Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Keterampilan Berbicara pada Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Al - Fikhi Desa Bakal Dalam Kec. Talo Kecil Kab. Seluma
Abstract
This research was based on children aged 5-6 years in PAUD Al - Fikhi Bakal Village in Talo Kecil District, Seluma Regency, because there are still some children who are not 5 - 6 years old from the total number of 16 children, and the children also have Difficulty in responding and lack of stimulation means that children's speaking skills do not develop well. The aim of the research is to determine whether there is an influence of the role-playing method on speaking skills in children aged 5 - 6 years in PAUD Al - Fikhi, Bakal Dalam Village, Talo Kecil District, Seluma Regency. This research uses quantitative research with a type of experimental research, namely pre-experiment designs. The data collection technique uses the paired sample t-test formula (T Test) and is processed using the SPSS program. Because there are still external variables that influence the formation of the dependent variable. Based on the research results, it was found that there was an influence of the role-playing method on speaking skills in children aged 5 - 6 years in PAUD Al - Fikhi, Bakal Dalam Village, Talo Kecil District, Seluma Regency, with a significance value of 0.000 < α value, namely 0.05. The play method is a learning method for pre-school age children where children are invited to carry out activities together in the form of activities using tools or carrying out activities (games) either individually or together, which bring joy, pleasure and fun to children.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ayu, Mustika. 2021. Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Keterampilan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun di TK Ilmi Insani. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, Vol. 6 No.1 https://www.researchgate.net/publication/356804254_Pengaruh_Metode_Bermain_Peran_Terhadap_Keterampilan_Berbicara_Anak_Usia_5_6_Tahun_di_TK_Ilmi_Insani
Aziz, Safrudin. 2019. Strategi Pembelajaran Aktif Anak Usia Dini. Yogyakarta: Kalimedia.
Choiriyah. 2019. upaya meningkatkan kemampuan berkomunikasi lisan melalui metode bermain peran pada anak kelompok B TK IT Nur Hidayah Surakarta tahun ajaran 2013/2014. Skripsi. UIN Surakarta.
Dietze, B. 2019. Foundations of Early Chilldhood Educaton Learning Environments and Child care in Canada. Canada: Pearson Prentice Hall.
Eriva Syamsiatin. 2019. Bermain dan Permainan AUD. Tangerang Selatan : Universitas Terbuka.
Erik Erikson 2019,pengaruh metode bermain peran terhadap peningkatan Keterampilan berbicara anak usia 5-6 tahun hal 22.
Septi Yani pada tahun 2016 dengan judul Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Peningkatan Keterampilan Berbicara Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Raudhatul Athfal Darul Ulum Baturaja Kecamatan Sungkai Utara Kabupaten Lampung Utara.
Gede Dody Setia Dharma, et. al. 2019. Penerapan Metode Bercakap-cakap Dengan Media Gambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Anak. e-journal PG PAUD Universitas Pendidikan Ganesha, Vol. 3 No. 1.
Henik Srihayati. 2020. Penerapan Metode Bermain Peran Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia 5-6 Tahun. Bandung : PT. Bumi Persada.
Henry Guntur Tarigan, 2020. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : PT. Bumi Persada.
Henry Guntur Tarigan. 2021. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: CV Angkasa.
Hurlock 2019 Bahwa bermain peran merupakan bentuk bermain aktif anak anak melalui perilaku dan bahasa yg jelas hal 329.
Huges 2019, bermain peran termasuk tindakan pikiran dan bukan hanya perilaku bermain peran secara terbuka hal 106.
Harley, Frank goldens 2019, pengaruh metode bermain peran terhadap peningkatan Keterampilan berbicara anak usia 5 - 6 tahun hal 22.
Juhana Nasrudin. 2019. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung : PT. Panca Terra Firma.
Khumaira. 2020 Pengaruh Metode Bermain Peran Makro Terhadap Aspek Perkembangan Berbahasa Anak Usia 5-6 Tahun. Skripsi. UIN Raden Intan Lampung.
Muhammad, Mushthafa Muslim. 2019. Kemampuan Berbicara Anak. Jakarta : Erlangga.
Muhammad, Mushthafa Muslim. 2020. Tafsir Surah Ar - Rahman Ayat 1-4 Nikmat Allah Yang Paling Besar . Jilid 1. Sharjah: University of Sharjah.
Muliawati, Nita Nur. 2019. Teori Pembelajaran Anak Usia Dini Dalam Kajian Neurosains. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Nafis Yunalia, Ratna Wahyu Pusari. 2019. Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Contextual Teaching and Learning Pada Anak Usia 5-6 TAHUN Di RA Masyithoh Bayuputih Tahun Aharan 2019/2020. Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini. Vol 5, No 2.
Ni Putu Dessy Rumilasari, et. al. 2020. Pengaruh Metode Bermain Peran (Role Playing) Terhadapa Kemampuan Berbcara Pada Anak Kelompok A. (e-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, Vol. 4 No. 2.
Ni Putu Dessy Rumilasari, et. al. 2021. Pengaruh Metode Bermain Peran (Role Playing) Terhadapa Kemampuan Berbcara Pada Anak. Jakarta : Salemba Empat.
Rima Gontina, Kanada Komariyah, Uswatun Hasanah. 2019. Penerapan Metode Bermain Peran (Role Playing) untuk Mengembangkan Kecerdasan Intrapersonal dan Interpersonal Anak”. Al Athfaal : Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 2 No 1.
Safitri, Erli. 2021. Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Kemampuan Berbicara Kelompok B TK Muslimat Hayatul Wathon. Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas Surabaya, https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwigzpHtwN6EAxXgRmwGHYe3A4IQFnoECBEQAQ&url=https%3A%2F%2Fejournal.unesa.ac.id%2Findex.php%2Fpaudteratai%2Farticle%2Fview%2F7976%2F3796&usg=AOvVaw3seSY-ay0Tb5n6Rarp73LY&opi=89978449
Septi Yani. 2019. Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Peningkatan Keterampilan Berbicara Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Raudhatul Athfal Darul Ulum Baturaja Kecamatan Sungkai Utara Kabupaten Lampung Utara. Skripsi. UNILA.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methodes). Bandung: Alfabeta.
Sugi Hartono 2019, menjelaskan bahwa metode bermain peran merupakan metode pembelajaran melalui perkembangan imajinasi dan penghayatan peserta didik dengan cara memerankan tokoh hal 83.
Sujarweni, V. Wiratna. 2019. Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Suryadi dan Maulidya Ulfah. 2019. Konsep Dasar PAUD. (Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Sutarman, Maman dan Asih. 2019. Manajemen Pendidikan Usia Dini. Bandung : Pustaka Setia.
Suyadi & Dahlia. 2020. Implementasi Kurikulum Paud 2013 Program Pembelajaran Berbasis Multiple Intelegences. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Piaget vigotsky dan Brunei 2019 mengidentifikasi bahwa anak - anak akan mengembangkan kemampuan representatif ketika bermain peran hal 30.
Wijayani, Novan Ardy. 2022. Bina Karakter Anak Usia Dini : Panduan Orangtua dan Guru dalam Membentuk Kemandirian dan kedisiplinan Anak Usia Dini. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media.
Winda gunarti Dkk. 2020. Metode Pengembangan Prilaku Dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.
Yuli Tri Andini. 2020. Penggunaan Metode Bermain Peran Guna Meningkatkan Karakter Tanggung Jawab Anak. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Malang.
Yunita. 2019. Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Lisan melalui Bermain Peran pada Kelompok B PAUD Wijaya Kusuma Kelurahan Way tataan Kecamatan
Teluk Betung Timur Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. UNILA.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/btu.v9i2.5063
DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.29300/btu.v9i2.5063.g4144
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Revi Novia Sari, Asiyah Asiyah, Wiji Aziz Harimukti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Indexed By :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Disclaimer: Al-Bahtsu: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam articles published by Pascasarjana UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu have been previewed and authenticated by the Authors before publication. The Journal, Editor and the editorial board are not entitled or liable to either justify or responsible for inaccurate and misleading data if any. It is the sole responsibility of the Author concerned. Read our Plagiarism Policy and use of this site signifies your agreement to the Terms of Use.