Pendampingan Materi Sejarah Lokal Masa Revolusi Fisik Bagi Guru Sejarah Sma Se-Kota Lubuklinggau
Abstract
Keywords
References
Abd. R, H. (2014). Pembelajaran Sejarah. Ombak.
Abdullah, T. (1985). Di Sekitar Sejarah Lokal di Indonesia. Dalam Taufik Abdullah (ed). Sejarah Lokal di Indonesia. Gadjah Mada University Press.
Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.
Hariyono, H. (2017). Sejarah Lokal: Mengenal yang Dekat, Memperluas Wawasan. Sejarah Dan Budaya. Jurnal Sejarah, Budaya, dan Pengajarannya, 11(2), 160–166. https://doi.org/10.17977/um020v11i22017p160
Hasan, S. H. (2015). Pendidikan Sejarah, Kemana dan Bagaimana? Makalah dipresentasikan di Seminar Asosiasi Guru Sejarah.
Kartodirdjo, S. (1992). Pendekatan Ilmu Sosial dalam Metodologi Sejarah. Gramedia Pustaka Utama.
Kochar, S. K. (2008). Teaching of History. Gramedia Widiasarana.
Komalasari, K. (2018). The Influence of Living Values Education-Based Civic Education
Textbook on Students’ Character Formation. International Journal of Instruction 11, 1 (2018), 395–410.
Levesque, S. (2010). On Historical Literacy: Learning to Think Like Historian. Journal for Social Research 3, 2 (2010), 42–46.
Marta, N. (2020). Penelitian Tindakan Kelas sebagai Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru Sejarah Di Sekolah Menengah Atas Kabupaten Bogor. 17(1), 22–29.
Pahlevi, M. R., & Hudaidah. (2020). Tindakan Kelas Bagi Guru Sejarah Sekolah Menengah Atas Di Palembang. Jurnal Praksis dan Dedikasi Universitas Negeri Malang, 3(1), 34–38.
Saripudin, D., Yulifar, L., & Anggraini, D. N. (2021). Pelatihan Pembuatan dan Pemanfaatan Replika Sejarah dan Peta E-Pen Bagi Guru-Guru SMA/MA.
ABDI: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 3 (1) Juni.
Sayono, J. (2013). Pembelajaran Sejarah Di Sekolah: Dari Pragmatis Ke Idealis. Jurnal
Sejarah Dan Budaya, 7(1), 9–17.
http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijhe%0APENGARUH Suryadi, A. (2013). Guru-Guru Sejarah Sma Di Kota Semarang Dalam Kemampuan Pemanfaatan Media Google Earth Dalam Pembelajaran. Jurnal Penerapan Teknologi Dan Pembelajaran, 11(2), 95–104.
Widja, I. G. (1989). Sejarah Lokal Suatu Prespektif dalam Pengajaran Sejarah. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Wineburg, S. (2000). Making Historical Sense” In Knowing, Teaching, and Learning History: National and International Perspectives, edited by Peter N. Stearns, Peter Seixas and Sam Wineburg 306-25. New York University Press.
Wiyanarti, E., Supriatna, N., & Winarti, M. (2020). Pengembangan Sejarah Lokal Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah Yang Kontekstual. FACTUM: Jurnal Sejarah Dan Pendidikan Sejarah, 9(1), 67–74. https://doi.org/10.17509/factum.v9i1.21666
Yusuf, S., Asmi, A. R., & Pahlevi, M. R. (2020). Perjuangan Rakyat Musi Rawas pada masa Revolusi Fisik 1947-1949. Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Sriwijaya.
Zia, Ulhaq et al. (2017). Pembelajaran Sejarah Berbasis Kurikulum 2013 di SMA Kotamadya Jakarta Timur. Jurnal Pendidikan Sejarah 6, 2 (2017), 1–12.
Zahro, M., Sumardi, & Marjono. (2017). The Implementation Of The Character Education In History Teaching. Jurnal Historica, 1(2252), 1–11.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/mjppm.v10i1.3672
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexing by :
_______________________________________________
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License..
__________________________________________________
MANHAJ: JURNAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT
Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Indonesia