Pengaruh Promosi, Kemudahan, dan Manfaat Terhadap Keputusan Penggunaan Transfer Shopeepay Mahasiswa FEBI IAIN Ponorogo

Felianti Dwi Wulandari, Husna Ni’matul Ulya

Abstract


One of the most popular types is e-wallet is ShopeePay. ShopeePay is the first and largest digital payments in Indonesia. ShopeePay continues to add to its product innovations, one of the innovations is the transfer feature to various banks. This study aims to determine the effect of promotion, convenience and benefits on the decision to use ShopeePay transfers for FEBI IAIN Ponorogo students. This research is classified as quantitative research. The population in this study were FEBI IAIN Ponorogo students with a sample size of 100 students, who had used the ShopeePay transfer feature. The sampling technique used Cochran using multiple linear regression analysis methods using the SPSS 25 program. The results showed that the influence of promotion, convenience and benefits had a significant effect on the decision to use the ShopeePay transfer for FEBI IAIN Ponorogo students. Then from the test results the coefficient of determination (R2) shows that perceived promotion, perceived convenience and perceived benefits affect interest in use by 45%, the remaining 55% is influenced by other factors / variables outside this research.


Keywords


ShopeePay; Promotion; Convenience; Benefits; Usage Decision

Full Text:

PDF

References


Agus Kurniawan. “Hikmah Pandemi Covid-19 Dompet Digital Naik Daun,” 20 April 2022. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-semarang/baca-artikel/14974/Hikmah-Pandemi-Covid-19-Dompet-Digital-Naik-Daun.html.

Alif Karnadi. “5 Dompet Digital Ini Paling Banyak Dipakai di Indonesia,” 24 Maret 2022.

Bangsa, Jaya Ramadaey, dan Luk Lu’ul Khumaeroh. “Pengaruh Persepsi Manfaat dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Penggunaan QRIS Shopeepay pada Mahasiswa S1 Bisnis Digital Universitas Ngudi Waluyo.” Jibaku: Jurnal Ilmiah Bisnis, Manajemen dan Akuntansi Vol 3 (No 1) (2023).

Ernawati, Nopy, dan Lina Noersanti. “Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan Penggunaan dan Kepercayaan terhadap Minat Penggunaan pada Aplikasi OVO.” Jurnal Manajemen STEI Vol 3 No 2 (2020).

Fachrizal, Rafki. “ShopeePay Hadirkan Fitur Transfer ke Bank Gratis, Begini Cara Pakainya.” Info Komputer, 18 Maret 2022. https://infokomputer.grid.id/read/123192471/shopeepay-hadirkan-fitur-transfer-ke-bank-gratis-begini-cara-pakainya.

Fitriani, Hanik. “Kontribusi Fintech Dalam Meningkatkan Keuangan Inklusif Pada Pertanian.” El Barka 01 (2018).

Ilmiyah, Khafidatul, dan Indra Krishernawan. “Pengaruh Ulasan Produk, Kemudahan, Kepercayaan, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee Di Mojokerto.” Maker: Jurnal Manajemen 6, no. 1 (4 Juni 2020): 31–42.

Iqbal, Muhammad. “Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan Platform Crowdfunding Berbasis Qr Kode (Studi Kasus Pada Generasi Millenial Di Solo Raya).” Skripsi, IAIN Surakarta, 2020.

Ismiatun, Dewi, Agung Budiatmo, dan Apriatni Endang Prihatini. “Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Hangiri Banyumanik Semarang).” Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis Vol. 11, No. 4 (2022).

Joan, Leoni, dan Tony Sitinjak. “Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Penggunaan Layanan Pembayaran Digital GO-PAY.” Jurnal Manajemen 8 (2019).

Kurniawan, Agung Widhi, dan Zarah Puspitaningtyas. Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pandiva Buku, 2016.

Kusuma, Aldo Putra dan Syahputra. “Pengaruh Persepsi Kemudahan Dan Persepsi Manfaat Terhadap Sikap Pengunaan E-Wallet di Kota Bandung 2020.” Journal of Applied Business Administration (JABA), 2020.

Marchelina, Dwi, dan Raisa Pratiwi. “Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Persepsi Risiko dan Fitur Layanan Terhadap Minat Penggunaan E-money (Studi Kasus Pada Pengguna E-Money Kota Palembang).” Jurnal Akuntansi STIE Multi Data Plembang, t.t., 2021.

Nafi, Umma, Elok Tri Inka, Astuty Dyah, dan Annisa Nurohmi. Survey dan wawancara, 23 Januari 2023.

Nurzanita, Reza, dan Novi Marlena. “Pengaruh persepsi manfaat terhadap keputusan penggunaan gopay di surabaya dengan kepercayaan sebagai variabel intervening.” Jurnal Akuntansi dan Keuangan AKUNTABEL 17 No 2 (2020).

Pasaribu, Frans Talu, dan Agus Kusnawan. “Pengaruh Pemasaran Secara Digital, Harga dan Promosi Summer Sale di Platform Steam Pada Terhadap Keputusan Konsumen Pembelian Steam E-Wallet.” Prosiding: Ekonomi dan Bisnis Vol 2 No 2 (2022).

Pratama, Andika Bayu, dan I Dewa Gede Dharma Suputra. “Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, dan Tingkat Kepercayaan Pada Minat Menggunakan Uang Elektronik.” E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana Vol 27 No 2 (2019): 933.

Saragih, Melva Hermayanty, dan Andrew Danielle Prayitta. “Pengaruh Promosi, Kualitas Layanan dan Branding Terhadap Loyalitas Pelanggan Menggunakan Dompet Digital Shopeepay sebagai Metode dan Teknik Pembayaran.” Jurnal Simki Economic Volume 6 (2023).

Sari, Mia Andika, Rodiana Listiawati, Novitasari, dan Rahmanita Vidyasari. “Analisa Pengaruh Daya Tarik Promosi, Persepsi Kemudahan, Persepsi Manfaat, Persepsi Keamanan Terhadap Minat Penggunaan E-Wallet (Studi Kasus Produk Gopay Dan Link Aja Pada Masyarakat Pengguna Di Wilayah Jabodetabek).” Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 18 No 2 (2019).

Siregar, Syofian. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana, 2017.

Soraya, Sabila. “Pengaruh Aplikasi Belanja Online, Digital Payment dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Ms Glow Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.” Skripsi, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, 2022.

Syahrial, Yusroni Akhmad. “Analisis Pengaruh Produk, Harga, Promosi dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada UD. Aneka Karya Glass di Surkarta.” Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2021.

Syukriyyah dan Karyaningsih. “Pengaruh Promosi Penjualan, Persepsi Manfaatdan Persepsi Kemudahan terhadap MinatmenggunakanE-Wallet Shopeepay Pada MahasiswaUniversitas Singaperbangsa Karawang.” Journal of Islamic Education Management Volume 3 Nomor 2 (2023).

Tampubolon, Very Torganda, dan Bulan Prabawani. “Pengaruh Kemudahan Penggunaan dan Manfaat Terhadap Penggunaan Aplikasi Pertamina Go Di Kota Semarang (Survey Pada Pengguna Apllikasi Pertamina Go Di Kota Semarang).” E-Jurnal Undip, 2018.

Ulansari, Luh Putu Eka, dan I Gede Agus Pertama Yudantara. “Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Persepsi Kepercayaan, dan Norma Subjektif terhadap Minat Menggunakan Sistem Informasi Pembayaran Elektronik (E-Payment).” Jurnsl Ilmiah Akuntansi dan Humanika Vol 11 No 2 (2021).

Zakiyyah, Afiifah. “Pengaruh Persepsi Kemudahan, Manfaat dan Kepercayaan Terhadap Minat Penggunaan Go-Pay.” Skripsi, Universitas Islam Indonesia, 2020.

Zulfikar, Mochammad Iqbal, Kokom Komariah, dan Asep Samsudin. “Analisis Promosi Penjualan dan Kemudahan Terhadap Keputusan Penggunan ShopeePay (Survei Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sukabumi).” COSTING: Journal of Economics, Business and Accounting Vol 5 No 2 (2022).




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ba.v8i1.2873

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :