Ekstrakulikuler Pramuka Sebagai Konstruksi Dasar Penguatan Karakter dalam Meningkatkan Toleransi Siswa MTs Harsalakum Kota Bengkulu
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abu Bakar, Konsep Toleransi dan Kebebasan Beragama (TOLERANSI: Media Komunikasi Umat Bergama, Vol.7 No.2, (2015), 123.
Departemen Agama RI, Alqur’an Tajwid dan Terjemah, (Bandung: CV Penerbit Diponegoro, 2010.
Deska Emilia, Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Anak di SDN 64 Bengkulu Selatan Desa Rindu Hati Kecamatan Kedurang, (Skripsi S1 Fakultas Tarbiyah dan Tadris IAIN Bengkulu, 2019.
Pembelajaran Ips Sd’, Jurnal Holistika, 6.2 (2022), 101
Pratiwi, Asih Nuri & Rosalia Susila Purwanti. 2017. “Pembentukan Karakter Melalui Pembelajaran Ekstrakurikuler Karawitan di SD Dayu Gadingsari Sanden Bantul”. Jurnal PGSD Indonesia 3(2).
Puput Suryani ,“ Pengaruh Kegiatan Pramuka Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Terusan Nunyai Tahun ajaran 2016/2017”. (Universitas Lampung, Bandar Lampung, 2017) h. 3
Rumina, “Analisis Tingkat Kedisiplinan Peserta Didik Sebelum dan Sesudah Prakerin di SMK Negeri 3 Tarakan”.Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan.Volume.3, Nomor. 1, Januari 2015; 117-125. ISSN: 2337-7623, EISSN: 2337-7615. h. 118
Simuh dkk, Islam dan Hegemoni Sosial (Cet 1 Jakarta: Mediacita, 2001), 74-75, dikutip dalam Hasruddin Dute, Peranan Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Toleransi Beragama Siswa di SMA Negeri 4 Jayapura Provinsi Papua (Makassar: Tesis UIN Alauddin, 2012),45
Siska Yuliyantika, “Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Disiplin Belajar Siswa Kelas X,XI, dan XII Di SMA Bhaksi Yasa Singaraja Tahun Pelajaran 2016-2017”. E-journal Jurusan Pendidikan Ekonomi. Vol: 9, No. 1. 2017. h. 2
Sriwahyuningsih,”Pengaruh Kegiatan Ekstrakulikuler Pramuka Terhadap Karakter Peserta Didik Di MI Laikang Kecamatan Ma‟arang Kabupaten Pangkep”, (UIN Alauddin Makassar, 2016), h. 5-6
Sugeng Haryono, “Pengaruh Kedisiplinan Siswa dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi”. Jurnal Ilmiah Kependidikan. Vol.3. No.3. November 2016. h. 264
Tim Pah, Panduan Lengkap Gerakan Pramuka ( Surabaya: Pustaka Agung Harapan), h: 12 https://doi.org/10.31004/ta’lim.8yht2i.2013
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003
Undang-undang Republik Indonesia Tahun 2010 Nomor 12 Tentang Gerakan Pramuka, Diakses 19 Januari 2015 pukul 21.11.http://Pramukawipa.blogspot.com/2011/01/undang-undangnomor-12. Tahun. 2010,html.
UNESCO, Tolerance: the threshold of peace (preliminary versions ) (Paris, UNESCO 1994), 19, dikutip dalam Fida Durrotul Habibah, Komparasi Nilai-Nilai Pendidikan Toleransi dalam Buku Teks Mata Pelajaran Ke NU an dan Ke Muhammadiyahan di MA/SMA/SMK (Skripsi UIN Yogyakarta, 2018), h.13
W.J.S Poerwadarminto, Kamus Umum Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 1986), 1084, dikutip dalam Bustanul Arifin, “ImplikasiPrinsip Tasamuh (Toleransi) dalam Interaksi Antar Umat Beragama”, Jurnal Fikri Vol 1 No 2, (2016): 397.
Woro, Sri & Marzuki. 2016. “Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Peserta Didik di SMP Negeri 2 Windusari Magelang”. Jurnal Pendidikan Karakter Tahun IV Nomor 1
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/btu.v6i2.5788
DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.29300/btu.v6i2.5788.g4565
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Soffiah Lauwren BR. Sitorus Pane

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Indexed By :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Disclaimer: Al-Bahtsu: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam articles published by Pascasarjana UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu have been previewed and authenticated by the Authors before publication. The Journal, Editor and the editorial board are not entitled or liable to either justify or responsible for inaccurate and misleading data if any. It is the sole responsibility of the Author concerned. Read our Plagiarism Policy and use of this site signifies your agreement to the Terms of Use.