Relasi Akal dan Wahyu Era Modern (Analisis Teologis Pemikiran Ibnu Taymiyyah)

Sindi Lestari, Ismail Ismail

Abstract


Abstract: The results of this study are; 1) Ibn Taymiyyah adheres to tauhid uluhiyah because rububiyyah has included it. Ibn Taimiyah divided the concept of Tauhid into three parts, Tauhid Asma' Wa-asshifat, Tauhid Uluhiyyah and Tauhid Rububiyah. Ibn Taimiyyah prioritized revelation over reason, revelation was considered higher than reason but did not leave reason behind, he equated reason and revelation by viewing the position of reason as "gharizah". Ibn Taimiyah's thoughts on the relationship between reason and revelation, namely by concluding that revelation is higher than philosophy and then also trying to reconcile reason and revelation by relating reason and revelation in interpretation in order to understand the sharia by returning to the concept of its suitability because it involves reason. according to him reason and revelation are in harmony. Real revelation and a straight intellectual perspective are always in line. Ibn Taymiyyah formulated the concept of conformity to overcome the conflict between reason and revelation. 2) Theological analysis of Mrs. Taymiyyah's thoughts on the relationship between reason and revelation that has an impact on the modern era with its advantages and disadvantages, namely there are 5 components, first, revelation is prioritized over reason, second, reason may be equal to revelation, third, the conflict between reason and revelation by prioritizing reason, fourth, Ibn Taymiyyah's method of interpretation and fifth, Ibn Taymiyyah's concept of fitrah. Ibn Taymiyyah's thoughts contributed to the progress of the modern era in several fields, first, Ibn Taymiyyah is used in a number of modern disciplines, second, Ibn Taymiyyah's modern Tafsir Al-Quran, third, Islamic Law is influenced by Ibn Taymiyyah, fourth, The impact of modern politics from Ibn Taymiyyah, fifth, Ibn Taymiyyah's Contribution to the modern economy, sixth, Ibn Taymiyyah's Influence on modern thought.
Keywords: The Relationship between Reason and Revelation in the Modern Era.

Abstrak: Hasil penelitian ini adalah; 1) Ibnu Taymiyyah menganut tauhid uluhiyah. Ibnu Taimiyah membagi pengertian Tauhid menjadi tiga bagian, Tauhid Asma' Wa-asshifat, Tauhid Uluhiyyah dan Tauhid Rububiyah. Ibnu Taimiyyah memprioritaskan wahyu dari pada akal, wahyu dianggap lebih tinggi dari akal namun tidak menerbelakangi akal, beliau menyama ratakan akal dan wahyu dengan memandang posisi akal sebagai “gharizah”. Pemikiran Ibnu Taimiyah pada relasi akal dan wahyu yaitu dengan model menyimpulkan bahwa wahyu lebih tinggi dari filsafat kemudian juga berupaya mendamaikan akal dan wahyu dengan merelasikan akal dan wahyu dalam takwil guna memahami syariat dengan kembali pada konsep kesuaiannya karena melibatkan akal menurutnya akal dan wahyu adalah selaras. Ibnu Taimiyah merumuskan konsep kesesuaian guna mengatasi konflik antara akal dan wahyu.2) Analisis teologis pemikiran Ibu Taymiyyah terhadap relasi akal dan wahyu yang berdampak pada era modern dengan kelebihan dan kekurangannya yaitu ada 5 komponen, pertama, wahyu lebih diprioritaskan dari pada akal, kedua, akal boleh setara dengan wahyu, ketiga, konflik relasi akal dan wahyu dengan mendahulukan akal, keempat, metode penafsiran Ibnu Taymiyyah dan yang kelima, konsep fitrah Ibnu Taymiyyah. Pemikiran Ibnu Taimiyah berkontribusi dalam kemajuan era modern dalam beberapa bidang, pertama, Ibnu Taimiyah digunakan dalam sejumlah disiplin ilmu modern, kedua, Tafsir Al-Quran modern Ibnu Taimiyyah, ketiga, Hukum Islam dipengaruhi oleh Ibnu Taimiyah, keempat, Dampak politik modern dari Ibnu Taimiyah, kelima, Kontribusi Ibnu Taimiyah terhadap perekonomian modern, keenam, Pengaruh Ibnu Taimiyyah terhadap pemikiran modern.
Kata kunci : Relasi Akal dan Wahyu Era Modern.

Keywords


The Relationship between Reason and Revelation in the Modern Era.

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

A. Hanafi, Pengantar Theology Islam, Penerbit Pustaka Al-Husna, Jakarta, cet. 3, h. 140

A. Mustofa, Filasafat Islam (Bandung: Pustaka Setia 1997), 164.

A.A. Islahi, Konsep Ekonomi Ibn Taimiyah (Surabaya: PT. Bina Ilmu, 1997).hal 121

Abdul Halim Mahmud, At Tafkirul Adabil Lughotil Arabiah III, Maktabah al-Englo al Misriah, 1955, h. 261-262

Agus Nurhakim. Negara Hukum Perspektif Ibnu Taimiyyah (W. 728 H).

Ahmad Amin, Seratus Tokoh dalam Sejarah Islam, Bandung, PT. Remaja Rosdakarya, 1999, h. 231

Amin Ahmad. Seratus Tokoh Sejarah Islam, Bandung, PT. Pemuda Rosdakarya, 1999] hal 213

Amroni Drajat, Ulumul Qur’an: Pengantar Ilmu-Ilmu Al Qur’an, (Depok: Kencana, 2017), h.33

Anton Minardi, Konsep Negara dan Gerakan Baru Islam, (Bandung: Prisma Press, 2008), hlm. 54-55.

Apriola, K. (2020). Konsep Pemikiran Pendidikan Islam Masa Ibnu Taymiyyah.

Arifah, N. H. (2023). Relasi Agama Dan Filsafat Dalam Tafsîr Al-Mishbâh Karya M. Quraish Shihab (Doctoral dissertation, Institut PTIQ Jakarta).

Atho’ Muzhar, Fiqh Dan Reaktualisasi Ajaran Islam“, Dalam Budhy Munawar Rachman (Ed), Kontekstualisasi Doktrin Islam Dalam Sejarah (Jakarta: Yayasan Paramadina, 1995). 369

Azam Abu Al Hadi. 2008. Pemikiran Fikih Ibn Taimiyyah dan Pengaruhnya pada Era Modern di Arab Saudi. Al-Qānūn, Vol. 11, No. 2,

Baktir, H., Haedar, M., Massardi, L. G. R. A., Rosyidiy, A., & Suwandi, S. (2022). Profil Ibnu Taimiyah. El-Afaq; PROSIDING FAI, 1(1).

Basyit, A. (2019). Pengaruh Pemikiran Ibn Taymiyyah Di Dunia Islam. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 15(2).

Bin Has Qois Azizah. 2021. Konsep Tauhid Ibnu Taimiyah dan Pengaruhnya Terhadap Pembaharuan Pemikiran Islam. Jurnal Filsafat dan Teologi Islam Vol. 12 No. 2

Budhy Munawar. Karya Lengkap Nucholis Majic Keislaman, Keindonesiaan dan Kemoderenan.Jakarta Selatan. MCMS. 2019. HAL 40,45

Budhy Munawar. Pemikiran Islam Nurcholis Majid. Tanggerang. 2022.

Fahmi Hamid Zarkasy. 2007. Akal Dan Wahyu Dalam Pandangan Ibnu Rusyd Dan Ibn Taimiyyah. Profetika, Jurnal Studi Islam, Vol. 9, No. 1

Hafid, Wahyudin. 2021. “Menyoal Gerakan Salafi Di Indonesia (Pro-Kontra Metode Dakwah Salafi).” Al-Tafaqquh: Journal of Islamic Law 2, no. 1

Haikal Baktir. Profil Ibnu Taimiyah.Vol 1.No 1.2022.

Hamid Muhammad al-Faqi , Naqd al-Mantiq Cairo: Matba‘ah alSunnah al-Muhammadiyyag, 1951, 42-44

Hamzah Ya‟qub, Filsafat Agama: Titik Temu Akal dan wahyu, (Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya,1992), h. 129.

Harun Nasution, Akal dan Wahyu dalam Islam, Jakarta: UI-Press, 1986, hal. 12

Harun Nasution, Islam Rasional: Gagasan dan Pemikrian (Bandung: Mizan 1998), 116.

Harun Nasution, Pembaharuan dalam Islam: Sejarah Pemikiran dan Gerakan (Jakarta: Bulan Bintang 1990), 13.

Harun Nasution, Teologi Islam, Jakarta: UI-Press, 1972, hal. 80.

Harun Nasution, Teologi Islam: Aliran-aliran Sejarah Analisa Perbandingan (Jakarta: UI Press, 2002), ix

Harun Nasution. Ditinjau Dari Berbagai Aspek. Riau.2019

HM Arifin, Ilmu Pendidikan Islam. (PT. Bumi Aksara, 2006)

Hosnan, H. (2014). Pemikiran Cendekiawan Muslim Terhadap Pemikiran Islam Modern. Kariman: Jurnal Pendidikan Keislaman, 2(1), 43-56.

Hutasuhut, E. (2017). Akal Dan Wahyu Dalam Islam:(Perbandingan Pemikiran Harun Nasution dan Muhammad Abduh) (Doctoral dissertation, UINSU).

Ibn Khaldun, Mukaddimah Ibn Khaldun, diterjemahkan oleh Ahmadie Thoha, Jakarta: Pustaka Firdaus, 2006, hal. 529.

Ibn Taymiyyah, Dar’ Ta’arud, vol.I,ed. M. Rishad Salim, Dar al-Kutub, Cairo, 1981,198

Ibn Taymiyyah, al-Radd ‘ala al-Mantiqiyyin, ed. Rafiq al-‘Ajam, Beirut: Dar al-Fikr al-Lubnani, 1993, 130-35.

Ibnu Taymiyyah. Dar-u Ta’aarudhil-‘Aql wan-Naql: I/150

Ibnu Manzhur, Lisân al-ʻArab, t.tp: Dar al-Ma‟arif, t.th, hal. 468-469.

Ibnu Taimiyah, al-Hisbah, h. 42

Ibnu Taimiyah, Hukum Islam Dalam Timbangan Akal Dan Hikmah Juga Yang Menyigung Mengenai Nash Alqur‟Andengan Akal, (Beirut: Al-Maktabah Risalah, 1987), H. 18

Ibnu Taimiyah, Karakteristik Wali Allah dan Wali Setan, Solo, CV Ramadhani, 1991.8

Ibnu Taimiyyah (Studi Purifikasi Tasawuf dalam Kitab Fatāwā Jilid XI) Program Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (Iain) Walisongo Semarang.Victress, I. D. V. (2023).

Ibnu Taymiyyah. Majmu Alfatawa Ibnu Taymiyyah.Pustakaazzam. Jakarta. 2010.hal 32

Ibrahim Madkur, Fi Al-Falsafah Al-Islamiyah: Manhaj wa Tathbiquh, jilid II, Dar AlMaarif, Mesir, 1947, h. 31

Imam Al-Ghazali, Ihya’ Ulumiddin, Juz IV (Kairo: Daar Ihya al Arabiyah, t.t), 240.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/mtq.v8i2.5835

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by :

   

 

     

 

Creative Commons License
Jurnal Manthiq ini diterbitkan oleh UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License..

__________________________________________________

MANTHIQ: JURNAL FILSAFAT AGAMA DAN PEMIKIRAN ISLAM
UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia (0853-8130-5810)