TRANSFORMASI PENDIDIKAN ISLAM INKLUSIF DI ERA RASULULLAH KE ERA MODERN
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Daimah, D. (2018). Pendidikan Inklusif Perspektif QS. Al-Hujurat Ayat 10-13 Sebagai Solusi Eksklusifisme Ajaran di Sekolah. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 3(1), 53–65. https://doi.org/10.25299/althariqah.2018.vol3(1).1837
Fauziah Rusmala Dewi, Mukhlisin, & Mohammad Thoriq Aqil Fauzi. (2022). KONSTRUKSI PENDIDIKAN ISLAM PERDAMAIAN PADA MASA RASULULLAH SAW. Dar El-Falah: Jurnal Ilmu-ilmu Sosial, Keagamaan, dan Humaniora, 2(1). Diambil dari https://jurnal.stiedarulfalahmojokerto.ac.id/index.php/Jurnal-Dar-El-Falah
Hasanah, U., & Sukri, M. (2023). Implementasi Literasi Digital Dalam Pendidikan Islam: Tantangan dan Solusi. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 11(2), 177–188. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v11i2.10426
Indrianto, N., & Rochma, I. N. (2020). KOLABORASI ANTAR GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR ISLAM INKLUSI. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(2), 165–175. https://doi.org/10.24252/10.24252/auladuna.v7i2a6.2020
Jackson-Gordon, R., & Plano Clark, V. L. (2024). Using a Joint Display for Building Integration in a Sequential Study: Informing Data Collection for a Participatory Second Phase. Journal of Mixed Methods Research, 18(2), 137–146. https://doi.org/10.1177/15586898231179848
Kamaruddin, I., Suarni, E., Rambe, S., Sakti, B. P. S., Rachman, R. S., & Kurniadi, P. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM PENDIDIKAN: TINJAUAN LITERATUR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2742–2747. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22138
Kholish, M. A., & Galib, A. M. (2023). THEO-PROPHETIC JURISPRUDENCE: TRACING THE GENEALOGY OF THE ISLAMIC LAW’S FORMATION AND GROWTH IN RASULULLAH ERA. Arena Hukum, 16(02), 211–231. https://doi.org/10.21776/ub.arenahukum.2023.01602.1
Lestari, A., & Bahar, H. (2024). Pendidikan Inklusi dalam Perspektif Pendidikan Islam: Mewujudkan Keadilan dan Kesetaraan untuk Semua. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6. https://doi.org/10.47467/reslaj.v6i11.3889
Mansir, F. (2021). PARADIGMA PENDIDIKAN INKLUSI DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM: DINAMIKA PADA SEKOLAH ISLAM. Tadrib, 7(1), 1–17. https://doi.org/10.19109/tadrib.v7i1.6604
Maskur. (2023). DAMPAK PERGANTIAN KURIKULUM PENDIDIKAN TERHADAP PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. JURNAL KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, 1(3), 190–203. https://doi.org/10.61116/jkip.v1i3.172
Muhammad Yusuf. (t.t.). Pembelajaran Interaktif: Meningkatkan Keterlibatan dan Efektivitas Belajar. Diambil 31 Mei 2024, dari https://www.smansatubantan.sch.id/berita/detail/22/pembelajaran-interaktif-meningkatkan-keterlibatan-dan-efektivitas-belajar/
Nadhiroh, U., & Ahmadi, A. (2024). Pendidikan Inklusif: Membangun Lingkungan Pembelajaran Yang Mendukung Kesetaraan Dan Kearifan Budaya. Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 8(1), 11. https://doi.org/10.30872/jbssb.v8i1.14072
Paramansyah, A., & Parojai, M. R. (2024). PENDIDIKAN INKLUSIF DALAM ERA DIGITAL. Penerbit Widina.
Pratama, H. A. P., & Mansur, H. (2023). Pemanfaatan Microsoft TEAMS Sebagai Learning Management System Untuk Mendukung Pembelajaran Kolaboratif. J-INSTECH, 4(2), 47–57. https://doi.org/10.20527/j-instech.v4i2.8824
Purnomo, P., & Solikhah, P. (2021). Konsep Dasar Pendidikan Islam Inklusif: Studi Tentang Inklusivitas Islam Sebagai Pijakan Pengembangan Pendidikan Islam Inklusif. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7. https://doi.org/10.18860/jpai.v7i2.13286
Romandoni, I. Y., Sulistyorini, & Efendi, N. (2024). TRANSFORMASI KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN ISLAM: TANTANGAN DAN PELUANG DI ERA DIGITAL. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 12(2), 194–209. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v12i2.4932
Suhartono, & Lina, R. (2019). Pendidikan Akhlak dalam Islam. CV. Pilar Nusantara.
Sultan, N. (2020). PRINSIP-PRINSIP PENDIDIKAN ISLAM: UNIVERSAL, KESEIMBANGAN, KESEDERHANAAN, PERBEDAAN INDIVIDU, DAN DINAMIS: Istiqra` : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 7(2), 146–160. Diambil dari https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/501
UMAM, C. (2020). INOVASI PENDIDIKAN ISLAM: Strategi dan Metode Pembelajaran PAI di Sekolah Umum. CV. DOTPLUS Publisher.
Yunaini, N. (2021). MODEL PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM SETTING PENDIDIKAN INKLUSI. Journal Of Elementary School Education (Jouese), 1(1), 18–25. https://doi.org/10.52657/jouese.v1i1.1326
Zulkarnain, L. (2022). Human Resource Management in Islamic Education. INTELEKTIUM, 3(2), 409–421. https://doi.org/10.37010/int.v3i2.1114
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/btu.v6i2.5892
DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.29300/btu.v6i2.5892.g4566
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Ari Wibowo, Rendi Rendi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Indexed By :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Disclaimer: Al-Bahtsu: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam articles published by Pascasarjana UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu have been previewed and authenticated by the Authors before publication. The Journal, Editor and the editorial board are not entitled or liable to either justify or responsible for inaccurate and misleading data if any. It is the sole responsibility of the Author concerned. Read our Plagiarism Policy and use of this site signifies your agreement to the Terms of Use.