Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Biologi Melalui Problem Based Learning Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bulu Sukoharjo

Winda Nirwana Anggraini, Agus Purwanto, Anwari Adi Nugroho

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif biologi melalui model Problem Based Learning pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Bulu Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah PTK yang terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan dokumentasi, tes dan lembar observasi kegiatan pembelajaran. Data dan sumber data berasal dari siswa yang dijadikan subjek penelitian dan guru mata pelajaran biologi. Teknik analisis data dengan menggunakan deskriptif komparatif. Hasil penelitian menyatakan bahwa hasil siklus I ketuntasan hasil belajar kognitif sebesar 67% (19 siswa tuntas KKM). Hasil tersebut belum memenuhi indikator keberhasilan sebesar 80% (22 siswa tuntas KKM). Pada siklus II mengalami peningkatan ketuntasan hasil belajar kognitif 85% (24 siswa tuntas KKM) sudah memenuhi indikator keberhasilan yaitu 80%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model PBL dapat meningkatkan hasil belajar kognitif biologi.


Keywords


Hasil Belajar; Kognitif; Problem Based Learning

Full Text:

PDF

References


Astuti, R. P., & Junaedi, I. (2013). Peningkatan

Aktivitas dan Hasil Belajar Melalui PBL

Pada Siswa Kelas X SMA. Lembaran

Ilmu Kependidikan, 42(2), 93-100.

Dayeni, F., Irawati, S., & Yennita, Y. (2017).

Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil

Belajar Siswa Melalui Model Problem

Based Learning. Pendidikan dan

Pembelajaran Biologi, 1(1).

Dewi, E. H. P., Akbari, S., & Nugroho, A. A.

(2019). Peningkatan Aktivitas dan Hasil

Belajar Biologi melalui Model Problem

Based Learning (PBL) pada Materi

Pencemaran Lingkungan Siswa Kelas XSMA Negeri 1 Jatisrono. Journal of

Biology Learning, 1(1).

Febriyanti, R., Herpratiwi, H., & Djasmi, S.

(2015). Peningkatan Hasil Belajar Biologi

dengan Menggunakan Model

Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal

Teknologi Informasi Komunikasi

Pendidikan (Old), 3(4).

Gusti, S. W., Suyanto, S., & Ratnawati, R.

(2017). Analisis Hasil Implementasi

Kurikulum 2013 Dalam Aspek Sikap,

Pengetahuan, Dan Keterampilan Pada

Mata Pelajaran Biologi Sma Di

Kabupaten Sleman Yogyakarta. Pend.

Biologi-S1, 6(5), 312-322.

Hakkarainen, P. (2011). Promoting Meaningful

Learning through Video Production-

Supported PBL. Interdisciplinary Journal of

Problem-Based Learning, 5(1).

https://doi.org/10.7771/1541-5015.1217

Hariatik, H., Suciati, S., & Sugiyarto, S. (2017).

Pembelajaran Biologi Model Problem

Based Learning (PBL) Disertai Dialog

Socrates (DS) Terhadap Hasil Belajar

Ditinjau Dari Kemampuan Memecahkan

Masalah Kelas X. Jurnal Pendidikan

Biologi, 8(2), 46-51.

Juanda, J. I. H., & Bandung, J. B. (2016).

Penerapan Model PBL Pada Pelajaran

Biologi Untuk Meningkatkan Kompetensi

Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Kelas X. Jurnal Biologi dan Pendidikan

Biologi, 1(1).

Kono, R., Mamu, H., & Tangge, L. (2016).

Pengaruh Model Problem Based Learning

(PBL) Terhadap Pemahaman Konsep

Biologi Dan Keterampilan Berpikir Kritis

Siswa Tentang Ekosistem Dan

Lingkungan Di Kelas X SMA Negeri 1

Sigi. Jurnal Sains dan Teknologi

Tadulako, 5(1), 28-38.

Machin, A. (2014). Implementasi pendekatan

saintifik, penanaman karakter dan

konservasi pada pembelajaran materi

pertumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA

Indonesia, 3(1), 28–35.

https://doi.org/10.15294/jpii.v3i1.2898

Nafiah, Y. N., & Suyanto, W. (2014). Penerapan

model problem-based learning untuk

meningkatkan keterampilan berpikir kritis

dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan

Vokasi, 4(1).

Purnamaningrum, A., & Probosari, R. M. (2012).

Peningkatan kemampuan berpikir kreatif

melalui problem based learning (PBL)

pada pembelajaran biologi siswa kelas X-

SMA negeri 3 surakarta tahun

pelajaran 2011/2012. Pendidikan Biologi

Volume 4, Nomor 3, 4(3), 39-51.

Putra, A. G. P., & Bektiarso, S. (2017). Pengaruh

Model Problem Based Learning (PBL)

terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan

Proses Sains dalam Pembelajaran Fisika di

SMA (Kelas X SMA Negeri 3 Jember).

Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(2), 129-134.

Rusmansyah, Yuanita, L., Ibrahim, M., Isnawati,

& Prahani, B. K. (2019). Innovative

chemistry learning model: Improving the

critical thinking skill and self-efficacy of

pre-service chemistry teachers. Journal of

Technology and Science Education, 9(1), 59–

https://doi.org/10.3926/jotse.555

Selviani, I. (2019). Pengembangan Modul

Biologi Problem Based Learning Untuk

Meningkatkan Kemampuan Berpikir

Kritis Peserta Didik SMA. IJIS Edu :

Indonesian Journal of Integrated Science

Education, 1(2).

https://doi.org/10.29300/ijisedu.v1i2.20

Sudarisman, S. (2015). Memahami hakikat dan

karakteristik pembelajaran biologi dalam

upaya menjawab tantangan abad 21 serta

optimalisasi implementasi kurikulum2013. Florea: Jurnal Biologi dan

Pembelajarannya, 2(1).

Sugiharto, B. (2011). Konsepsi Guru IPA

Biologi SMP Se-Surakarta tentang

Hakikat Biologi sebagai Sains. In

Prosiding Seminar Biologi (Vol. 8, No. 1).

Supiandi, M. I., & Julung, H. (2016). Pengaruh

model problem based learning (PBL)

terhadap kemampuan memecahkan

masalah dan hasil belajar kognitif siswa

biologi SMA. Jurnal Pendidikan Sains,

(2), 60-64.

Suryani, I. (2015). Efektivitas Model

Pembelajaran Problem Based Learning

(PBL) terhadap Hasil Belajar Biologi

Siswa pada materi Pencemaran

Lingkungan di kelas X SMA Negeri 2

Polewali. bionature, 16(2).

Ulfah, M., Fatmah, H., & Herlanti, Y. (2015).

Penerapan Model Pembelajaran Problem

Based Learning (PBL) Dipadu Metode

Student Team Achievement Division

(STAD) Untuk Meningkatkan Hasil

Belajar Peserta Didik Kelas X IPA 4 SMA

Negeri 1 Parung Tahun Ajaran

/2015 Pada Konsep Perubahan

Lingkungan Dan D. EDUSAINS, 7(2),

-208.

Wulansari, B., Hanik, N. R., & Nugroho, A. A.

(2019). Penerapan Model Problem Based

Learning (PBL) disertai Mind Mapping

untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada

Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tawangsari.

Journal of Biology Learning, 1(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ijisedu.v2i1.2479

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

IJIS Edu: Indonesian Journal of Integrated Science Education
ijis.edu@mail.uinfasbengkulu.ac.id

 

Lantai 2 Fakultas Tarbiyah dan Tadris
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu

 

  Creative Commons License
IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education This is published by UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu and distributed with the permission below Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License