Character Education in the Book of Hikam and Its Relevance to National Character Education Program in Indonesia

Aulia Suhesty, Diah Rahayu, Annisa Lyona, Sajjad Hussain

Abstract


The aim of this study is to explain the concept of character education contained in the book of Hikam and its relevance to Indonesia's national character education program. This research was a library study that employed the content analysis technique. The data collection method was the documentation technique. The findings of this study indicate that the concept of character education in the book of Hikam emphasizes religious character education. This approach focuses on uluhiyyah (divinity), suggesting that humans should align all their life activities with God by spreading goodness in all circumstances. The closer and more obedient a person is to God, the more character and noble that person would be. This religious education is an exercise (riyadhah) and sincerity (mujahadah) that is well organized and systematic and carried out by an educator to shape a pious personality in a student, both physically and spiritually. The concept of religious character refers to faith, honesty, piety, sincerity, and patience. Religious character teaches human being to become a person with character and responsibility. The character education values in the book of Hikam strengthen Indonesia's national character education program. In Sheikh Ibn Atha'illah's view, the character education strategy are divided into two stages: planting and spreading. Religious education is very relevant to the national character education strategy, such as intervention (instilling character in students) and habituation (instilling character through the environment). Studi ini bertujuan menjelaskan konsep pendidikan karakter yang ada dalam kitab Sufi Hikam serta relevansinya terhadap program nasional pendidikan karakter yang ada di Indonesia. Penelitian ini adalah library research yang mengunakan teknik content analisa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi. Temuan dalam penelitian ini adalah konsep pendidikan karakter yang ada pada kitab sufi Hikam adalah pendidikan karakter religious yang mengacu pada karakter uluhiyyah (ketuhanan), yakni manusia harus mengorientasikan segala aktivitas kehidupanya kepada tuhan dengan menyebarkan kebaikan dimana saja berada. Semakin dekat dan taat seseorang kepada tuhanya maka orang tersebut akan semakin berkarakter dan berakhlak mulia. Pendidikan religius ini merupakan suatu latihan (riyadhah) dan kesungguhan (mujahadah) yang terencana dan sistematis, serta dilakukan oleh seorang pendidik untuk membentuk kepribadian yang shaleh pada seorang anak didik baik dari segi jasmani maupun rohaninya. Konsep karakter religius ini mengacu pada nilai-nilai keimanan, kejujuran, ketakwaan, keikhlasan dan kesabaran. Kitab Hikam mendidik seorang manusia menjadi pribadi yang berkarakter dan bertangung jawab. Nilai-nilai pendidikan karakter pada kitab Hikam menguatkan program nasional pendidikan karakter di Indonesia. Strategi pendidikan karakter dalam pandangan Syeikh Ibnu Atha’illah dibagi dalam dua tahap, yaitu proses penanaman dan penyebaran. Hal ini sangat relevan dengan strategi pendidikan karakter nasional, yaitu intervensi (penanaman karakter pada diri peserta didik), dan habituasi (penanaman karakter melalui lingkungan).

Keywords


book of Hikam; character building; national education program

Full Text:

PDF

References


Abdusshomad, Alwazir, “Pentingnya Penerapan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran,” Jurnal Asy-Syukriyyah, vol. 19, no. 1, February 2, 2018. https://doi.org/10.36769/asy.v19i1.22.

Alimuddin, Irpan, Selamet Selamet, and Udung Hari Darifah, “Konsep Pendidikan Akhlak Menurut Syekh Ibnu‘Athaillah As-Sakandari Dalam Kitabnya Al-Hikam,” Bestari: Jurnal Studi Pendidikan Islam, vol. 15, no. 1, 2018. https://riset-iaid.net/index.php/bestari/article/view/150.

Aryati, Azizah, “Pemikiran Tasawuf Syeikh Ibn ‘Atoillah As-Sakandari Dalam Kitab Al Hikam (Kajian Tentang Rekonstruksi Dan Kontribusi Nilai-Nilai Tasawuf Dalam Pendidikan Islam),” Manhaj: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, vol. 6, no. 1, 2017. https://doi.org/10.1161/.v5i1.746.

Athoilah, Imam Ibnu, Kitab Syarh Hikam. Surabaya: Al Hidayah, 2010.

Aw, Suranto, “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Yang Terkandung Dalam Tayangan ”Mario Teguh Golden Ways,” Jurnal Pendidikan Karakter, vol. 7, no. 2, December 14, 2016, https://doi.org/10.21831/jpk.v6i2.12048.

Badawi, Badawi, “Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Akhlak Mulia Di Sekolah,” SEMNASFIP, vol. 1, no. 1, October 26, 2019. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SEMNASFIP/article/view/5129.

Baginda, Mardiah, “Nilai-Nilai Pendidikan Berbasis Karakter Pada Pendidikan Dasar Dan Menengah, ” Jurnal Ilmiah Iqra’, vol. 10, no. 2, February 26, 2018. https://doi.org/10.30984/jii.v10i2.593.

Baihaqi, “Upaya Guru Madrasah Dalam Membentuk Kedisiplinan Pelajar Di Madrasah Aliyah Swasta Amaliyah Tanjung Tiga,” Nusantara Education, vol. 1, no. 1, December 14, 2022.

Chairiyah, Chairiyah, “Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan,” LITERASI: Indonesian Journal of Humanities, vol. 4, no. 1, December 14, 2017.

Drajat, Manpan, and Mohd Roslan Mohd Nor, “The Models of Character and Akhlaq Education for Special Needs Children in An Inclusion School,” Madania: Jurnal Kajian Keislaman, vol. 24, no. 1, June 30, 2020. https://doi.org/10.29300/madania.v24i1.2956.

Fahmi, Much Maftuhul, and Rahmatullah Rahmatullah, “Analisis Nilai Pendidikan Karakter Dalam Kitab Wadza`If Al-Muta’allim Dan Relevansinya Dengan Materi Pendidikan Agama Islam,” Piwulang: Jurnal Pendidikan Agama Islam, vol. 4, no. 2, March 31, 2022. https://doi.org/10.32478/piwulang.v4i2.967.

Fanani, Zainal, and Ahmad Ma’ruf, “Penanaman Spiritual Remaja Karang Taruna Melalui Pengkajian Kitab Hikam Di Desa Karangrejo Kecamatan Gempol Pasuruan,” Jurnal Al-Murabbi, vol. 4, no. 2, July 25, 2019. https://doi.org/10.35891/amb.v4i2.1557.

Fathurrochman, Irwan, and Abu Muslim, “Menangkal Radikalisme Dengan Penguatan Pendidikan Karakter Nasionalisme Melalui Amaliyah Aswaja Di SD Islamiyah Magetan,” QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, vol. 13, no. 2, December 22, 2021. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.1071.

Fauzi, Ahmad, “Psikosufistik Pendidikan Islam Dalam Perspektif Pemikiran Syekh Ibnu Athaillah,” Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, vol. 8, no. 2, August 1, 2018. https://doi.org/10.33367/ji.v8i2.714.

Habibie, Rizky, and Moh Syamsul Falah, “Nilai Pendidikan Sosial Pada Kitab Al-Hikam Karya Ibnu Atha’illah Al-Sakandari,” MENARA TEBUIRENG: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, vol. 14, no. 02, February 20, 2019.

Hasibuan, Muslim, “Makna Dan Urgensi Pendidikan Karakteer,” Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu Ilmu Keislaman, vol. 8, no. 1, 2014.

Ishari, Nurhafid, and Ahmad Fauzan, “Pendidikan Karakter Dalam Kitab Hikam Al-Atha’iyyah Karya Syekh Ibnu Atha’illah As-Sakandari,” Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 10, no. 1, February 15, 2017.

Jafar, Wahyu Abdul, “Political Buzzer In Islamic Law And Its Impact On Muslim Society,” Hamdard Islamicus, vol. 45, no. 3, September 30, 2022. https://doi.org/10.57144/hi.v45i3.491.

Jalil, Abdul, “Karakter Pendidikan Untuk Membentuk Pendidikan Karakter,” Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 6, no. 2, March 22, 2016. https://doi.org/10.21580/nw.2012.6.2.586.

Khaironi, Mulianah, “Pendidikan Karakter Anak Usia Dini,” Jurnal Golden Age, vol. 1, no. 02, December 29, 2017. https://doi.org/10.29408/goldenage.v1i02.546.

Laksana, Sigit Dwi, “Urgensi Pendidikan Karakter Bangsa Di Sekolah,” Muaddib : Studi Kependidikan dan Keislaman, vol. 5, no. 2, April 4, 2016. https://doi.org/10.24269/muaddib.v5i2.67.

Listrianti, Feriska, “Urgensi Pendidikan Karakter Di Min 1 Probolinggo,” Pedagogik: Jurnal Pendidikan, vol. 6, no. 1, July 1, 2019. https://doi.org/10.33650/pjp.v6i1.581.

Mahrus, Erwin, Zaenuddin Hudi Prasojo, and B. Busro, “Messages of Religious Moderation Education in Sambas Islamic Manuscripts,” Madania: Jurnal Kajian Keislaman, vol. 24, no. 1, June 30, 2020. https://doi.org/10.29300/madania.v24i1.3283.

Martono, Nanang, Metode Penelitian Kuantitatif (Analisis Isi Dan Analisis Data Sekunder), Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2014.

Maunah, Binti, “Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Kepribadian Holistik Siswa,” Jurnal Pendidikan Karakter, vol. 6, no. 1, 2015. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.8615.

Mawaddah, Nurul, “Urgensi Pendidikan Karakter Sebagai Pengembangan Mental Peserta Didik di MTS. As’adiyah Putra II Pusat Sengkang,” Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 15, no. 1, March 30, 2017. https://doi.org/10.35905/alishlah.v15i1.561.

Muhaimin, Wacana Pengembangan Pendidikan Islam. Yokyakarta: Pustaka Belajar, 2013.

Muhtamar, Syafruddin, Abdul Rauf, and Hardi Hardi, “Multi-Strategies For Treating the Roots of Corruption Behavior in Indonesia, ” Jurnal Ilmiah Mizani: Wacana Hukum, Ekonomi, Dan Keagamaan, vol. 9, no. 1, August 16, 2022. https://doi.org/10.29300/mzn.v9i1.6786.

Mu’minin, Mu’minin, “Kajian Intertekstual Antara Kitab Al Hikam Karya Ibnu Athailah Dan Syiir Jawi Budi Utami Karya Syekh Djamaluddin Ahmad,” Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 5, no. 1, June 13, 2021.

Mustoip, Sofyan, Implementasi Pendidikan Karakter. Surabaya: CV Jakad Publishing, 2018.

Muttaqin, Zaenal, “Al-Hikam Mutiara Pemikiran Sufistik Ibnu Atha’illah as-Sakandari,” Ushuluna: Jurnal Ilmu Ushuluddin, vol. 2, no. 1, 2016. https://doi.org/10.15408/ushuluna.v2i1.15173.

Nurcahyono, Yulianto, “Pendidikan Karakter Religius Dalam Kitab Al-Hikam Karya Syaikh Ibnu Athaillah As-Sakandari Dan Relevansinya Dengan Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017,” 2021.

Rohendi, Edi, “Pendidikan Karakter Di Sekolah,” EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, vol. 3, no. 1, 2011. https://doi.org/10.17509/eh.v3i1.2795.

Rony, Rony, and Siti Ainun Jariyah, “Urgensi Pendidikan Karakter Dalam Membentuk Akhlak Peserta Didik, ” Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, vol. 1, no. 1, 2020. https://doi.org/10.31538/tijie.v1i1.18.

Samsurrijal, Arif, “Permainan Tradisional Indonesia Sebagai Media Penanaman Nilai Moral Pada Siswa: Sebuah Studi Literatur,” Nusantara Education, vol. 1, no. 1, December 14, 2022.

Suhada, Ade Anang, Muliadi Muliadi, and Dodo Widarda, “Kebahagiaan Menurut Syeikh Ibnu Atha’illah as-Sakandari,” Jurnal Penelitian Ilmu Ushuluddin, vol. 2, no. 1, January 22, 2022. https://doi.org/10.15575/jpiu.13590.

Sukatin, Sukatin, Alfin Ma’ruf, Delima Mardani Putri, Dian Giawi Karomah, and Imraatun Hania, “Urgensi Pendidikan Karakter Bagi Remaja Di Era Digital,” Jurnal Sosial Dan Sains (SOSAINS), vol. 1, no. 9, September 15, 2021. https://doi.org/10.36418/sosains.v1i9.205.

Sutarwan, I. Wayan, “Urgensi Pendidikan Karakter Bagi Generasi Bangsa Di Era Perkembangan Teknologi,” Dharma Duta, vol. 16, no. 1, June 30, 2018. https://doi.org/10.33363/dd.v16i1.148.

Wathoni, Kharisul, “Internalisasi Pendidikan Karakter Di Perguruan Tinggi (Studi Kasus Di Jurusan Tarbiyah Stain Ponorogo),” Islamika : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, vol. 15, no. 2, 2015. https://doi.org/10.32939/islamika.v15i2.45.

Zaman, Badrus, “Urgensi Pendidikan Karakter Yang Sesuai Dengan Falsafah Bangsa Indonesia,” Al Ghazali, vol. 2, no. 1, June 27, 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/madania.v26i2.3771

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing by :

_______________________________________________


Creative Commons License
Madania: Jurnal Kajian Keislaman is published UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu and distributed with permission under the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License..

__________________________________________________

Madania: Jurnal Kajian Keislaman
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia