MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA MATERI BILANGAN BERPANGKAT DAN BENTUK AKAR MELALUI VIDEO PEMBELAJARAN YOUTUBE DI MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode pembelajaran dengan media pembelajaran video youtube pada mata pelajaran Matematika Materi Bilangan Berpangkat dapat meningkatkan pemahan konsep dalam kegiatan pembelajaran Matematika di Kelas IX.A SMPN 25 Bengkulu Utara. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan pelaksanaan tindakan. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi keaktifan siswa untuk mengetahui keaktifan siswa dalam pembelajaran Matematika. Analisis data deskriptif kualitatif dengan mereduksi data, mendeskripsikan data, dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian ini diketahui bahwa setelah diterapkan metode pembelajaran dengan Media Pembelajaran Video youtube berbantuan Whatsapp Grup, keaktifan siswa dalam pembelajaran Matematika mengalami peningkatan. Keaktifan siswa dari kondisi awal dengan keaktifan siswa pada siklus I mengalami peningkatan, dari rata-rata keaktifan siswa pada kondisi awal 47% menjadi 56%. Sedangkan pada pertemuan 2 di siklus II meningkat menjadi 69% dengan kategori siswa aktif dalam pembelajaran. Meski pada siklus II sudah memenuhi target, peneliti mencoba melanjutkan penelitiannya pada siklus III untuk memastikan keaktifan siswa tetap atau bahkan menurun dan hasilnya pada siklus III keaktifan siswa tetap meningkat sebanyak 6% menjadi 75% dengan kategori siswa aktif dalam pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Hamid, Mustofa Abi,dkk . 2020. Media Pembelajaran. Medan : Yayasan kita menulis
Jalinus, Nizwar : Ambiyar. 2016. Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta : Kencana
Wahyuningsih, Endang Sri, S. Ag. 2020. Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Yogyakarta : DEEPUBLISH “(Group Penerbitan CV BUDI UTAMA)
Rinajayani . 2013.”Penggunaan media video untuk meningkatkan pemahaman konsep Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Kelas IX A SD Bantul Timur Bantul Tahun Pelajaran 2012/2013”. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.
Sambora, Michael Ricky. 2016. “Penggunaan Media Audio Visual Bentuk Video untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi X IPS 2 SMA Batik 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016”. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.
Suryabrata, Sumadi. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Praharsiwi, Uut. 2016. “Pengertian Keaktifan belajar”. https://uutpraharsiwi.blogspot.com/2016/09/pengertia.n-prestasi-belajar-menurut.html. diakses pada 05 November 2020 jam 08:32 WIB.
Zakky. 2020. “Pengertian Media Pembelajaran Menurut Para Ahli dan Secara Umum”.https://www.zonareferensi.com/pengertian-media- pembelajaran/#:~:text=Menurut%20National%20Education%20Asso ciation%20(NEA,maupun%20audio%20visual%20beserta%20peralatannya. Diakses pada 05 Agustus 2021.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/equation.v5i1.5127
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexing and Abstracting by :

Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika is published by Prodi Tadris Matematika UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ndexing by:
Address:
Jl.Raden Fatah Pagar Dewa Kota Bengkulu
Phone: (+62)822-8168-8976
Website: https://ftt.uinfasbengkulu.ac.id/
Email :equation@mail.uinfasbengkulu.ac.id







