Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar dalam Menyukseskan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SDN 04 Muara Pinang
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akhmad & Dinda. Implementasi Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Ibtida. Vol 3 No 2. Pemalang. 2022.
Annisa Ramadhani Al-Husaini Lubis. Implemetasi Merdeka Belajar Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Siswa MI. Journal of Education. Vol 6 No 2. 2020. Diakses pada tanggal 21 Maret 2023 Pukul 15:30 WIB.
Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. 2022.
Dewi Rahmadayanti dan Agung Hartoyo. Potret Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu Vol 6 No 2. 2022. Diakses pada tanggal 20 Maret 2024 pukul 12:45 WIB.
Dinda, Ayu V. Analisis Keterlaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Tema (Kearifan Lokal) Kelas IV di SD Muhammadiyah 4 Batu. Skripsi S1Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. UIN Jakarta. 2022. Diakses pada tanggal 05 Januari 2024 Pukul 10:25.
Effendi. Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES. 2012.
Enjang, Sarip Hidayat. Refleksi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Berbasis Pancaniti. NTB: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian. 2021.
Evi, dkk. Aplikasi Kurikulum Merdeka: Fenomena Lerrning Loss pada Pembelajaran Kimia. Bandung: CV. Media Sains Indonesia. 2023.
Farhana, Ika. Memerdekakan Pikiran dengan Kurikulum Merdeka: Memahami Konsep Hingga Penulisan Praktik Baik Pembelajaran di Kelas. Bogor: Lindan Bestari. 2022.
Hariri, Hasan Dkk. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Media Akademi. 2016.
Hasibuan. Malayu S.P. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT Bumi Aksara. 2007.
Hidayat Wiji, dkk. Manajemen Kurikulum dan Program Pendidikan (Konsep dan Strategi Pengembangan). Yogyakarta: Semesta Aksara. 2021.
Ikram. Muhammad. Implementasi Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar di SMPN 2 Parepare. Jurnal MPI. Vol 1 No 1 2023, diakses pada tanggal 05 Januari 2024 pukul 10:15 WIB.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Salinan Lampiran Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Nomor 009/H/KR/2022 tentang Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan. 2022.
Khairiah, K. Pengaruh Implementasi Kurikulum Berbasis KKNI Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan PTAIN. Nuansa Jurnal Studi Islam dan Kemasyarakatan. Vol 8 no 2. 2015. Diakses pada tanggal 28 Maret pukul 10:35 WIB.
Khairiah, K. Peran Fungsi Evaluasi Dalam Lembaga Pendidikan (Program Pembelajaran).
Maujud, Fathul. Implementasi Fungsi-Fungsi Manajemen Dalam Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Penelitian Keislaman. Vol 14 No 1. 2018. Diakses pada tanggal 20 Maret 2024 pukul 12:00 WIB.
Mihmidaty. Manajemen Kurikulum: Dalam Perspektif Al Qurab dan Hadis. Surabaya: Global Aksara Press. 2021.
Mulyasa, E. Pengembangan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung, PT Remaja Rodaskarya. 2015.
Nugrahani, Farida. Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. 2014.
Panduan Pengembangan Profil Pelajar Pancasila.
Poerwanti, dkk. Assesmen Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas. 2008
Putu, dkk. Penerapan Strategi dan Model Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka Belajar. Bandung: CV. Media Sains Indonesia. 2022.
Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. Potret kurikulum merdeka, wujud merdeka belajar di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, Vol 6 no 4. 7174-7187. 2022. Diakses pada tanggal 28 Maret pukul 10:00 WIB.
Shalahudin, Ismail, dkk. Analisis Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Mewujudkan Pelajar Pancasila Di Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial. Vol 2 No 1 Januari 2021. Diakses pada tanggal 05 Januari 2024.
Sondang P. Siagian. Filsafat Administrasi. Jakarta: Bina Aksara. 2003.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. 2015.
Sudarto, Abd Hafid dkk. Analisis Implementasi Program Merdeka Belajar di SDN 24 Mancang dalam Kaitannya dengan Pembelajaran IPA/ Tema IPA, Seminar Nasional Hasil Penelitian 2021, “Penguatan Riset, Inovasi dan Kreativitas Peneliti di Era Pandemi Covid-19”. Universitas Negeri Makassar. 2021.
Sulistiawati, Anjar. Implementasi Profil Pelajar Pancasila melalui proyek bermuatan kearifan lokal di SDN Trayu. Jurnal Fundadiknas. Vol 5 No 3 November 2022. diakses pada tanggal 05 Januari 2024 Pukul 10:45
Tema Umum Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, https://ditsmp.lemdikbud.go.id/tema-umum-proyek-penguatan-profil-pelajar-pancasila/, diakses pada Rabu, 31 Januari 2024 pukul 10:39.
Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Journal of Education, Vol 8 no 1. 2022. Diakses pada tanggal 28 Maret pukul 09:45 WIB.
Wahyudin, Dinn. Manajemen Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2014.
Yuhda, Rizqa. Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar Untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMAN 2 Batu Malang. UIN Malang. 2023.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/btu.v9i1.4904
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Pebri Yanti, Khairiah Khairiah, Mindani Mindani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Indexed By :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Disclaimer: Al-Bahtsu: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam articles published by Pascasarjana UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu have been previewed and authenticated by the Authors before publication. The Journal, Editor and the editorial board are not entitled or liable to either justify or responsible for inaccurate and misleading data if any. It is the sole responsibility of the Author concerned. Read our Plagiarism Policy and use of this site signifies your agreement to the Terms of Use.