Penafsiran Shalat Terbaik bagi Perempuan, di Masjid/Mushalah atau Rumah; Ijtihad Kejumudan, dan Inovasi

Yulianti Muthmainnah

Abstract


Abstrak

Tulisan ini meneliti penafsiran hadist shalat terbaik bagi perempuan di rumah atau di masjid  dengan menggunakan kajian ijtihad, inovasi, dan kejumudan pada abad 21. Diawali dengan meneliti definisi ijtihad dari pendapat para ulama terdahulu dan mengontekskannya pada situasi saat ini serta inovasi-inovasi seperti tersedianya mushalah pada tempat umum. Pada saat yang sama, ijtihad dan inovasi tersebut disandingkan dengan kejumudan tafsir shalat terbaik bagi perempuan di rumah. Temuannya, masjid bertambah banyak, rata-rata ada 3–15 masjid/mushalah dalam radius setiap 2 km di lingkungan antara Sawangan–Depok dan Pamulang–Tangerang Selatan. Tempat publik seperti mall, telah menempatkan masjid/mushalah tidak lagi di parkir atau basement bawah. Walaupun masjid atau mushalah telah banyak dibangun di sekitar tempat tinggal, perempuan tetap tidak shalat di masjid/mushalah, alasannya tempat terbaik shalat bagi perempuan di rumah dari ceramah ustadz. Tetapi, perempuan yang datang ke mall melaksanakan shalat di muslahah mall dan bukan di rumahnya. Dilain pihak, hadist shalat di masjid bagi perempuan ternyata jauh lebih banyak dan shahih. Untuk itu, perlu ijtihad baru agar tidak ada kejumudan dalam menafsirkan shalat terbaik bagi perempuan di rumah sehingga masjid/mushalah menjadi kosong jamaah perempuan dan mall menjadi ramai pengunjung perempuan.

 

 

Abstract

This research narrates the definition of ijtihad, innovation, and stagnation by using interpretations the best of prayer at home or at mosque for women as material for testing ijtihad, innovation, and stagnation in the 21st century. It begins by examining the definition of ijtihad from the opinions of previous scholars and contextualizing it in the current situation and innovations that occur, such as building prayer rooms in public facilities. But unfortunately, this innovation is coupled with the emergence of the best prayer interpretation for women at home. The findings are that mosques with at least an average of 3-15 mosques/mushalah within a radius of every 2 km in the community. Likewise, public places such as malls now place mosques/prayer rooms no longer in the parking lot or lower basement. However, even though many mosques or prayer rooms have been built around where they live, women still do not go to the mosque/mushalah, because they tought the best place to pray for women is at home by following ustadz lecturer. However, women who come to the mall pray in the mall prayer room and not at home. In fact, more hadiths about praying in mosques for women than at home with shahih/accurate hadist. So a new ijtihad is needed so that there are no delays and in interpreting the best prayer for women is at home so that mosques/mushalah become empty of female worshipers and malls become crowded with female visitors.

 


Keywords


ijtihad, innovation, stagnation, interpretations of prayer at home for women

Full Text:

PDF

References


An-Na’im, A. A. (1994). Dekonstruksi Syari’ah. Terj. Ahmad Suaedy dan Amiruddin Arrani Yogyakarta: LkiS. Hlm.54.

Dewi, K. K. (2012). Fasilitas Mushalah pada Pusat Perbelanajaan. Skripsi Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Hal. 73. Diakses 15 November 2023.. https://lib.ui.ac.id/file?file=digital/20308857-S42804-Kania%20Kusuma%20Dewi.pdf

Kamali, M. H. (1996). Prinsip dan Teori-teori Hukum Islam (Usul al-Fiqh). Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Hlm. 102.

Khalla, A. W. (1994). Ilmu Ushul Fiqh. Terj. Moh. Zuhri dan Ahmad Qorib. Semarang: Dina Utama.

Kurniawan, E. 2011. Konsep dan Metode Ijtihad Imam Al-Syaukani. Skripsi pada UIN Sultan Syarif Kasim Riau.

Muzakkir, M. R. (2017). Masalah Shalat Ke Masjid Bagi Perempuan, dalam Problematika Fikih Perempuan. Yogyakarta: Suara Muhammadiyah. Cet ke-2. Hal. 37-95.

Rokhmadi. (2012). Rekonstruksi Ijtihād dalam Ilmu Uṣūl Al-Fiqh. Jurnal al-Ahkam. 22 (2). Diakses 15 November 2023 https://journal.walisongo.ac.id/index.php/ahkam/article/download/9/79

Shihab, M. Q. (1997). Ensiklopedia Al-Qur’an. Jakarta: PT. Intermasa, hlm. 259.

Siregar, A. H. (2014). Jurnal Wahana Inovasi. 3 (1). Hlm 71. Diakses 28 November 2023. https://penelitian.uisu.ac.id/wp-content/uploads/2017/05/Abdul-Hakim-wahana-inovasi.pdf,

Syarifuddin, A. (2001). Ushul Fiqh 2. Jakarta: Logos Cahaya Ilmu. Cet-2. Hlm. 219–245.

Website, youtube

Ayojalanterus.com. (2018). Wagub Sandi HeranKenapa Musholah Adanya. Diakses 15 November 2023. https://www.ayojalanterus.com/2018/03/wagub-sandi-heran-kenapa-mushola-adanya.html#google_vignette

Fatwa Tarjih. (2022). Shalat bagi Wanita Lebih Utama di Rumah atau di Masjid?. Diakses 27 November 2023.https://fatwatarjih.or.id/shalat-bagi-wanita-lebih-utama-di-rumah-atau-di-masjid/

Kamus Besar Bahasa Indonesia. Online. https://kbbi.web.id/ijtihad

Kamus Besar Bahasa Indonesia. Online. https://kbbi.web.id/inovasi

Kamus Besar Bahasa Indonesia. Online. https://kbbi.web.id/jumud

Quora.com. (tt) Apakah Benar Bahwa Sebagian Hotel Mall di Jakarta Itu Mushollanya Terletak di Basement atau Tempat Parkir. Diakses 15 November 2023.12 https://id.quora.com/Apakah-benar-bahwa-sebagian-hotel-mall-di-Jakarta-itu-mushollanya-terletak-di-basement-atau-tempat-parkir

Rumaysho, dengan judul “Shalat Wanita di Masjid Ternyata Kalah Utama dengan Shalat Wanita di Rumahnya” diakses 22 November 2023. link https://rumaysho.com/15669-shalat-wanita-di-masjid-ternyata-kalah-utama-dengan-shalat-wanita-di-rumahnya.html

Sangpencerah.id. (2015). Ustadz Muhammad Rofiq Muzakkir – 18 Dalil Perempuan Lebih Utama Sholat di Masjid. Diakses 27 November 2023. https://sangpencerah.id/2015/07/18-dalil-perempuan-lebih-utama-sholat-di-masjid/

Youtube Detik.com. (2022). "Sholat Berjamaah: The Power of We". Detik 00.35 - 3.40. Dalam link artikel detikhikmah, "Manakah yang Lebih Baik bagi Perempuan, Sholat di Rumah atau Masjid?" Diakses 22 November 2023. selengkapnya https://www.detik.com/hikmah/muslimah/d-6333653/manakah-yang-lebih-baik-bagi-perempuan-sholat-di-rumah-atau-masjid

Youtube Jakarta Mengaji. (2020). Keutamaan Shalat di Rumah bagi Wanita – Ustadz Dr. Firanda Andirja, MA. det:00:00-2:36. Diakses 22 November 2023. Dan silahkan dengarkan pada detik 01:48-02:28. https://www.youtube.com/watch?v=YttroT16_7Y

Youtube Kang Ropingi. (2022). Perempuan Dilarang Sholat di Masjid, Benarkah?. Dr. Arrazy Hasyim. Kupas Tuntas Hadits Perempuan. Diakses 22 November 2023.https://www.youtube.com/watch?v=NZANVgVotuw det: 00:12-05.27.

Youtube Tanya Ustadz Abdul Somad. Wanita Shalat di Rumah atau Masjid?. – Ustadz Abdul Somad, Lc, MA. (2017). Diakses 22 November 2023. https://www.youtube.com/watch?v=22dWAYzAC4c det: 0:01-3:04.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/hawapsga.v6i1.3616

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 HAWA



Jurnal Hawa: Studi Pengarus Utamaan Gender dan Anak is Indexed by:

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Disclaimer: Jurnal Hawa : Studi Pengarus Utamaan Gender dan Anak articles published by UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu have been previewed and authenticated by the Authors before publication. The Journal, Editor and the editorial board are not entitled or liable to either justify or responsible for inaccurate and misleading data if any. It is the sole responsibility of the Author concerned. Read our Plagiarism Policy and use of this site signifies your agreement to the Terms of Use.

Journal Publishing Office Location:

Pusat publikasi Ilmiah UIN Fatmawati Sukarno BengkuluLPP2M Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu

Address: Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211, Bengkulu, Sumatra Indonesia. Email: hawa@mail.uinfasbengkulu.ac.id