PENGARUH KETERLIBATAN BELAJAR MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA NEGERI 22 KABUPATEN GOWA

Muhammad Awal Nur

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh keterlibatan belajar matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa SMA Negeri 22 Kabupaten Gowa. Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif ex-post facto yang bersifat kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 22 Gowa dengan jumlah sampel 207 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang berupa skala keterlibatan belajar dan hasil rapor tahun ajaran 2020/2021 mata pelajaran matematika. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu statistik inferensial dengan menggunakan analisis regresi sederhana dan uji prasyarat meliputi uji normalitas dan uji linearitas Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara keterlibatan belajar matematika dan prestasi belajar matematika siswa SMA Negeri 22 Kabupaten Gowa. Hal tersebut terbukti dengan nilai thitung = 4,113 dengan t tabel = 0,6757 dan sig = 0,000 < α = 0,05 Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan keterlibatan belajar matematika terhadap prestasi belajar matematika. Besarnya pengaruh keterlibatan belajar matematika terhadap prestasi belajar matematika = 0,2762 = 0,076176 atau 7,62 %.

Keywords


Keterlibatan Belajar, Matematika, Prestasi Belajar, Siswa SMA, Kabupaten Gowa

Full Text:

PDF

References


Fung, F. “Student Engagement and Mathematics Achievement: Unraveling Main and Interactive Effects.” Psychology in the Schools 55, no. 7 (2018): 815–31. https://doi.org/10.1002/pits.22139.

Jie, Zhang Li, Zhou Ying, and Mo Zong Zhao. “THE RELATIONSHIP BETWEEN MATHEMATICS ATTITUDE , LEARNING ENGAGEMENT AND ACADEMIC” 3, no. 1 (2020): 24–36.

Kong, Qi Ping, Ngai Ying Wong, and Chi Chung Lam. “Student Engagement in Mathematics: Development of Instrument and Validation of Construct.” Mathematics Education Research Journal 15, no. 1 (2003): 4–21. https://doi.org/10.1007/BF03217366.

Lei, Hao, Yunhuo Cui, and Wenye Zhou. “RELATIONSHIPS BETWEEN STUDENT ENGAGEMENT AND ACADEMIC ACHIEVEMENT : A META-ANALYSIS” 46, no. 3 (2018): 517–28.

Lijie, Z., Zongzhao, M., & Ying, Z. (2020). “The Influence of Mathematics Attitude on Academic Achievement: Intermediary Role of Mathematics Learning Engagement”. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 460–467. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.253

Maamin, M., & Maat, S. M. (2022). The Influence of Student Engagement on Mathematical Achievement among Secondary School Students. 1–14.

Nur, M. A. (2021). Infinity: Jurnal Matematika dan Aplikasinya (IJMA). Pengaruh Efikasi Diri terhadap Prestasi Belajar Matematika melalui Keterlibatan Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Bulukumba. 2(1), 1–10.

Ozkal, Nese, Faculty Education, and Alanya Alaaddin. “Cypriot Journal of Educational” 14, no. 2 (2019): 190–200.

Pengelola Web Kemendikbud. “Hasil PISA Indonesia 2018: Akses Makin Meluas, Saatnya Tingkatkan Kualitas,” 2019. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/12/hasil-pisa-indonesia-2018-akses-makin-meluas-saatnya-tingkatkan-kualitas#:~:text=Hasil studi PISA 2018 yang,rata skor OECD yakni 487.&text=Antusiasme para guru Indonesia termasuk,Albani%2C Kosovo%2C dan Korea.

Pusat Penilaian Pendidikan. “Laporan Hasil Ujian Nasional.” Kemendikbud, 2019. https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/#2019!smp!capaian_nasional!99&99&999!T&T&T&N&1&!1!&.

Slameto.(2003). Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Dirjen Dikti Depdikbud

Suryanti, S., Y. Arifani, I. Zawawi, and N. Fauziyah. “Student’s Engagement Behaviour and Their Success in Abstract Algebra: Structural Equation Modelling Approach.” Journal of Physics: Conference Series 1188, no. 1 (2019). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1188/1/012105

Soedjadi, R. (2000). Kiat Pendidikan Matematika Di Indonesia. Jakarta : Dirjen Dikti Depdikbud.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/equation.v5i1.5123

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing and Abstracting by :

Creative Commons License
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika is published by Prodi Tadris Matematika UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ndexing by:

 

Address:

Jl.Raden Fatah Pagar Dewa Kota Bengkulu

Phone: (+62)822-8168-8976

Website: https://ftt.uinfasbengkulu.ac.id/

Email :equation@mail.uinfasbengkulu.ac.id