Application of Pop Up Book Media to Optimize Science Learning Outcomes
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi, Suhardjono dan Suparti.
(2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:
PT Bumi Aksara.
Daryanto. (2011). Penelitian Tindakan Kelas dan
Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta:
Gava media.Devi, Anggit Shinta & Maisaroh, Siti. (2017).
Pengembangan Media Pembelajaran Buku
Pop Up Wayang Tokoh Pandhawa pada
Mata Pelajaran Bahasa Jawa Kelas V SD.
Jurnal PGSD Indonesia, 3(2).
Domitila, Ressi., Yeni, Laili Fitri., & Titin. (2017).
Kelayakan Pop-Up Book Keragaman
Jamur di Hutan Lindung Gunung Naning
pada Materi Keanekaragaman Hayati.
Artikel Program Studi Pendidikan Biologi
FKIP Untan Pontianak, hlm 1-9.
Durant, Sri Winarti., Said, I., & Ratman. (tt).
Meningkatkan Hasil Belajar IPA
Khususnya Materi Energi dan
Perubahannya melalui Pembelajran
Quantum Teaching di Kelas V SDN
Inpres Matamaling. Jurnal Kreatif Tadulako,
(3), 142-153.
Dzuanda. (2011). Design Pop Up Child Book
Puppet Figures Series Gatotkaca. Jurnal
Library ITS Undergraduate.
(Http://library.its.undergraduate.ac.id.
Diunduh 20 Maret 2020)
Hamdan, Nur Asyikin., Samian, Abdul Latif., &
Muslim, Nazri. (2018). Islamic Science
Paradigm Is A Science and Religious
Integration. International Journal of Civil
Engineering and Technology, 9 (10), 1298-
Izza, Erika Nuril, & Wijayanti, Arfilia. (2017).
Pengembangan Media Biyas Mata
Pelajaran IPA Kelas V di Sekolah Dasar.
Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), 63-68.
Jihad, A., & Haris, A. (2013). Evaluasi
Pembelajaran. Yogyakarta: Multi
Pressindo.
Juita, Ratna. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar
IPA melalui Metode Eksperimen pada
Siswa Kelas IV SDN 02 Kota Mukomuko.
Indonesian J. Integr. Sci. Education ( IJIS Edu
), 1(1), 43-50.
Khoirunnisa, O, A & Yusman, W. (2015).
Pengembangan Pop-Up Book Materi
Kalor untuk Meningkatkan Motivasi dan
Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas VII.
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains.
Kristiantari, M. R. (2015). Analisis Kesiapan
Guru Sekolah Dasar dalam
Mengimplemetasikan Pembelajaran
Tematik Integratif Menyongsong
Kurikulum 2013. JPI (Jurnal Pendidikan
Indonesia), 3(2), 460-470.
Maman, Mayong & Rajab, Andi Aryani. (2016).
The Implementation of Cooperative
Learning Model Number Heads Together
(NHT) in Improving the Students Ability
in Reading Comprehension. International
Journal of Evaluation and Research in
Education, 5(2), 174-180.
Masturah, Elisa Diah., Mahadewi, Luh Putu
Putrini., & Simamora, Alexander
Hamonangan. (2018). Pengembangan
Media Pembelajaran Pop-Up Book pada
Mata Pelajaran IPA Kelas III Sekolah
Dasar. Jurnal EDUTECH Universitas
Pendidikan Ganesha, 6(2), 212-221.
Mulyasa. (2011). Praktik Penelitian Tindakan Kelas.
Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Munadi, Yudhi. (2008). Media Pembelajaran: Sebuah
Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada
Press.
Ningtiyas, Tri Wahyu., Setyosari, Punaji, &
Praherdiono, Hendy. (2019).
Pengembangan Media Pop-Up Book
untuk Mata Pelajaran IPA Bab Siklus Air
dan Peristiwa Alam sebagai Penguatan
Kognitif Siswa. Jurnal Kajian Teknologi
Pendidikan, 2(2), 115-120.
Permana, Muhammad Shiddiq., Johar, Dhami.,&
Bunyamin. (2014). Pengembangan Media
Pembelajaran Interaktif Ilmu PengetahuanAlam (IPA) Berbasis Multimedia. Jurnal
Algoritma, 11(2), 254-263.
Poonsri. (2012). An Augmented Reality 3D Popup Book: the Development of a
Multimedia Project for English Language
Teaching. IEEE International Conference on
Multimedia and Expo. DOI 101109/ICME.
Thailand: Assumption University.
Rini, Endah Setia. (2020). The Effect of Problem
Based Learning on Cognitive Outcome in
Science Subject in Junior High School :
Topic Water Pollution. IJIS Edu: Indonesian
J. Integr. Sci. Education, 2(2), 108-113.
Safri, Meilia., Sari, Sri Adelila., & Marlina. (2017).
Pengembangan Media Belajar Pop Up
Book pada Materi Minyak Bumi. Jurnal
Pendidikan Sains Indonesia, 05(01), 107-113.
Sardirman. (2009). Interaksi dan Motivasi Belajar
Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.
Suyadi. (2014). Panduan Penelitian Tindakan Kelas.
Jogjakarta: Diva Press.
Sylvia, Nur Indah & Hariani, Sri. (2015).
Pengaruh Penggunaan Media Pop-Up
Book terhadap Keterampilan Menulis
Narasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal
Pendidikan Guru SD, 03(02).
Wisudawati, A. W. & Sulistyowati, E. (2014).
Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi
Aksara
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ijisedu.v2i2.6494
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
IJIS Edu: Indonesian Journal of Integrated Science Education
ijis.edu@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Lantai 2 Fakultas Tarbiyah dan Tadris
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu
IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education This is published by UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu and distributed with the permission below Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.