Identification of Difficulties of Physics Education Student Faculty of Teacher Training & Education in Online Learning Process On Covid-19 Pandemic Era
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad Susanto. 2013. Teori Belajar dan
Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta:
Kencana Prenadamedia Group.
Abdurrahman, M. 2003. Pendidikan Bagi Anak
Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Darmadi, Hamid. 2011. Metode Penelitian
Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Dewi. 2020. Identifikasi hambatan mahasiswa
dalam pelaksanaan pembelajaran biologi
secara daring selama pandemi covid-19 di
kabupaten jember. AVEOLI: Jurnal
pendidikan biologi, 1(1):14-20.
Dindin Jamaluddin dkk. 2020. Pembelajaran
Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada
Calon Guru: Hambatan, Solusi Dan
Proyeksi. Digital Library UIN Sunan Gunung
Jati.
IJIS Edu : Indonesian J. Integr. Sci. Education, Vol 4 (1) 2022 page 67-74
http://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/ijisedu 73
Djamarah, Syaful Bahri. 2008. Psikologi Belajar.
Jakarta: Rineka Cipta.
Faizi, Mastur. 2013. Ragam Metode Mengajarkan
Eksakta Pada Murid. Yogyakarta: Diva
Press.
Ivanova, T., Gubanova, N., Shakirova, I., &
Masitoh, F. (2020). Educational
technology as one of the terms for
enhancing public speaking skills.
Universidad y Sociedad, 12(2): 154- 159.
Kasenda, L. M., Sentinuwo, S., dkk. (2016).
Sistem monitoring kognitif, afektif dan
psikomotorik siswa berbasis android.
Jurnal Teknik Informatika.9(1):16.
Mardelina, Elma & Ali Muhson. 2017. Mahasiswa
Bekerja Dan Dampaknya Pada Aktivitas
Belajar Dan Prestasi Akademik. Jurnal
Economia. 13(2)
Mastuti, E. 2016. Pemanfaatan Teknologi Dalam
Menyusun Evaluasi Hasil Belajar : Kelebihan
Dan Kelemahan “Tes Online” Untuk
Mengukur Hasil Belajar Mahasiswa.Jurnal
Penelitian Psikologi. 7(1)
Noviati, W. (2020). Kesulitan Pembelajaran
Online Mahasiswa Pendidikan Biologi di
Tengah Pandemi Covid19. Jurnal
Pendidikan MIPA. 10(1):1-11.
Nurhidayati, Aryani. 2013. Peningkatan Hasil
Belajar Ranah Afektif Melalui Pembelajaran
Model Motivasional. Jurnal Iptek. Vol. 6, No.
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C.
C., Wijayanti, L. M., Putri, R.S., & Santoso,
priyono B. (2020). Studi Eksploratif
Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap
Proses Pembelajaran Online di Sekolah
Dasar. Jurnal of Education, Psychology and
Counseling., 2(1). Retrieved from
htps://ummaspul.ejournal.id/Edupsycou
ns/article/view/397
Rahmawati, Diah Eka, dkk. 2020. Kompleksitas
Pembelajaran Biologi Inovasinya Selama
Pandemi Covid-19. Webinar Pendidikan :
UNESA.
Riduwan. & Kuncoro, E.A (2011). Cara
Menggunakan dan Memaknai Analisis Jalur
(Path Analysis). Cetakan Ketiga. Bandung:
Alfabeta.
Rizal, S., et.al. (2019). Student Perception Toward
E-Learning in Primary School Teacher
Education Department Students of
Serambi Mekkah University. Journal of
Physics: Conference Series. Vol. 1232, No. 1, p.
Setiawan, A.R. (2020). Lembar kegiatan literasi
saintik untuk pembelajaran jarak jauh topik
penyakit coronavirus 2019 (COVID-19).
Jurnal Ilmu Pendidikan. 2 (1): 28–37.
Solichin, M.M. 2012. Psikologi Belajar: Aplikasi
Teori-Teori Belajar Dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarta: Suka Press.
Wangid, MN., & Sugiyanto. 2013. Dentifikasi
Hambatan Struktural dan Kultural
Mahasiswa dalam Menyelesaikan Tugas
Akhir. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan.
(2):23.
Wardani, Anita, & Ayriza, Y. (2020). Analisis
Kendala Orangtua dalam Mendampingi
Anak Belajar di Rumah Pada Masa
Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Anak
Usia Dini, 5(1).
https://doi.org/https://doi.org/10.3100
/obsesi.v5i1.705.
Windhiyana, Ericha. (2020). Dampak Covid19
terhadap kegiatan pembelajaran online di
perguruan tinggi kristen di Indonesia.
Jurnal perspektif Ilmu Pendidikan. 34(1):1–8.
IJIS Edu : Indonesian J. Integr. Sci. Education, Vol 4 (1) 2022 page 61-66
http://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/ijisedu
Wilder-Smith, A. and Freedman, D.O., 2020.
Isolation, quarantine, Social distancing and
community containment: pivotal role for
old-style public health measures in the
novel coronavirus (2019-nCoV) outbreak.
Journal of travel medicine. 27(2)
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ijisedu.v4i1.6504
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
IJIS Edu: Indonesian Journal of Integrated Science Education
ijis.edu@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Lantai 2 Fakultas Tarbiyah dan Tadris
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu
IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education This is published by UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu and distributed with the permission below Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.