Pengaruh Pendidikan Agama Islam di Lingkungan Sekolah dan Lingkungan Keluarga terhadap Sikap Toleransi Beragama Siswa SMAN 1 Bengkulu Utara
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agus Ahmad Safei. Sosiologi Toleransi Kontestasi, Akomodasi, Harmoni. Bandung: Deepublish, 2020.
Ahmad Fauzi et al. “‘E-Learning in Pesantren: Learning Transformation Based on the Value of Pesantren,.’” Journal of Physics : Conference Series 1114 (2018).
Akhmadi, Agus. “Moderasi Beragama Dalam Keragaman Indonesia Religious Moderation in Indonesia ’ S Diversity.” Jurnal Diklat Keagamaan 13, no. 2 (2019): 45–55.
Ali, Mohammad. Strategi Penelitian Pendidikan. Bandung: Angkasa, 1993.
Ali Muhtarom sahlul fuad, and Tsabit Latief. Moderasi Beragama. Jakarta: Yayasan Talibuana Nusantara, 2022.
Aminuddin, and Dkk. Membangun Karakter Dan Kepribadian Melalui Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Graha Ilmu, 2006.
Anwar, Syaifuddin. Sikap Manusia Teori Dan Pengukurannya. Yogyakarta: pustaka pelajar, 2011.
Arif, Mahmud. “Pendidikan Agama Islam Inklusif-Multikultural.” Jurnal Pendidikan Islam Volume 1, no. no 1 (2012).
Arifianti, Soraya, and Eva Septiana. “Toleransi Beragama Pada Siswa Sma: Hubungan Antara Intellectual Humility Dan Toleransi Beragama.” Jurnal Psikologi Insight 5, no. 1 (2021): 87–99. https://doi.org/10.17509/insight.v5i1.34246.
Arikunto, Suharsimi. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2010.
———. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 1998.
Atoillah, Muhamad Toto, and Ferianto Ferianto. “Pendidikan Multikultural Melalui Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Kebangsaan Siswa SMP N 1 Pangkalan.” Jurnal Pendidikan 32, no. 1 (2023): 113–20. https://doi.org/10.32585/jp.v32i1.3485.
Azhari, Devi Syukri, and Mustapa Mustapa. “Konsep Pendidikan Islam Menurut Imam Al-Ghazali.” Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran 4, no. 2 (2021): 271–78. https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i2.2865.
Azkar, Muh. “Peran Guru Dalam Membina Kerukunan Umat Beragama.” Jurnal IAIN Mataram El-Hikam, 2015.
Azra, Azzumardi. Kasus-Kasus Aktual Kehidupan Keagamaan Di Indonesia. Jakarta: Kementrian Agama RI Badan Litbang dan Diklat Puslitbang Kehidupan Keagamaan, 2015.
Bagus, Lorens. Kamus Filsafat. Jakarta: Gramedia, 2002.
Baharuddin. Psikologi Pendidikan. Jogjakarta: Ar-ruzz Media, 2007.
Baharuddin, and Mulyono. Psikologi Agama Dalam Perspektif Islam. Malang: UIN Malang Press, 2008.
Ch, Mufidah. Psikologi Keluarga Islam Berwawasan Gender. Cet. I. Malang: UIN Malang Press, 2008.
Dadang H. Kahmad. Sosiologi Agama: Potret Agama Dalam Dinamika Konflik, Pluralisme Dan Modernitas. Pustaka setia, 2011.
Darajat, Zakiah. Ilmu Jiwa Agama. Jakarta: Bulan Bintang, 1979.
Darmawan, Deni. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.
Djollong, Andi Fitriani, and Anwar Akbar. “‘PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI TOLERANSI ANTAR UMMAT BERAGAMA PESERTA DIDIK UNTUK MEWUJUDKAN KERUKUNAN,.’” Al-’Ibrah: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam 8, no. 1 (2019).
Eko Murdiyanto. Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Yogyakarta Press, 2020.
Faisal, Awang, and Agus Setiawan. “OPTIMALISASI PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI TOLERANSI ANTAR UMAT” 18, no. 2 (2024): 70–82.
Hardani et al. Metode Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif. Wonosari: CV Pustaka Ilmu, 2020.
Hasrudin Dute. “‘Peranan Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Toleransi Beragama Siswa Di SMA Negeri 4 Jayapura,.’” Jurnal Pendidikan Agama Islam, no. 1 (2017).
Hutagalung, Ratna, and Zaka Hadikusuma Ramadan. “Peran Orang Tua Dalam Menanamkan Nilai Multikultural Di Lingkungan Keluarga Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6, no. 5 (2022): 4967–91. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2895.
Jalaludin. Psikologi Agama. Jakarta: PT Raja grafindo persada, 2012.
Kementrian Agama RI Badan Litbang dan Diklat Puslitbang kehidupan keagamaan. “Toleransi Beragama Mahasiswa,” n.d.
Kibtiyah, Muhimatul, and Siti Erna. “Sikap Toleransi , Kesetaraan , Dan Kerjasama Antar Umat Beragama Dalam Mewujudkan Nilai Moderasi Beragama Pada Pemuda Kecamatan.” SEULANGA:Jurnal Pendidikan Dan Pelatihan 2, no. February (2023): 27–39.
Kurikulum, Evaluasi. “Education and Learning Journal 1” 2, no. 2022 (2020): 113–23.
Liliweri, Alo, and M. Alfandi. “Prasangka : Potensi Pemicu Konflik Internal Umat Islam.” Jurnal Walisongo Volume 21, no. 1 (2013).
Majid, Abdul, and Dian Andayani. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.
———. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.
Miswari, Zuhairi. Alqur’an Kitab Toleransi. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia, 2017.
Mubarok, Achmad. Psikologi Keluarga; Dari Keluarga Sakinah Hingga Keluarga Bangsa. Cet.VI. Jakarta: Bina Rena Pariwara, 2007.
Mufid, Ahmad Syafi’i. Dialog Agama Dan Kebangsaan. Jakarta: Zikrul Hakim, 2001.
Muhadjir, Noeng. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rake Sarashin, 1996.
Muhaimin. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Rajawali Perss, 2006.
———. Studi Islam Dalam Ragam Dimensi Dan Pendekatan. Jakarta: Kencana, 2012.
Muttaqin, Muhammad. “Jurnal TAUJIH Jurnal Pendidikan Islam Program Studi Pendidikan Agama Islam KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DALAM KELUARGA MENURUT ZAKIAH DARADJAT Jurnal TAUJIH Jurnal Pendidikan Islam Program Studi Pendidikan Agama Islam Adhika Alvianto : Motivasi Belajar Mahasis” 02, no. 02 (2020): 78–99.
Ngalah, santri pondok pesantren. Kitab Fiqih Jawabul Masa’il. Pasuruan: Yayasan Daryt Taqwa, 2012.
Noer, Rohmah. Pengantar Psikologi Agama. Yogyakarta: Teras, 2013.
Nurul Rahmawati dkk. “Nurul Rahmawati Dkk, Pembentukan Sikap Toleransi Melalui Pembelajaran PAI Dan Budi Pekerti Pada Siswa Kelas X Di SMKN 1 Sreagen Tahun Ajaran 2017/2018.” Jurnal Pendidikan Islam 8, no. 1 (2019).
Nuryadin, Rochmad. “Urgensi Dan Metode Pendidikan Toleransi Beragama.” Jurnal Pendidikan Islam 10, no. 1 (2022).
Pentashihan, Lajnah. Etika Berkeluarga, Bermasayarakat Dan Politik. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI, 2010.
Purwanto. Statistik Untuk Penelitian. Yogyakarta: pustaka pelajar, 2011.
Putra, Ary Antony. “Konsep Pendidikan Agama Islam Perspektif Imam Al-Ghazali.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 1, no. 1 (2017): 41–54. https://doi.org/10.25299/althariqah.2016.vol1(1).617.
Qowaid. “Toleransi Beragama Siswa Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA).” Harmoni 11, no. 4 (2012): 140–56. https://jurnalharmoni.kemenag.go.id/index.php/harmoni/article/view/262.
Rahmat, Hidayat. “Toleransi Dan Moderasi Beragama.” GUAU Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam 2 (2022): 49–60.
Redaksi, Tim. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ke Tiga. Jakarta: Balai Pustaka, 2008.
Riadi, Dayun, Nurlaili, and Junaidi Hamzah. ILMU PENDIDIKAN ISLAM. Edited by Saefudin. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2017.
Rosyid, Imron. Pendidikan Berparadigma Inklusif. Malang: UIN Malang Press, 2009.
Safithri, Awaliya, Kawakib, and Hasbi Ash Shiddiqi. “Implementasi Nilai-Nilai Moderasi Dan Toleransi Antar Umat Beragama Dalam Menciptakan Kerukunan Masyarakat Di Kota Pontianak Kalimantan Barat.” Al Fuadiy : Jurnal Hukum Keluarga Islam 4, no. 1 (2022): 13–26. https://doi.org/10.55606/af.v4i1.7.
Sahal, Mahfudh. Nuansa Fiqh Sosial. Yogyakarta: LKiS, 2004.
Salsabila, Nabila Salma, Ela Nur Fadilah, and Najlatun Naqiyah. “Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Sikap Toleransi Beragama Siswa SMK.” Indonesia Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application 12, no. 1 (2023): 34–44. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk.
Shihab, M. Quraish. Wawasan Al-Qur’an: Tafsir Maudhu’i Atas Berbagai Persoalan Umat. Bandung: Ikapi, 2000.
Slameto. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempenagruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2013.
Subbag Hukum dan KUB Kanwil Kemenag Bengkulu. “JUMLAH PENDUDUK BERDASARKAN AGAMA YANG DIANUT SE- PROVINSI BENGKULU,” 2023. https://bengkulu.kemenag.go.id/page/jumlah-penduduk-berdasarkan-agama-yang-dianut-se-provinsi-bengkulu.
Sucipto. Islam Dan Pluralisme Di Indonesia. Jakarta: Gading Inti Prima, 2011.
Sudijono, Anas. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Perss, 2009.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Cetakan ke. Bandung: aLfabeta, 2019.
———. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. 26th ed. Bandung: Alfabeta, 2019.
———. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif Dan R&d. Bandung: Alfabeta, 2010.
———. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2013.
Tafsir, Ahmad. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.
Taruna, Mulyadi Mudis. “Pelaksanaan Pendidikan Agama Di SMA Katolik Soverdi Kabupaten Badung Bali.” Jurnal Analisa Volume XVI, no. 02 (2010).
Widhayat, Wahyu, and Oksiana Jatiningsih. “Sikap Toleransi Antarumat Beragama Pada Sma Muhammadiyah 4 Porong.” Kajian Moral Dan Kewarganegaraan 6, no. 2 (2018): 596–610.
Winkle, W.S. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia, 1989.
Yaqin, Muhammad Ainul. Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: Pilar Media, 2005.
Yasin, A Fatah. Dimensi-Dimensi Pendidikan Islam. Malang: UIN Malang Press, 2008.
Yusuf, Syamsu. Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja. Remaja Rosdakarya, 2001.
Zainaty, Husniyatus Salamah. “Pendidikan Multikultural Upaya Membangun Keberagaman Inklusif Di Sekolah.” Jurnal Islamica 1, no. 2 (2005).
Zakiyuddin, Baidhawyu. Pendidikan Agama Berwawasan Multikultura; Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama, 2005.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/btu.v10i1.8234
DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.29300/btu.v10i1.8234.g5092
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Apdila Nursanti, Qolbi Khoiri, Dayun Riadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Indexed By :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Disclaimer: Al-Bahtsu: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam articles published by Pascasarjana UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu have been previewed and authenticated by the Authors before publication. The Journal, Editor and the editorial board are not entitled or liable to either justify or responsible for inaccurate and misleading data if any. It is the sole responsibility of the Author concerned. Read our Plagiarism Policy and use of this site signifies your agreement to the Terms of Use.