Manajemen Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Lulusan di Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Mutiara Assyifa Bengkulu

Anggi Santika, Adisel Adisel, Irwan Satria

Abstract


Rumusan penelitian ini adalah : 1) Bagaimana manajemen guru di MI Terpadu Mutiara Assyifa Bengkulu ? 2) Bagaimana manajemen guru dalam meningkatkan mutu lulusan di MI Terpadu Mutiara Assyifa Bengkulu ? Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa : 1) manajemen guru,  perencanaan yang dilakukan meliputi penyusunan kurikulum, penyusunan program siswa, dan penyusunan rencana kerja madrasah. Organisasi yang berjalan dengan tugas masing-masing sesuai dengan ketentuan. Pelaksanaan dalam proses belajar yang dilakukan guru mulai dari dokumen silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), media pembelajaran, guru menerapkan disiplin penilaian harian. Pengawasan memberikan penilaian, pembimbing dan pemantauan. 2) Manajemen guru dalam meningkatkan mutu lulusan, proses belajar mengajar, menerapkan disiplin pembelajaran yang menekankan pada aspek disiplin siswa dan disiplin guru, siswa diwajibkan mampu disiplin waktu, disiplin ketika mengikuti pembelajaran dan disiplin mengerjakan tugas sedangkan guru diwajibkan untuk disiplin dalam waktu mengajar dan disiplin dalam pendampingan belajar, belajar mandiri siswa, kegiatan belajar tambahan dan pembekalan persiapan ujian. Saran mutu lulusan, sikap dan karakter siswa seperti kemandirian, sopan santun hendaknya dapat dipertahankan dengan baik.

Keywords


Manajemen Madrasah; Mutu Lulusan;

Full Text:

PDF

References


Ali, A., & Pirman, P. 2023. “Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan Di TK Islam Al-Fath Leuwiliang Bogor.” 6(1):119–32.

As’adiyah, Abdurrahman. 2024. “Strategi Untuk Meningkatkan Mutu Lulusan Pada Program Unggulan Bahasa Di SMA Nurul Jadid.” Jurnal Educatio 10(1):114–21.

Amiriyyah, Diniyyah A. L. n.d. “Implementasi Manajemen Mutu Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Mutu Lulusan Di Madrasah Diniyyah Al Amiriyyah.” 73–84.

Abdullah Ali. 2022. “Peran Guru Dalam Pengelolaan Kelas.” JURNAL EKSPERIMENTAL : Media Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 10(2):20–27.

Affrilian, Essa. 2023. “Peran Kepala Sekolah Dalam Melaksanakan Fungsi Manajerial Untuk Meningkatkan Mutu Sekolah Di SMP Islam YPI 3 Way Jepa.” Jurnal Humaniora Dan Ilmu Pendidikan 2(2):93–103.

Adilah, Hilya Gania, and Yaya Suryana. 2021. “Manajemen Strategik Dalam Meningkatkan Mutu ‎Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah.” Jurnal Isema : Islamic Educational Management 6(1):87–94.

Anton, Anton, and Usman Usman. 2020. “Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Pendekatan Pengelolaan Kelas.” TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan 4(1):69–83.

Dewi, Ai Surtika, Dinda Amalia, and Arif Hidayat. 2023. “Implementasi Manajemen Pembelajaran Teaching Factory Dalam Mengimplementasikan Kewirausahaan SMK.” Jurnal Pendidikan Tambusai 7(2):13003–11.

Fitrah, Muh. 2017. “Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” Jurnal Penjaminan Mutu 3(1):31. Ahamed Y, Macdonald H, Reed K, Naylor PJ, Liu-Ambrose T, and McKay H. 2007. “School-Based.” Medicine & Science in Sports & Exercise 39(2):371–76.

Fery Irianto Setyo Wibowo, Feryisw. 2023. “Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Islam.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Kebudayaan Dan Agama 1(1):32–26.

Fery Irianto Setyo Wibowo, Feryisw. 2023. “Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Islam.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Kebudayaan Dan Agama 1(1):32–26.

Guru Mata Pelajaran Agama Islam Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan Peserta Didik Di Mtsn 1 Kota Kediri.” Jurnal Ilmu Multidisplin 1(4):788–98.

Hasibuan, Sari Mahwati. 2022. “Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” TADRIBUNA: Journal of Islamic Education Management 2(1):1–9.

Prananosa, Ahmad Gawdy, Marianita Marianita, and M. Rusni Eka Putra. 2022. “Evaluasi Program Madrasah Ibtidaiyah Swasta Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan.” Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT) 5(2):136–42.

Widayati, Yuni. 2018. “Manajemen Pembelajaran Kebahasaan Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Lulusan Di MAN 2 Yogyakarta.” Media Manajemen Pendidikan 1(1):78. Akbar, A., R. Raharjo, D. Supriadi, and ... 2022. “Manajemen Sekolah Berbasis Pesantren Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan.” Jurnal Pendidikan … 16(02):644–59.

Widodo, Ahmad. 2016. “Strategi Pengembangan Mutu Lulusan Di SMPIT Al Huda Wonogiri.”

Widodo, Ahmad. 2016. “Strategi Pengembangan Mutu Lulusan Di SMPIT Al Huda Wonogiri.”

Ya’cub, Mihmidaty, Nurul Lailiyah, and Nur Hani’ah. 2020. “Manajemen Pembelajaran Berbasis Bahtsul Masail Pada Mata Pelajaran Fiqih Ibadah Di Pondok Pesantren Fathul Ulum Jombang.” Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam 4(1):52–73.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/btu.v9i1.4250

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.29300/btu.v9i1.4250.g4802

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Anggi Santika, Adisel, Irwan Satria

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed By :

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Disclaimer: Al-Bahtsu: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam articles published by Pascasarjana UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu have been previewed and authenticated by the Authors before publication. The Journal, Editor and the editorial board are not entitled or liable to either justify or responsible for inaccurate and misleading data if any. It is the sole responsibility of the Author concerned. Read our Plagiarism Policy and use of this site signifies your agreement to the Terms of Use.