Evaluasi Berbasis Digital Dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Al-Mubaraak Bengkulu

Ahmad Arief Hidayatullah, Ikke Wulan Dari

Abstract


Abstract

This study aims to describe the digital-based evaluation in Arabic language learning at MTs Kreatif Al-Mubaraak Bengkulu. Using a qualitative descriptive research method, this study collects data through observation, interviews, and documentation. The subjects of the study include Arabic language teachers and eighth-grade students. The results of the study show that the use of digital evaluation systems, such as Google Forms and other supporting applications, facilitates teachers in creating, distributing, and compiling evaluation results quickly and accurately. Additionally, students showed a positive response to the use of digital media in evaluation because it is considered more engaging, flexible, and interactive. The digital evaluation system also enables teachers to provide direct and in-depth feedback to students and helps students identify mistakes and improve their understanding. This aligns with the principles of formative and authentic assessment, which promote continuous improvement in the quality of learning. This study concludes that the implementation of a digital evaluation system in Arabic language learning contributes significantly to enhancing the effectiveness of assessment, helping both teachers and students to conduct evaluations that are more efficient and aligned with modern educational needs.

Keywords: learning assessment, digital systems, qualitative descriptive

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan evaluasi berbasis digital dalam pembelajaran Bahasa Arab di MTs Kreatif Al-Mubaraak Bengkulu. Menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, penelitian ini mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri atas guru mata pelajaran Bahasa Arab dan siswa kelas VIII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan sistem evaluasi berbasis digital, seperti Google Form dan aplikasi pendukung lainnya, dapat mempermudah guru dalam menyusun, mendistribusikan, dan merekap hasil evaluasi secara cepat dan akurat. Selain itu, siswa menunjukkan respon positif terhadap penggunaan media digital dalam evaluasi, karena dianggap lebih menarik, fleksibel, dan interaktif. Sistem evaluasi berbasis digital juga memungkinkan guru untuk memberikan umpan balik langsung dan mendalam kepada siswa, serta membantu siswa dalam mengidentifikasi kesalahan dan meningkatkan pemahaman mereka. Hal ini sejalan dengan prinsip evaluasi formatif dan otentik yang mendorong peningkatan kualitas pembelajaran secara berkelanjutan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan sistem evaluasi digital dalam pembelajaran Bahasa Arab memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan efektivitas penilaian, membantu guru dan siswa untuk melakukan evaluasi yang lebih efisien dan sesuai dengan kebutuhan pendidikan modern.

Kata Kunci: evaluasi pembelajaran, sistem digital, kualitatif deskriptif


Keywords


evaluasi pembelajaran, sistem digital, kualitatif deskriptif

Full Text:

PDF

References


Amalia, T. (2019). Penggunaan Media Google Form dalam Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab Maharah Kitabah. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab V

Farida, I., & Sari, D. P. (2023). Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis AI Opexam. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 21(2), 123-135

Gustin, M. (2023). Penerapan Model Bermain Peran untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial dan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 13(1), 104-115.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Salinan Keputusan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 46/M/2022 tentang Peta Jalan Pengelolaan Platform Digital di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Tahun 2022-2024.

Mahdi, T. A., & Uyuni, Y. R. (2023). Transformasi Bahasa Arab dalam Era Digital dalam Perkembangan Pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia. Prosiding Pertemuan Ilmiah Internasional Bahasa Arab, 14(1), 1487–1498.

Maripi, G. (2023). Penerapan Model Bermain Peran untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial dan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 13(1), 104-115.

Nugroho, A. (2023). Evaluasi Kualitas Konten Pembelajaran Bahasa Arab Digital. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 23(4), 567-578.

Ritonga, M., Alwis, N., & Wahyuni, S. (2023). Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Teknologi. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 15(2), 200-210.

Rohmah, S. (2021). Penggunaan Media Google Form dalam Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab. Naskhi: Jurnal Kajian Bahasa Arab, 3(2), 123-134.

Sudijono, A. (2009). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistyo, B., & Wibowo, A. (2023). Implementasi Penilaian Otentik dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 12(3), 45-56.

Utami, S. (2023). Penerapan Metode Bermain Peran dalam Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 89-99.

Wahyuni, S. (2023). Analisis Instrumen Evaluasi Keterampilan Menyimak Bahasa Arab pada Aplikasi Alef. Mumtaza: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 5(1), 78-90.

Yusuf, M. (2024). Bahasa Arab Berbasis Dakwah dalam Era Modern: Transformasi Pesan Islam. ARIMA: Jurnal Sosial dan Humaniora, 1(3), 105–114.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/btu.v10i2.7744

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.29300/btu.v10i2.7744.g5493

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Ahmad Arief Hidayatullah, Ikke Wulan Dari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed By :

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Disclaimer: Al-Bahtsu: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam articles published by Pascasarjana UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu have been previewed and authenticated by the Authors before publication. The Journal, Editor and the editorial board are not entitled or liable to either justify or responsible for inaccurate and misleading data if any. It is the sole responsibility of the Author concerned. Read our Plagiarism Policy and use of this site signifies your agreement to the Terms of Use.