Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Penggunaan Jasa Go-Ride di Jember

Siti Mujayatun, Sri Redjeki, David K. Susilo

Abstract


Digital application-based transportation services such as Go-Ride are increasingly in demand by the public, especially in Jember City which has a high level of mobility. This study examines the effect of promotion and service quality on customer satisfaction in using Go-Ride services in Jember. The main problem raised is whether promotion and service quality partially or simultaneously have a significant effect on customer satisfaction. This study uses a quantitative approach with a survey method by distributing questionnaires to Go-Ride customers in three main sub-districts in Jember. Data were analyzed using multiple linear regression to test the relationship between promotion variables, service quality, and customer satisfaction. The results of the study indicate that both promotion and service quality have a positive and significant effect on customer satisfaction, both partially and simultaneously. This finding emphasizes the importance of effective promotion strategies and improving service quality in increasing customer loyalty and satisfaction in online transportation services. In conclusion, online transportation service providers such as Go-Ride need to continue to optimize aspects of promotion and service quality to maintain and improve customer satisfaction amidst increasingly fierce competition in the current digital era.

 

Keywords: Promotion, Service Quality, Customer Satisfaction, Go-Ride and Online Transportation

 

Abstrak: Layanan transportasi berbasis aplikasi digital seperti Go-Ride semakin diminati masyarakat, khususnya di Kota Jember yang memiliki tingkat mobilitas tinggi. Penelitian ini mengkaji pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan dalam penggunaan jasa Go-Ride di Jember. Permasalahan utama yang diangkat adalah apakah promosi dan kualitas pelayanan secara parsial maupun simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei melalui penyebaran kuesioner kepada pelanggan Go-Ride di tiga kecamatan utama di Jember. Data dianalisis menggunakan regresi linier berganda untuk menguji hubungan antara variabel promosi, kualitas pelayanan, dan kepuasan pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik promosi maupun kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, baik secara parsial maupun simultan. Temuan ini menegaskan pentingnya strategi promosi yang efektif dan peningkatan kualitas pelayanan dalam meningkatkan loyalitas dan kepuasan pelanggan pada layanan transportasi online. Kesimpulannya, perusahaan penyedia jasa transportasi online seperti Go-Ride perlu terus mengoptimalkan aspek promosi dan kualitas pelayanan untuk mempertahankan dan meningkatkan kepuasan pelanggan di tengah persaingan yang semakin ketat di era digital saat ini.

 

Kata Kunci: Promosi, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Go-Ride dan Transportasi Online.

 


Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Anggraini, Fifin, and Anindhyta Budiarti. 2020. “Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Pelanggan Pada Konsumen Gojek.” Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE) 8 (3): 86–94. https://doi.org/10.26740/jupe.v8n3.p86-94.

Aryani, Dwi Nita, Hartutik, Desi Derina Yusda, Ni Desak Made Santi Diwyarthi, and Yanti Setianti. 2023. “Pengaruh Promosi, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Marketplace Shopee.” JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi) 9 (6): 2438–43. https://doi.org/10.35870/jemsi.v9i6.1664.

Haruna, Budiman, Politeknik Pertanian, and Negeri Pangkajene. 2024. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Karang Hias Di PT . Panorama Alam Tropika Jakarta Selatan” 2 (3).

Putri, Nada Dwi Putri Dwi, Dewiana Novitasari, Teguh Yuwono, and Masduki Asbari. 2021. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan.” Journal Of Communication Education 15 (1): 1267–83. https://doi.org/10.58217/joce-ip.v15i1.226.

Santosa, Dewa Gede Wahyu, and Ida Ayu Mashyuni. 2021. “Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Grab Di Kota Denpasar.” Widya Amrita 1 (1): 290–302. https://doi.org/10.32795/widyaamrita.v1i1.1176.

Sihabudin, Danny Wibowo, Sri Mulyono, Jaka Wijaya Kusuma, Irvana Arofah, Besse Arnawisuda Ningsi, Edy Saputra, Ratni Purwasih, and Syaharuddin. 2021. Ekonometrika Dasar Teori Dan Praktik Berbasis SPSS.

Sugiyono, Suriasumantri. 2017. “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.” Procrastination And Task Avoidance: Theory, Research and Treatment. New York: Plenum Press, Yudistira P, Chandra.

Sukmanawati, Sri Purwati. 2022. “Adanya Teknologi Informasi Saat Ini Memudahkan Para Pengguna Smartphone Untuk Mengakses Dan Memanfaatkan Teknologi Dan Aplikasi Yang Ada . Para Ilmuan Teknologi Menciptakan Beberapa Aplikasi Untuk Memudahkan Masyarakat Dalam Memenuhi Kebutuhan Sehari-Hari” 1 (1): 61–84.

Sumarni, S, D W Artiningsih, and H Hairul. 2023. “Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Pada Cv. Eko Baruna Travel Banjarmasin.” Proceeding: Islamic University of Kalimantan 2023 (Senasekon): 351–60. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=ih3QkuQAAAAJ&pagesize=100&citation_for_view=ih3QkuQAAAAJ:YFjsv_pBGBYC.

Tsalisa, Ridha Ashka, Sudharto P Hadi, and Dinalestari Purbawati. 2022. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Online Maxim Di Kota Semarang.” Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis 11 (4): 822–29. https://doi.org/10.14710/jiab.2022.35970.

Wicaksono, Dani Agung, Trias Ayu Laksanawati, and Dwi Budian Ningsih. 2022. “Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Serta Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bakso Pak Miad Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang.” Value 2 (2): 91–100. https://doi.org/10.36490/value.v2i2.220.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ba.v10i2.8471

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by :