Development of Interactive Learning Media Based on Articulate Storyline 3 on Newton’s Law Material with a Contextual Approach at the Junior High School Level
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afni, N. & Hartono. (2020). Contextual teaching
and learning (CTL) as a strategy to
improve students mathematical literacy.
Journal of Physics: Conference Series, 1581(1),
–4. https://doi.org/10.1088/1742-
/1581/1/012043
Alhafidz, M. R. L., & Haryono, A. (2018).
Pengembangan mobile learning berbasis
android sebagai media pembelajaran
ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(2),
–124.
Amalina, A. F. (2020). Pengembangan Media
Scrapbook Dengan Penerapan Pendekatan
Kontekstual Pada Muatan Pelajaran Ipa
Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal of
Admiration, 1(5), 468–478.
Amallilah, F. D., & Susanti, L. Y. (2021).
Application of the Virtual Laboratory
Assisted Inquiry Learning Model for
Understanding the Concept of Light
Theory and Optical Instruments for Class
VIII Students of SMPN 24 Bekasi. IJIS
Edu: Indonesian Journal of Integrated Science
Education, 3(2), 175–185.
Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran
Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan
Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4),
–288.
Astiti, K. A., & Hali, A. S. (2019).
Pengembangan Bahan Ajar Fisika SMA
Berbasis Kontekstual Pada Materi Hukum
Newton. Jurnal Fisika, 4(2), 111–111.
Astuti, I. A. D., Sumarni, R. A., & Saraswati, D.
L. (2017). Pengembangan media
pembelajaran fisika mobile learning
berbasis Android. Jurnal Penelitian &
Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(1), 57–62.
Ayumniyya, L., & Setyarsih, W. (2021). Profil
Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi
Siswa SMA dalam Pemecahan Masalah
pada Materi Hukum Newton. IPF: Inovasi
Pendidikan Fisika, 10(1), 50–58.
Branch, R. M. (2009). Instructional design: The
ADDIE approach (Vol. 722). Springer
Science & Business Media.
Darnawati, Jamiludin, Batia, L., Irawaty, &
Salim. (2019). Pemberdayaan Guru Melalui
Pengembangan Multimedia Pembelajaran
Interaktif dengan Aplikasi Articulate
Storyline. Jurnal Pengabdian Kepada
Masyarakat, 1(1), 8–10.
Fathurohman, A. (2017). Pengembangan Modul
Fisika Materi Hukum Gerak Newton
Berbasis Contextual Teaching and
Learning di Sekolah Menengah Atas
(SMA). Seminar Nasional Pendidikan IPA,
(1), 187–197.
Fatmala, N. E., Nyeneng, I. D. P., & Suana, W.
(2017). Pengembangan Modul Kontekstual
Berbasis Multirepresentasi Pada Materi
Hukum Newton Tentang Gravitasi. Jurnal
Pembelajaran Fisika, 5(4).
Jazuli, Moh., Azizah, L. F., & Meita, N. M.
(2017). Pengembangan Bahan Ajar
Elektronik Berbasis Android Sebagai
Media Interaktif. Jurnal Lensa (Lentera
Sains), 7(2), 47–65.
https://doi.org/10.24929/lensa.v7i2.22
Jubaerudin, J. M., Supratman, S., & Santika, S.
(2021). Pengembangan Media Interaktif
Berbasis Android Berbantuan Articulate
Storyline 3 pada Pembelajaran Matematika
di Masa Pandemi. Journal of Authentic
Research on Mathematics Education (JARME),
(2), 178–189.
Listiyani, I. M., & Widayati, A. (2012).
Pengembangan komik sebagai media
pembelajaran akuntansi pada kompetensi
dasar persamaan dasar akuntansi untuk
siswa SMA kelas XI. Jurnal Pendidikan
Akuntansi Indonesia, 10(2).
Mandasari, Y. D., Subandowo, M., & Gunawan,
W. (2021). Pengembangan Media
Pembelajaran Interaktif Konfigurasi
Elektron Elektronik Otomatis Mata
Pelajaran IPA Di Masa Pandemi Covid-19.
Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(3), 309–
Mawaddah, M. (2018). Students’creativity In The
Implementation Of Contextual Teaching And
Learning (Ctl) In Learning Newton’s Third Law
Of Motion. Universitas Pendidikan
Indonesia.
Midroro, J. N., Prastowo, S. H. B., & Nuraini, L.
(2021). Analisis Respon Siswa SMA Plus
Al-Azhar Jember terhadap Modul Fisika
Digital Berbasis Articulate Storyline 3
Pokok Bahasan Hukum Newton Tentang
Gravitasi. Jurnal Pembelajaran Fisika, 10(1),
–14.
Mirnawati, Harjono, A., & Makhrus, Muh.
(2021). Pengembangan Media
Pembelajaran Buku Saku Berbasis Konflik
Kognitif untuk Meningkatkan Pemahaman
Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis
IPA (Fisika) Peserta Didik. Jurnal Ilmiah
Profesi Pendidikan, 6(3), 447–454.
Narut, Y. F., & Ntelok, Z. R. (2020).
Pembelajaran IPA Berbantuan Media
Audiovisual dalam Meningkatkan Hasil
Belajar Siswa di MIS Amanah Ruteng.
JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 4(2),
–114.
Neftyan, C. C. A., Suyanto, E., & Suyatna, A.
(2018). The influence of learning using
contextual teaching and learning approach
to physics learning outcomes of high
school students. International Journal of
Advanced Engineering, Management and Science
(IJAEMS), 4(6), 446–450.
Nurafifah, A., Siswoyo, S., & Serevina, V.
(2014). Improving The Result of Physiscs
Study of The Students On Particle Dynamic Topic by Using Contextual
Teaching and Learning. Proceeding of
International Conference On Research,
Implementation And Education Of Mathematics
And Sciens 2014, 13–22.
Putro, R. S., Sarwanto, S., & Suparmi, S. (2017).
The Development of Physics Module
Based on Discovery Learning with
Contextual Teaching and Learning
Approach in Rotational Dynamics
Problems to Improve Students’ Critical
Thinking Skills. International Conference on
Science Education (ICoSEd), 229–235.
Rukajat, A. (2019). Pembelajaran Contextual
Teaching and Learning Untuk
Meningkatkan Mutu Hasil Pembelajaran.
Pionir: Jurnal Pendidikan, 8(1).
Sadikin, A., & Hardianti, R. D. (2021).
Development of Emulsi (electronic
module practicum articulate storyline 3) to
Support Self-Regulated Learning of
Students. Journal of Environmental and Science
Education, 1(2), 25–31.
Safira, A. D., Sarifah, I., & Sekaringtyas, T.
(2021). Pengembangan Media
Pembelajaran Interaktif Berbasis Web
Articulate Storyline pada Pembelajaran
IPA di Kelas V Sekolah Dasar. Prima
Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2),
–253.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif,
Kualitatif, dan Research and Development.
Bandung: Alfabeta.
Suswina, M. (2016). Hasil Validitas
Pengembangan Bahan Ajar Bergambar
Disertai Peta Konsep untuk Pembelajaran
Biologi SMA Semester 1 Kelas XI. Ta’dib,
(1), 49–50.
https://doi.org/10.31958/jt.v14i1.196
Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi
pembelajaran daring untuk meningkatkan
mutu pendidikan sebagai dampak
diterapkannya social distancing. Jurnal
Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Metalingua, 5(1), 31–34.
Tanu, I. K. (2016). Pembelajaran berbasis
budaya dalam meningkatkan mutu
pendidikan di sekolah. Jurnal Penjaminan
Mutu, 2(1), 34–43.
Wahyuni, S., Budiarso, A. S., Putra, P. D. A., &
Narulita, E. (2021). The Development of
E-Student Worksheet on Environmental
Pollution to Improve Critical Thinking
Skills of Junior High School Students.
Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(4), 723–
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ijisedu.v4i1.6487
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
IJIS Edu: Indonesian Journal of Integrated Science Education
ijis.edu@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Lantai 2 Fakultas Tarbiyah dan Tadris
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu
IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education This is published by UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu and distributed with the permission below Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.