Analisis Profil Kemampuan Kognitif Mahasiswa PGSD Pada Mata Kuliah Ilmu Alamiah Dasar
Abstract
Pembelajaran menurut peraturan harus berpusat pada mahasiswa. Dalam perkembangannya mahasiswa yang memiliki hal tersebut belum diketahui profil kognitifnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profile kemampuan kognitif mahasiswa PGSD pada mata kuliah Ilmu Alamiah Dasar. Penelitian dilaksanakan di program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Muhammadiyah Muara Bungo. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan teknik analisis kualitatif penskoran dengan koreksi terhadap jawaban tebakan. Hasil analisis menunjukkan bahwa Mahasiswa PGSD memiliki profil kemampuan kognitif pada mata kuliah Ilmu Alamiah Dasar (IAD) sebagai berikut; (1) Mahasiswa PGSD STKIP Muhammadiyah Muara Bungo yang memiliki kemampuan kognitif yang sangat tinggi sebesar 7%, tinggi sebesar 40%, sedang sebesar 37%, dan kemampuan kognitif yang rendah sebesar 17%. (2) Mahasiswa PGSD STKIP Muhammadiyah Muara Bungo dalam mata kuliah Ilmu Alamiah Dasar memiliki profil kemampuan kognitif berupa kemampuan mengingat (C1) sebesar 75%, kemampuan memahami (C2) sebesar 90%, kemampuan mengaplikasikan (C3)sebesar 57,50% dan kemampuan menganalisis (C4) sebesar 30%. (3) Kemampuan mahasiswa PGSD STKIP Muhammadiyah Muara Bungo dalam proses kognitif LOTS (Low Order Thinking Skill) lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan proses kognitif HOTS (High Order Thingking Skill).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amin, A., & Alimni, A. (2019). Development of Religion Materials Based on Synectic Approach to Junior High School Students. At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam, 18(1), 1.
https://doi.org/10.29300/attalim.v18i1.1 916
Anderson, L. W., Krathwohl, D. R., Airasian, P. W., Cruikshank, K. A., Mayer, R. E., Pintrich, P. R., … Wittrock, M. C. (2001). A taxonomy for learning, teaching, and assessing: A revision of Bloom’s taxonomy of educational objectives, abridged edition. New York: Longman.
Cabanilla-Pedro, L. A., Acob-Navales, M., & Josue, F. T. (2004). Improving analyzing skills of primary students using a problem solving strategy. Journal of Science and Mathematics Education in Southeast Asia, 27(1), 33–53.
Dr. S. Chandrasekaran. (2014). Effectiveness of Synectics Techniques in Teaching of Zoology at Higher Secondary Level. International Journal of Humanities and Social Science Invention, 3(8), 37–40.
Imawan, O. R. (2015). Perbandingan antara Keefektifan Model Guided Discovery Learning dan Project-Based Learning pada Matakuliah Geometri. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 179. https://doi.org/10.21831/pg.v10i2.9156
Juita, R. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas IV SDN 02 Kota Mukomuko. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(1), 43–50. https://doi.org/10.29300/ijisedu.v1i1.14 04
Julaila. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 01 Mukomuko Menggunakan Media Torso. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(1), 51–62. https://doi.org/10.29300/ijisedu.v1i1.14 05
Kartimi, K., & Liliasari, L. (2012). PENGEMBANGAN ALAT UKUR BERPIKIR KRITIS PADA KONSEP TERMOKIMIA UNTUK SISWA SMA PERINGKAT ATAS DAN
MENENGAH. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1), 21–26. https://doi.org/10.15294/jpii.v1i1.2008
Machin, A. (2014). Implementasi pendekatan saintifik, penanaman karakter dan konservasi pada pembelajaran materi pertumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 28–35. https://doi.org/10.15294/jpii.v3i1.2898
Nurazizah, S., Sinaga, P., & Jauhari, A. (2017). Profil Kemampuan Kognitif dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Usaha dan Energi. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(2), 197–202.
Pernantah, P. S. (2019). Desain Skenario Pembelajaran Aktif Dengan Metode “Mikir” Pada Mata Kuliah Pendidikan IPS. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 1(2), 145–155.
https://doi.org/10.29300/IJSSE.V1I2.19 29
Sudjatinah. (2010). Ilmu Kealaman Dasar.
Semarang: Semarang University Press.
Sumaryanta. (2015). Pedoman Penskoran. IDEAL MATHEDU: Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 2(3), 181–190.
Susilo, A., & Isbandiyah, I. (2019). Peran Guru Sejarah dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Anak Era Globalisasi. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 1(2), 171–180.
https://doi.org/10.29300/IJSSE.V1I2.22 46
Sutarman, S., Sartika, B., Wulandari, W., & Eka,
F. (2016). Buku Ajar Ilmu Kealaman Dasar. Sidoarjo: Umsida Press.
Sutarto, S., Indrawati, I., Prihatin, J., & Dwi, P. A. (2018). Geometrical Optics Process Image-Based Worksheets for Enhancing Students’ Higher-Order Thinking Skills and Self-Regulated Learning. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(4), 376–382. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i4.14563
Trisnawati, W. W., & Sari, A. K. (2019). Integrasi Keterampilan Abad 21 Dalam Modul Sociolinguistics: Keterampilan 4C (Collaboration, Communication, Critical Thinking, Dan Creativity). Jurnal Muara Pendidikan, 4(2), 455–466.
Walid, A., Sajidan, S., Ramli, M., & Kusumah, R.
G. T. (2019). Construction of The Assessment Concept to Measure Students’ High Order Thinking Skills. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(2), 237–251.
https://doi.org/10.17478/jegys.528180
Ws., W. (2004). Psikologi Pengajaran (Teaching Psychology). Jakarta: Grasindo.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ijisedu.v2i1.2488
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
IJIS Edu: Indonesian Journal of Integrated Science Education
ijis.edu@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Lantai 2 Fakultas Tarbiyah dan Tadris
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu
IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education This is published by UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu and distributed with the permission below Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.