Analisis Indikator Kecerdasan Linguistik Anak dalam Kegiatan Bermain dengan Teman Sebaya

Dea Putri Jelita, Zyhan Rsty Andini, Nur Izzah Qistina, Rhea Aquila Fawaz, Masganti Sit

Abstract


Abstract: This study aims to analyze or examine in detail the indicators of linguistic intelligence through playing activities with peers. Qualitative research method is the research method chosen, with data collection techniques through observation and documentation. The analysis technique used is descriptive qualitative. This research was conducted in Hamlet 8, Paya Bakung Village, with research subjects namely children aged 6-7 years in Hamlet 8, Paya Bakung Village. The results of this research show that the indicators of language or linguistic intelligence shown by children through playing activities with peers, such as liking to tell stories and discussing, being able to recognize initials, being able to understand and master new vocabulary and expressing themselves verbally, children have shown indicators- indicator. The contribution of this research is that the research results are expected to support the development of children's linguistic or language intelligence through various methods that can be used and one of them is free play activities with peers and understanding the indicators of this intelligence.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis atau mengkaji secara rinci indikator kecerdasan linguistik melalui kegiatan bermain dengan teman sebaya. Metode penelitian kualitatif merupakan metode penelitian yang dipilih, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Dusun 8, Desa Paya Bakung, dengan subjek penelitian yaitu anak usia 6-7 tahun di Dusun 8, Desa Paya Bakung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa indikator kecerdasan bahasa atau linguistik yang ditunjukkan anak melalui kegiatan bermain dengan teman sebaya, seperti senang bercerita dan berdiskusi, mampu mengenal huruf awal, mampu memahami dan menguasai kosakata baru serta mengekspresikan diri secara lisan, anak sudah menunjukkan indikator - indikator tersebut. Kontribusi dari penelitian ini adalah hasil penelitian diharapkan dapat mendukung pengembangan kecerdasan linguistik atau bahasa anak melalui berbagai metode yang dapat digunakan dan salah satunya adalah kegiatan bermain bebas dengan teman sebaya dan memahami indikator dari kecerdasan tersebut.


Full Text:

PDF

References


Agustin, M. (2018). Mengenali Dan Mengembangkan Potensi Kecerdasan Jamak Anak Sejak Dini Sebagai Tonggak Awal Melahirkan Generasi Emas.” Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4 (2). https://doi.org/10.17509/cd.v4i2.10390.

Lestariningrum, A., Lailiyah, N., Ridwan, Rr. Forijati, dkk (2021). Inovasi Pembelajaran Anak Usia Dini” Maret 2021, Bayfa Cendekia Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=n98mEAAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=ANALISIS+INDIKATOR+KECERDASAN+LINGUISTIK+DALAM+KEGIATAN+BERMAIN+DENGAN+TEMAN+SEBAYA&hl=id&newbks=1&newbks_redir=1&sa=X&ved=2ahUKEwjPiYTe0-aGAxVQxzgGHfm4AQ8Q6AF6BAgEEAI

Ardiana, R. (2022). Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk Dalam Pendidikan Anak Usia Dini.” Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3 (1): 1–12. https://doi.org/10.37985/murhum.v3i1.65.

Arsyad, L. (2017). “Perkembangan Kecerdasan Linguistik Dan Interpersonal Anak Usia Dini Melalui Bermain Peran.” PARAMETER: Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Jakarta 29 (1): 20–29. https://doi.org/10.21009/parameter.291.03.

Beverly O. (2015). Perkembangan Bahasa pada Anak Usia Dini, (Jakarta: Prenada Media Group

Sukenti, D. (2017). Hubungan Kecerdasan Linguistik Dengan Kemampuan Berbahasa Peserta Didik Kelas X Di Sma Negeri 15 Kota Pekanbaru. Jurnal GERAM (Gerakan Aktif Menulis) P-ISSN 2338-0446Volume 5, Nomor 1, Juni 2017

Dewi, R, Wahyuningsih, S., Nurjanah, N. E. (2019). Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Kecerdasan Linguistik Anak Usia 4-5 Tahun.” Kumara Cendekia 7 (4): 352. https://doi.org/10.20961/kc.v7i4.32092.

Fitriyah, L. (2021). Pengembangan Kecerdasan Verbal Linguistik Melalui Buku Cerita Bergambar (Studi Kasus Di Ra Al Istianah Desa Srikaton Kecamatan Kayen Kabupaten Pati) Tahun Pelajaran 2020/2021,” 8–37. http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6120.

Flanel, C, D. I. Tk, & Amin, A. L. (2021). “Peningkatan Kecerdasan Linguistik Pada Anak Usia Dini Melalui.” 02(02):47–51. Margono. 2010.

Rahmawati, K. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kecerdasan Linguistik.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1–10.

Madyawati, L. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak, (Jakarta : Prenadamedia Group, 2016)

Madyawati, L. E. (2016). Media Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Prenadamedia Group.

Samsu, (2017). Metode penelitian: Teori dan aplikasi penelitian kualitatif, kuantitatif,mixed methods, serta research & development. Pusat Studi Agama danKemasyarakatan (PUSAKA).

Sidabutar, D. M., Khadijah, K., & Sitorus, R. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pop Up Book Terhadap Kecerdasan Linguistik Anak Usia 5-6 Tahun Di Ra Nurhayati Kecamatan Medan Tembung. Jurnal Raudhah, 7(2), 49–63. https://doi.org/10.30829/raudhah.v7i2.500

Sit, M. (2021). Kecerdasan Majemuk.

Sofyan, F. A. (2019). Implementasi Hots Pada Kurikulum 2013. Inventa, 3(1), 3. https://doi.org/10.36456/inventa.3.1.a1803 Sugihartono. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta Syamsu Yusuf L. N. (2007). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja.. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Tanfidiyah, N, and Utama, F. (2019). “Mengembangkan Kecerdasan Linguistik Anak Usia Dini Melalui Metode Cerita” 4 (September): 9–18.

Ulwiyah, I. (2019). Pengaruh story-reading (buku bilingual) terhadap perkembangan kecerdasan linguistik anak usia dini.” Journal of Elemantary School (JOES) 53 (1): 1689–99.

Utomo, P., & Alvionita, T. L. (2023). The Effect of Emotional Intelligence on the Quality of Social Media use among Adolescent. INSPIRATIF: Journal of Educational Psychology, 2(1), 6–10. Diambil dari https://jurnal.yoii.ac.id/index.php/inspiratif/article/view/59

Utomo, P., & Pahlevi, R. (2022). Peran Teman Sebaya sebagai Moderator Pembentukan Karakter Anak: Systematic Literature Review. INSPIRATIF: Journal of Educational Psychology, 1(1), 1-8. http://jurnal.yoii.ac.id/index.php/inspiratif/article/view/35

Zulfitria, Z, and Fadhila, N. (2021). Meningkatkan Kecerdasan Linguistik Melalui Metode Mendongeng.” Instruksional 3(1):77. doi: 10.24853/instruksional.3.1.77-86.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/hawapsga.v6i1.4137

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Hawa : Studi Pengarus Utamaan Gender dan Anak



Jurnal Hawa: Studi Pengarus Utamaan Gender dan Anak is Indexed by:

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Disclaimer: Jurnal Hawa : Studi Pengarus Utamaan Gender dan Anak articles published by UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu have been previewed and authenticated by the Authors before publication. The Journal, Editor and the editorial board are not entitled or liable to either justify or responsible for inaccurate and misleading data if any. It is the sole responsibility of the Author concerned. Read our Plagiarism Policy and use of this site signifies your agreement to the Terms of Use.

Journal Publishing Office Location:

Pusat publikasi Ilmiah UIN Fatmawati Sukarno BengkuluLPP2M Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu

Address: Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211, Bengkulu, Sumatra Indonesia. Email: hawa@mail.uinfasbengkulu.ac.id