descriptive qualitative which aims to describe the application of traditional dance arts (jepen or zapin) in the NU Muslimat Kindergarten using observation, interview and documentation techniques. The results obtained in this research were that within two months the children were able to memorize the dance and also fulfilled the Pancasila profile values. The research on the Natuna Malay Jepen or Zapin dance was declared successful, where the Jepen or Zapin dance was able to be performed at the graduation ceremony for Muslimat Kindergarten students by fulfilling the principles of Pancasila Students. The contribution of this research is that it is useful for students and teachers who adhere to the principles of the Pancasila student profile so that in the learning process they continue to apply the principles of faith, piety, noble character, global diversity, independence, critical reasoning, creativity and mutual cooperation and apply that In the learning process, knowledge is needed that is based on practice, not just theory.

Abstrak: Tujuan penelitian ini yaitu menumbuhkan rasa cinta budaya melayu Natuna yaitu tarian tradisional (jepen atau zapin) terutama untuk menumbuhkan kearifan lokal pada profil pancasila bagi anak usia dini di TK Muslimat NU. Metode penelitian yang diterapkan adalah kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai penerapan seni tari tradisional (jepen/zapin) di TK Muslimat NU dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini ialah dalam waktu dua bulan anak-anak sudah mampu menghapal tarian dan juga memenuhi nilai-nilai profil pancasila. Penelitian Tarian jepen atau zapin khas melayu natuna ini dinyatakan berhasil dimana tarian jepen atau zapin ini sudah bisa ditampilkan pada acara pelepasan siswa-siswi TK Muslimat dengan memenuhi prinsip Pelajar Pancasila. Adapun kontribusi dalam penelitian ini ialah berguna bagi para pelajar dan guru yang berpegang pada prinsip profil pelajar pancasila agar dalam proses belajar tetap menerapkan prinsip pada prinsip beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, berkhebinekaan global, mandiri, bernalar kritis, keratif dan gotong royong dan menerapkan bahwa dalam proses belajar perlu ilmu yanng berdasarkan praktek tidak hanya teori saja.


Keywords


Seni Tari Tradisional; Profil Pancasila; Anak; Kearifan Lokal

Full Text:

PDF

References


Apriliya, A. (2020). “Pengembangan Pembelajaran Seni Tari Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini,” (naskah publikasi, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Dewi, J. K. (2020). Gerak Dasar Tari Untuk Anak Usia Dini. Zuriah : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 115. https://doi.org/10.29240/zuriah.v1i2.2017

Diem, A. (2012). Kearifan Lokal Dalam Arsitektur Tradisional Palembang. Wisdom Of The Lacality, Vol 6 No 1, 299-305.

Dkk, P. (2022). Pengaruh Seni Tari Tradisional Terhadap Pendidikan Karakter Cinta Tanah Air Usia 5-6. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 40-49.

Pratiwi, E. Y. R., Asmarani, R., Widiyati, E., Nuruddin, M., & Susilo, C. Z. (2020). Pelatihan Tari Kreasi Sebagai Peningkatan Kompetensi Guru Mi/Paud/Ra Raden Fatah. ABIDUMASY Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 41-49. https://doi.org/10.33752/abidumasy.v1i2.991

Fiantika, M. W. (2022). Metodologipenelitiankualitatif (Vols. 978-623-99749-1-6). (M. Yuliatri Novita, Ed.) Padang Sumatera Barat: Pt. Global Eksekutif Teknologi.

Kadafi, A. ,. (2023). Mengembangkan Profil Pelajar Pancasila Anak Usia Dini Melalui Permainan Bermuatan Ajaran Samin. Jurnal Obsesi Pendidikan Anak Usia Dini, Volume 1 No 2.

Meriyati, K., & Wijaya, C., Pratiwi, D. D., & Apriyanti, E. (2021). Kegiatan Menganyam dengan Bahan Alam untuk Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak,”Jurnal Obsesi, 5)

Mini, T. D. (2015). Tari Zapin. Volume 2 No 3 November.

Mulyani, N. (2016). Pendidikan Seni Tari Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media,),49

Permanasari A. T, L. (2018). Penerapan Pembelajaran Tari Untuk Anak Usia Dini Dalam Mengembangkan Kreativitas Mahasiswa Jurusan Pendidikan Sendratasik Untirta. Pendidikan Dan Kajian Seni, 135-148.

Pradipta, G. D., & Sakoco, P. 2013.”Model Senam Si Buyung Untuk Pembelajaran Motorik Kasar Pada Siswa Taman Kanak-Kanak”, Jurnal Keolahragaan, Volume 1 –Nomor 2,134.

Sulistyati, D. M. (2021). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. (P. K. Perbukuan, Ed.) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi.

Susi, R. A. (2023). Peran Guru Penggerak Dalam Penguatan Profil Belajar Pancasila (Kajian Study Literatur). Journal On Education, 06, No. 01, September-Desember, 312.

Urbaningrum, A., dkk. (2018). Meningkatkan Motorik Kasar Melalui Tari Kreasi Pada Anak Kelompok B” Wahana Sekolah Dasar” (Kajian Teori dan Praktik Pendidikan) Tahun 26, Nomor 1.

Wahyudi, A. D. (2022). Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Tari Topeng Cirebon. Seminar Nasional Bahasa Sastra, Seni, Dan Pendidikan Dasar, (Pp. 170-180).

Yuliana, T., dkk, (2020). Strategi Pengembangan Kemampuan Motorik Kasar”, SELING: Jurnal Program Studi PGRAVol 6, No 2




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/hawapsga.v6i1.4190

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Hawa : Studi Pengarus Utamaan Gender dan Anak



Jurnal Hawa: Studi Pengarus Utamaan Gender dan Anak is Indexed by:

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Disclaimer: Jurnal Hawa : Studi Pengarus Utamaan Gender dan Anak articles published by UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu have been previewed and authenticated by the Authors before publication. The Journal, Editor and the editorial board are not entitled or liable to either justify or responsible for inaccurate and misleading data if any. It is the sole responsibility of the Author concerned. Read our Plagiarism Policy and use of this site signifies your agreement to the Terms of Use.

Journal Publishing Office Location:

Pusat publikasi Ilmiah UIN Fatmawati Sukarno BengkuluLPP2M Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu

Address: Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211, Bengkulu, Sumatra Indonesia. Email: hawa@mail.uinfasbengkulu.ac.id