Kolaborasi Peningkatan Kualitas UMKM Berbasis Digital Marketing Dengan Metode Participatory Action Research (PAR)

Muhartini Salim, Rina Suthia Hayu, Ferry Atmaja, Yenti Sumarni, Ade Tiara Yulinda

Abstract


Salah satu potensi kota Argamakmur kecamatan Bengkulu Utara Provinsi Bengkulu adalah keberadaan UMKM. Sistem pemasaran UMKM tersebut masih bersipat konvensional sedangan mayoritas Masyarakat dan pelaku UMKM muslim. Di era digitalisasi sekarang ini, sebuah kebutuhan transformasi pemasaran dari konvensional ke digital. Tujuaan pengabdiaan ini adalah memberi edukasi urgensi digital marketing sebagai media dalam melakukan promosi di Tengah era komunikasi digitalisasi .metode yang digunakan pada pengabdiaan ini adalah Participatory action research (PAR) Pengabdiaan ini ini dilakukan di ruang pola sekdakab Bengkulu Utara berkolaborasi Universitas Bengkulu,  Pemda Bengkulu Utara, Dinas Koperasi, Bank Bengkulu   dosen perguruaan tinggi di Provinsi Bengulu, UNIB,UIN,UMB,IAIN Bengkulu dalam kegiatan ini melibatankan langsung semua UMKM yang ada di Kota Argamakmur hasil pengabdiaan ini mendorong UMKM untuk meningkatkan kualitas Produk dan layanan melalui pelatihan digitalisasi manajemen pemasaran produk, layanan promosi berbasis Syariah  beberapa UMKM mampu memahami dan menggunakan digital sebagai media promosi.

Keywords


UMKM; Digital Marketing; PAR

References


Anwar, S. (2019). Revolusi industri 4.0 Islam Dalam Merespon Tantangan Teknologi Digitalisasi. In Jurnal Studi Keislaman (Vol. 8, Issue 2)

Heny, M, Dewi U., Kehutanan.F Gadja,U & Baiquni, M.M (2013) Pengembangan desa wisata berbasis Partisipasi Masyarakat Lokal di Wisata Jatiluwih Tabana . Bali.JUrnal Kanvistara, 3(2),17-2013

Jamaludin, A. N. (2013). Sosiologi Perdesaan. In Journal of Chemical Information and Modeling(Vol. 53, Issue 9)

Mansir, F., & Purnomo, H. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Digital Marketing dan Media Sosial Sebagai Media Promosi Era Pandemi Covid -19 di UMKM Panggungharjo Sewon Bantul. Abdimas Singkerru, 1(1), 39–50. https://jurnal.atidewantara.ac.id/index.php/singkerru/article/view/3

Mulyaningsih, T., Ratwianingsih, L., Rahman Hakim, A., & Fakultas Ekonomi dan Bisnis, M. (2021). Pelatihan digitalisasi dan pengelolaan produk umkm makanan halal tradisional di Sukoharjo

Rahmat, A.,& Mirnawati, M. (2020) Model Participatory action research dalam pemberdayaan masyarakat. Aksara: Jurnal Ilmu

Santos-Arteaga, F. J., Tavana, M., & di Caprio, D. (2022). Information acquisition and assimilation capacities as determinants of technological niche markets. Journal of Innovation and Knowledge, 7(3). https://doi.org/10.1016/j.jik.2022.100193

Safei, A.A., Ono, A., & Nurhayati, E (2020). Pengembangan Masyarakat Perseptif Islam dan Barat

Stankevičienė, J., & Kabulova, J. (2022). Financial Technology Impact on Stability of Financial Institutions. Technological and Economic Development of Economy, 28(4), 1089–1114. https://doi.org/10.3846/tede.2022.17093

Warmayana, I. G. A. K. (2018). Pemanfaatan Digital Marketingdalam Promosi Pariwisata pada Era Industri 4.0. PARIWISATA BUDAYA: JURNAL ILMIAH AGAMA DAN BUDAYA, 3(2), 81–92. https://doi.org/10.25078/PBA.V3I2.649

Yanti, N., Dewi, S., & Agustina, A. (2021). Halalan Toyyiban: Theory and Implementation of Food Products Consumers. In Indonesian Interdisciplinary Journal of Sharia Economics (IIJSE) (Vol. 4, Issue 1).




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/mjppm.v13i2.4872

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): http://dx.doi.org/10.29300/mjppm.v13i2.4872.g4231

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

   

 

 _______________________________________________

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License..

__________________________________________________

MANHAJ: JURNAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT
Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Indonesia

 

View My Stats