ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI MENURUT TEORI ANDERSON DAN KRATHWOHL PADA SISWA KELAS VII SMPN 25 PADANG

Niken Septianingsih, Yusri Wahyuni, Rita Desfitri, Fauziah Fauziah

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Selain itu hasil ujian tengah semester matematika siswa kelas VII1 terdapat  53,12% siswa mendapat nilai kurang dari KKM. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas VII SMPN 25 Padang menurut  Teori Anderson dan Krathwohl serta mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas VII SMPN 25 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, dengan populasi yaitu seluruh siswa kelas VII SMPN 25 Padang. Pengambilan sampel didasarkan pada teknik purposive sampling dengan kelas sampel yaitu kelas VII1 yang berjumlah 30 orang.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes uraian dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa terbagi tiga yaitu tinggi, sedang dan rendah. Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelompok tinggi adalah 10%, kelompok sedang adalah 73,33 %, dan kelompok rendah adalah 16,67%. Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yaitu belum terampil dalam memahami soal, kemampuan mengingat materi pelajaran dari beberapa siswa masih rendah, kemampuan siswa untuk membuat strategi dalam menjawab masih rendah karena kurangnya latihan soal dirumah, siswa cenderung cepat menyerah, kondisi kelas yang kurang tenang saat pembelajaran dan sebagian siswa mengakui jarang belajar serta mengulang pelajaran dirumah. Dari hasil penelitian yang dilakukan, kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa termasuk kategori cukup, hal ini dapat terlihat pada pengelompokkan persentase kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yang hanya bisa menguasai satu indikator kemampuan berpikir tingkat tinggi yaitu indikator menganalisis.

Keywords


Anderson Dan Krathwohl, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Menganalisis, Mengevaluasi

Full Text:

PDF

References


nderson, L. W. & Krathwohl, L. W. 2017. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, Dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Arikunto, S. 2018. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta.

Budiarta. 2018. “Potret Implementasi Pembelajaran Berbasis High Order Thingking Skills (HOTS) Di Sekolah Dasar Kota Medan. Jurnal Pembangunan Perkotaan.” Potret Implementasi Pembelajaran Berbasis High Order Thingking Skills (HOTS) Di Sekolah Dasar Kota Medan. Jurnal Pembangunan Perkotaan.

Ernawati. 2017. “Pengembangan High Order Thingking Skill (HOT) Melalui Metode Pembelajaran Mind Banking Dalam Pendidikan Agama Islam. In 1st International Conference On Islamic Civilization Ans Society (ICICS).”

Hatta, Saputra. 2016. “Pengembangan Mutu Pendidikan Menuju Era Global: Penguat Mutu Pembelajaran Dengan Penerapan HOTs (High Order Thingking Skills).”

Istiqomah. 2018. “Pembelajaran Dan Penilaian High Order Thingking Skills.”

Kemendikbud. 2013. “Pembelajaran Matematika.”

Kusumah, Wijaya. 2010. “Mengenal Penelitian Tindakan Kelas.”

Sani, R. 2019. “Pembelajaran Berbasis HOT (Higher Order Thingking Skill).” Pembelajaran Berbasis HOT (Higher Order Thingking Skill.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/equation.v5i1.5125

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing and Abstracting by :

Creative Commons License
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika is published by Prodi Tadris Matematika UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ndexing by:

 

Address:

Jl.Raden Fatah Pagar Dewa Kota Bengkulu

Phone: (+62)822-8168-8976

Website: https://ftt.uinfasbengkulu.ac.id/

Email :equation@mail.uinfasbengkulu.ac.id