Penguatan Pendidikan karakter Religious Melalui High Caracter Values di SMPN 9 Kota Bengkulu

Roswida Sri Astuti, Alfauzan Amin, Iwan Romadhan Sitorus

Abstract


Penelitian ini bertujuan adalah untuk: (1) Untuk menganalisis dan mendeskripsikan penguatan pendidikan karakter religius melalui high caracter values di SMPN 9 Kota Bengkulu. (2) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat penguatan pendidikan karakter di SMPN 9 Kota Bengkulu. Adapun jenis peneliian dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dekriptif, sumber data primer yaitu kepala sekolah, guru PAI, wali kelas, dan Siswa Kelas VII A yang berjumlah 30 Orang (Laki-laki : 14 orang dan perempuan 16 Orang). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) penguatan pendidikan karakter religius melalui high caracter values di SMPN 9 Kota Bengkulu. Untuk memberikan penguatan karakter religius pada peserta didik, SMPN 9 Kota Bengkulu memulai dari Do’a bersama, Salat, Kegiatan ramadhan, kegiatan hari besar Islam, tafakur, sopan dan santun. Program ini disusun oleh Kepala Sekolah dan pihak guru-g


Keywords


Pendidikan Karakter, Religious, High Caracter Values.

Full Text:

PDF

References


Abdul Halim Rof’ie, Pendidikan Karakter adalah Sebuah Keharusan, Jurnal Waskita, Vol. 1, No. 1, 2017.https://doi.org/10.21831/jpk.v9i2.25361

Ach. Puniman, R. FirmanNurbudiPrijambodo, MetodeCeritadalam Pendidikan Islam SiswaKelas III MI Nurul Iman Lenteng, Artikel Vol. 2, No. 1, April 2017. https://doi.org/10.2376u/Article.v4i1.2017

Agus Wibowo. 2012. Pendidikan Karakter. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Anslem Strauss and Juliet Corbin, ‘Penelitian Kualitatif’, Pengolahan Air Limbah Domestik Individual Atau Semi Komunal, 2018, 189–232.

Alimni, Analisis Sosiologi Perubahan Kurikulum Madrasah 2013, Jurnal At-Ta’lim, Vol. 17, No. 2, Juli 2018. https://doi.org/10.31004/ta’lim.8yht2i.2013

Almusanna, Revitalisasi Kurikulum Muatan Lokal untuk Pendidikan Karakter Melalui Evaluasi Responsif, dalam Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Balitbang Kementrian Pendidikan Nasional, Vol. 16 Edisi Khusus III, Oktober 2010. https://doi.org/10.09856u/Article.v4i1.2010

Asa, Agam Ibnu, ‘Pe




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/btu.v9i2.5680

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.29300/btu.v7i2.5680.g4178

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Roswida Sri Astuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed By :

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Disclaimer: Al-Bahtsu: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam articles published by Pascasarjana UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu have been previewed and authenticated by the Authors before publication. The Journal, Editor and the editorial board are not entitled or liable to either justify or responsible for inaccurate and misleading data if any. It is the sole responsibility of the Author concerned. Read our Plagiarism Policy and use of this site signifies your agreement to the Terms of Use.