Pemanfaatan Aplikasi Untuk Bisnis Online Bagi Kaum Perempuan di Desa Cemaga Tengah Kecamatan Bunguran Selatan Kab. Natuna

Sapariah Sapariah, Sri Wahyuni, Nanik Rahmawati

Abstract


Abstract: This study aims to find out the reasons why women in Cemaga Tengah Village choose to do business online. The method used in this research is a qualitative method with a descriptive method approach. The data sources used are data sources in the form of observations, interviews and documentation. The data obtained through the results of semi-structured interviews. In this study to determine informants using purposive sampling technique or first determine the criteria of informants. The theory used in this research is Structural Theory from Anthony Giddens which talks about Agents and Structures where the agent is an actor or a woman who makes a change by utilizing structures or resources that exist inside and outside of an agent, namely through social business practices. on line. Based on the results of the analysis, the researchers found that the reasons for women doing business online were because of socioeconomic conditions, increasing relationships, and flexible work. Technology has many positive impacts on women. Technology is a resource for women to make changes in society. Online business has an impact on increasing socioeconomic conditions, social status, and also relationships. In addition to the positive impacts, there are also negative impacts, namely losses.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan alasan kaum perempuan di Desa Cemaga Tengah memilih untuk berbisnis online. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang didapatkan melalui hasil wawancara semi terstruktur. Dalam penelitian ini untuk menentukan informan menggunakan Teknik puposive sampling atau terlebih dahulu menentukan kriteria informan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Strukturasi dari Anthony Giddens yang berbicara tentang Agen dan Struktur dimana agen ini seorang pelaku atau kaum perempuan yang melakukan suatu perubahan dengan memanfaatkan sumberdaya yang ada di dalam dan di luar diri seorang agen yaitu melalui praktik sosial bisnis online. Berdasarkan hasil analisis, peneliti menemukan bahwasanya melalui pemanfaatan aplikasi jual beli online mampu menjadikan kaum perempuan untuk berinovasi dan membuka pikiran mereka untuk menciptakan lapangan pekerjaan dan memperoleh penghasilan melalui bisnis online. Adapun Alasan kaum perempuan berbisnis online yaitu menambah penghasilan keluarga yang semula kurang menjadi tercukupi ,pekerjaan fleksibel dan memperluas relasi, Bisnis online berdampak pada peningkatan sosial ekonomi, status sosial, dan juga relasi namun, juga memiliki dampak negatif yaitu kerugian.


Keywords


Online Business; Women; Structuration

Full Text:

PDF

References


Algooth Putranto. (2020). Anomali Teori Strukturasi Pada Media. El-Wasathiya Jurnal Studi Agama, Volume 8 Nomor 1, Juni 2020, 114-130.

Bernard Raho, S. (2014). Sosiologi. Yogyakarta: Ledalero.

Syahrial, S, M. D. (2012). Konsep Dasar Sosiologi & Antropologi. (T. Morris, Ed.) Jakarta: Hartomo Media Pustaka.

Fakih, M. (2013). Analisis Gender Dan Transformasi Sosial (Edisi 13 Ed.). (T. Raharjo, Ed.) Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Furseth, I. (2022). Modern Sosiologi Masyarakat Dan Agama (Edisi Kedua Ed.). (Francis. Group, Ed., & M. M. Sulaiman, Trans.) New York: Routledge.

Jones, P. (2010). Pengantar Teori-Teori Sosial (Cetakan Kedua Juli Ed.). Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Di Indonesia.

Nadia Widyaputri, E. A. (2022). Analisis Pemanfaatan Aplikasi Instagram Dalam Pemasaran Bisnis Online Shop Di Kota Manado. Jurnal Ilmiah Society, Volume 2 No 2 Tahun 2022, 1-9.

Nurlian, R. H. (2020). Motivasi Perempuan Desa Dalam Berwirausaha. Community, Volume 6, Nomor 2, 156-171.

Prof. Dr. Thomas Santoso, M. (2020). Memahami Modal Sosial. Surabaya.

Primadata, A. P., & Kusumawati, D. K. (2018). Modernisasi Pendidikan Di Indonesia Sebuah Perspektif Sosiologis Terhadap Dunia Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Analisa Sosiologi, 3(1), 25–51. Https://Doi.Org/10.20961/Jas.V3i1.17446.

Rantung, F. M. (2022). Peranan Perempuan Dalam Penjualan Kosmetik Online Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Pakuure Satu Kecamatan Tenga Kabupaten Minahasa Selatan. Jurnal Ilmiah Society, Volume 2 No 2 Tahun 2002, 1-11.

Rehatalanit, Y. L.(2021).Peran E-Commerce Dalam Pengembangan Bisnis. Jurnal Teknologi industri,5,62-69. Https://Journal.Universitassuryadarma.Ac.Id/Index.Php/Jti/Article/View/764.

Rokhmah, B. E. (2020). Tantangan, Kendala, Dan Kesiapan Pemasaran Online Umkm Di Desa Nglebak, Kecamatan Tawanmangu, Kabupaten Sukoharjo. Filantropi: Jurnal Manajemen Zakat Dan Wakaf, Volume 1 No 1 Tahun 2020, 20-29.

Sugiyono, P. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alpabeta.

Situmerang, R. R. (2018). Dampak Bisnis Online Dan Lapangan Pekerjaan Terhadap Peningkatan Pendapatan Masyarakat. Jurnal Ajie, Volume 03. Issue 03, 322-323.

Sukmi, S. n. (2018). narasi kuasa perempuan pekerja bisnis online. jurnal sosiologi pendidikan humanis, volume 3 nomor 1 juli.

Vernita, D. M. (2018). optimalisasi media sosial sebagai sarana promosi bisnis online bagi ibu rumah tangga untuk meningkatkan perekonomian keluarga. jurnal ilmiah pendidikan dan ekonomi, Volume 1. no 2 , 116-117.

Yuridistya Primadhita, A. P. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Perempuan Berwirausaha Online. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, Vol. 21 No 2 Agustus, 83-85.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/hawapsga.v5i1.4070

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Hawa : Studi Pengarus Utamaan Gender dan Anak



Jurnal Hawa: Studi Pengarus Utamaan Gender dan Anak is Indexed by:

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Disclaimer: Jurnal Hawa : Studi Pengarus Utamaan Gender dan Anak articles published by UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu have been previewed and authenticated by the Authors before publication. The Journal, Editor and the editorial board are not entitled or liable to either justify or responsible for inaccurate and misleading data if any. It is the sole responsibility of the Author concerned. Read our Plagiarism Policy and use of this site signifies your agreement to the Terms of Use.

Journal Publishing Office Location:

Pusat publikasi Ilmiah UIN Fatmawati Sukarno BengkuluLPP2M Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu

Address: Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211, Bengkulu, Sumatra Indonesia. Email: hawa@mail.uinfasbengkulu.ac.id