Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Biologi Melalui Problem Based Learning Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bulu Sukoharjo
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif biologi melalui model Problem Based Learning pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Bulu Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah PTK yang terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan dokumentasi, tes dan lembar observasi kegiatan pembelajaran. Data dan sumber data berasal dari siswa yang dijadikan subjek penelitian dan guru mata pelajaran biologi. Teknik analisis data dengan menggunakan deskriptif komparatif. Hasil penelitian menyatakan bahwa hasil siklus I ketuntasan hasil belajar kognitif sebesar 67% (19 siswa tuntas KKM). Hasil tersebut belum memenuhi indikator keberhasilan sebesar 80% (22 siswa tuntas KKM). Pada siklus II mengalami peningkatan ketuntasan hasil belajar kognitif 85% (24 siswa tuntas KKM) sudah memenuhi indikator keberhasilan yaitu 80%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model PBL dapat meningkatkan hasil belajar kognitif biologi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Astuti, R. P., & Junaedi, I. (2013). Peningkatan
Aktivitas dan Hasil Belajar Melalui PBL
Pada Siswa Kelas X SMA. Lembaran
Ilmu Kependidikan, 42(2), 93-100.
Dayeni, F., Irawati, S., & Yennita, Y. (2017).
Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil
Belajar Siswa Melalui Model Problem
Based Learning. Pendidikan dan
Pembelajaran Biologi, 1(1).
Dewi, E. H. P., Akbari, S., & Nugroho, A. A.
(2019). Peningkatan Aktivitas dan Hasil
Belajar Biologi melalui Model Problem
Based Learning (PBL) pada Materi
Pencemaran Lingkungan Siswa Kelas XSMA Negeri 1 Jatisrono. Journal of
Biology Learning, 1(1).
Febriyanti, R., Herpratiwi, H., & Djasmi, S.
(2015). Peningkatan Hasil Belajar Biologi
dengan Menggunakan Model
Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal
Teknologi Informasi Komunikasi
Pendidikan (Old), 3(4).
Gusti, S. W., Suyanto, S., & Ratnawati, R.
(2017). Analisis Hasil Implementasi
Kurikulum 2013 Dalam Aspek Sikap,
Pengetahuan, Dan Keterampilan Pada
Mata Pelajaran Biologi Sma Di
Kabupaten Sleman Yogyakarta. Pend.
Biologi-S1, 6(5), 312-322.
Hakkarainen, P. (2011). Promoting Meaningful
Learning through Video Production-
Supported PBL. Interdisciplinary Journal of
Problem-Based Learning, 5(1).
https://doi.org/10.7771/1541-5015.1217
Hariatik, H., Suciati, S., & Sugiyarto, S. (2017).
Pembelajaran Biologi Model Problem
Based Learning (PBL) Disertai Dialog
Socrates (DS) Terhadap Hasil Belajar
Ditinjau Dari Kemampuan Memecahkan
Masalah Kelas X. Jurnal Pendidikan
Biologi, 8(2), 46-51.
Juanda, J. I. H., & Bandung, J. B. (2016).
Penerapan Model PBL Pada Pelajaran
Biologi Untuk Meningkatkan Kompetensi
Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
Kelas X. Jurnal Biologi dan Pendidikan
Biologi, 1(1).
Kono, R., Mamu, H., & Tangge, L. (2016).
Pengaruh Model Problem Based Learning
(PBL) Terhadap Pemahaman Konsep
Biologi Dan Keterampilan Berpikir Kritis
Siswa Tentang Ekosistem Dan
Lingkungan Di Kelas X SMA Negeri 1
Sigi. Jurnal Sains dan Teknologi
Tadulako, 5(1), 28-38.
Machin, A. (2014). Implementasi pendekatan
saintifik, penanaman karakter dan
konservasi pada pembelajaran materi
pertumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA
Indonesia, 3(1), 28–35.
https://doi.org/10.15294/jpii.v3i1.2898
Nafiah, Y. N., & Suyanto, W. (2014). Penerapan
model problem-based learning untuk
meningkatkan keterampilan berpikir kritis
dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan
Vokasi, 4(1).
Purnamaningrum, A., & Probosari, R. M. (2012).
Peningkatan kemampuan berpikir kreatif
melalui problem based learning (PBL)
pada pembelajaran biologi siswa kelas X-
SMA negeri 3 surakarta tahun
pelajaran 2011/2012. Pendidikan Biologi
Volume 4, Nomor 3, 4(3), 39-51.
Putra, A. G. P., & Bektiarso, S. (2017). Pengaruh
Model Problem Based Learning (PBL)
terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan
Proses Sains dalam Pembelajaran Fisika di
SMA (Kelas X SMA Negeri 3 Jember).
Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(2), 129-134.
Rusmansyah, Yuanita, L., Ibrahim, M., Isnawati,
& Prahani, B. K. (2019). Innovative
chemistry learning model: Improving the
critical thinking skill and self-efficacy of
pre-service chemistry teachers. Journal of
Technology and Science Education, 9(1), 59–
https://doi.org/10.3926/jotse.555
Selviani, I. (2019). Pengembangan Modul
Biologi Problem Based Learning Untuk
Meningkatkan Kemampuan Berpikir
Kritis Peserta Didik SMA. IJIS Edu :
Indonesian Journal of Integrated Science
Education, 1(2).
https://doi.org/10.29300/ijisedu.v1i2.20
Sudarisman, S. (2015). Memahami hakikat dan
karakteristik pembelajaran biologi dalam
upaya menjawab tantangan abad 21 serta
optimalisasi implementasi kurikulum2013. Florea: Jurnal Biologi dan
Pembelajarannya, 2(1).
Sugiharto, B. (2011). Konsepsi Guru IPA
Biologi SMP Se-Surakarta tentang
Hakikat Biologi sebagai Sains. In
Prosiding Seminar Biologi (Vol. 8, No. 1).
Supiandi, M. I., & Julung, H. (2016). Pengaruh
model problem based learning (PBL)
terhadap kemampuan memecahkan
masalah dan hasil belajar kognitif siswa
biologi SMA. Jurnal Pendidikan Sains,
(2), 60-64.
Suryani, I. (2015). Efektivitas Model
Pembelajaran Problem Based Learning
(PBL) terhadap Hasil Belajar Biologi
Siswa pada materi Pencemaran
Lingkungan di kelas X SMA Negeri 2
Polewali. bionature, 16(2).
Ulfah, M., Fatmah, H., & Herlanti, Y. (2015).
Penerapan Model Pembelajaran Problem
Based Learning (PBL) Dipadu Metode
Student Team Achievement Division
(STAD) Untuk Meningkatkan Hasil
Belajar Peserta Didik Kelas X IPA 4 SMA
Negeri 1 Parung Tahun Ajaran
/2015 Pada Konsep Perubahan
Lingkungan Dan D. EDUSAINS, 7(2),
-208.
Wulansari, B., Hanik, N. R., & Nugroho, A. A.
(2019). Penerapan Model Problem Based
Learning (PBL) disertai Mind Mapping
untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada
Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tawangsari.
Journal of Biology Learning, 1(1).
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ijisedu.v2i1.2479
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
IJIS Edu: Indonesian Journal of Integrated Science Education
ijis.edu@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Lantai 2 Fakultas Tarbiyah dan Tadris
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu
IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education This is published by UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu and distributed with the permission below Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.