Citra Perempuan Muslim di Instagram dalam Pemilihan Postingan Foto pada Mahasiswa Baru Prodi Sosiologi Agama 2022
Abstract
Abstract: The research aims to find out how the image of Muslim women in new students of the Sociology of Religion study program at Sayyid Ali Rahmatullah University Tulungagung in choosing Instagram photos. Instagram is an application that can post a photo of its users to be exhibited into the public domain. The research in this journal uses qualitative research methods with data collection of interviews, observation, and documentation. Not only that, this research uses two data sources, namely primary and secondary data sources. The focal point of this research is new students of the Sociology of Religion study program who use Instagram to express an image through photo posting, so that it can be judged by the views of others. This research uses the concept of George Herbert Mead with the Theory of "I' and "Me" so that this research can explain that the New Student of the Sociology of Religion 2022 study program when on Instagram becomes himself or becomes someone else's
self.
Abstrak: Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana citra perempuan muslim pada mahasiswa baru prodi Sosiologi Agama di Universitas Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dalam pemilihan foto Instagram. Instagram merupakan suatu aplikasi yang dapat memposting suatu foto penggunanya untuk dipamerkan kedalam ranah publik. Penelitian dalam jurnal ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tidak hanya itu, penelitian ini menggunakan dua sumber data yaitu sumber data primer dan sekunder. Titik fokus pada penelitian ini adalah mahasiswa baru prodi Sosiologi Agama yang menggunakan Instagram dalam mengekspresikan suatu citranya melalui pemostingan foto, sehingga dapat ternilaikan oleh pandangan orang lain. Penelitian ini menggunakan konsep dari George Herbert Mead dengan Teori “I’ and “Me” sehingga penelitian ini dapat menjelaskan bahwa Mahasiswa Baru prodi Sosiologi Agama 2022 ketika berada dalam Instagram tersebut menjadi dirinya sendiri atau menjadi diri orang lain.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Af'idah, N. S. (2021). Citra Perempuan Muslimah Dalam Iklan Shampo Sunslik Hijab Perfume Selection Versi Laudya Cynthia Bella (2020)(Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce) (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).
Amelia, T. R. (2014). Citra Perempuan dalam Konstruksi Foto Jurnalistik Harian Tribun Timur Makassar (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).
Agusta, I. (2003). Teknik pengumpulan dan analisis data kualitatif. Pusat Penelitian Sosial Ekonomi. Litbang Pertanian, Bogor, 27(10).
Dasim, S. M. (2012). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Sains Di Sekolah Dasar: Studi Tentang Kompetensi Guru di SDN Sukagalih 1 dan 6 Kota Bandung (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Derung, T. N. (2017). Interaksionisme Simbolik Dalam Kehidupan Bermasyarakat. SAPA-Jurnal Kateketik Dan Pastoral, 2(1), 118-131.
Dewati, C. (2015). Analisis Konsep George Herbert Mead dalam Fenomena Perilaku Menyimpang di Kalangan Pelajar SMA Negeri 8 Surakarta. SOSIALITAS; Jurnal Ilmiah Pend. Sos Ant, 5(2).
Hukama, A. F. (2017). Persepsi Masyarakat Pedesaan Terhadap Pendidikan Tinggi (Studi Analisis Teori George Herbert Mead). J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial), 4(1), 1-13.
Kasmiati, E., & Rumadi, H. (2010). Citra Perempuan dalam Novel Habibie dan Ainun Karya Bacharuddin Jusuf Habibie. Skripsi. Universitas Riau, Riau.
Maisya, S. R., & Putri, K. Y. S. (2021). Konstruksi Makna Postingan Instagram@ Najwa Shihab Dalam Membangun Citra Diri (Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure). AL MUNIR: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 12(01), 75-87.
Mead, G. H. (2022). Mind, Self, and Society, Pikiran, Diri, dan Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Musyafaah, N. L. (2022). Representasi citra perempuan muslimah dalam film tilik (doctoral dissertation, uin sunan kalijaga yogyakarta).
Muzakki, M. H. (2010). Prilaku Seks Bebas Remaja Di Kabupaten Ponorogo Persepketif Interaksionalisme Simbolik George Herbert Mead. Kodifikasia, 4(1), 1-23.
Neila Shofiatul Af’idah, 2021.”Citra Perempuan Muslimah Dalam Iklan Shampo Sunslik Hijab Perfume Selection Versi Laudya Cynthia Bella (2020)”.
Raco, J. R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Krakteristik dan Keunggulannya. Jakarta: Grasindo.
Restanthi, C. D. A. (2019). Citra Perempuan “Ideal” Selebriti dalam Akun Instagram Prilly Latuconsina (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS AIRLANGGA).
Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif: jurnal alhadrahah. UIN Antasari Banjarmasin, 17(33).
Sari, A. K., Zailani, Z., & Usman, U. (2021). Penyakit ‘Ain dari Perspektif Hadits dan Relevansinya dengan Media Sosial (Kajian Hadits Tematik). Jurnal An-Nur, 10(2), 68-77.
Siregar, N. S. S. (2012). Kajian Tentang Interaksionisme Simbolik. Perspektif, 1(2), 100-110.
Wibowo, A. (2019). Penggunaan media sosial sebagai trend media dakwah pendidikan islam di era digital. Jurnal Islam Nusantara, 3(2), 339-356.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/hawapsga.v6i1.4071
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Hawa : Studi Pengarus Utamaan Gender dan Anak
Jurnal Hawa: Studi Pengarus Utamaan Gender dan Anak is Indexed by:




Disclaimer: Jurnal Hawa : Studi Pengarus Utamaan Gender dan Anak articles published by UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu have been previewed and authenticated by the Authors before publication. The Journal, Editor and the editorial board are not entitled or liable to either justify or responsible for inaccurate and misleading data if any. It is the sole responsibility of the Author concerned. Read our Plagiarism Policy and use of this site signifies your agreement to the Terms of Use.
Journal Publishing Office Location:
Pusat publikasi Ilmiah UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu, LPP2M Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Address: Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211, Bengkulu, Sumatra Indonesia. Email: hawa@mail.uinfasbengkulu.ac.id