Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Kooperatif TTW Berbantuan Media Leaflet

Ida Farida, Kurnia Ningsih, Titin Titin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui model kooperatif think talk write berbantuan media leaflet pada materi perubahan lingkungan kelas X MIA 3 SMA Muhammadiyah 1 Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dengan dua kali pertemuan. Setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi aktivitas belajar siswa, lembar observasi proses pelaksanaan pembelajaran, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan jumlah siswa dengan kategori aktif pada siklus I sebesar 60,61% dan meningkat pada siklus II sebesar 75,76%. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 75,76% dan meningkat pada siklus II sebesar 87,88%. Persentase proses pembelajaran siklus I sebesar 94.44% dengan kategori baik dan meningkat pada siklus II sebesar 100% dengan kategori baik. Secara keseluruhan pembelajaran kooperatif think talk write berbantuan
leaflet dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi perubahan lingkungan di kelas X MIA 3 SMA Muhammadiyah 1 Pontianak.


Keywords


Aktivitas; Hasil belajar; think talk write berbantuan leaflet.

Full Text:

PDF

References


Ameliawati, D. (2013). Pengaruh Penggunaan

Bahan Ajar Leaflet Terhadap Aktivitas Dan

Hasil Belajar Siswa. Jurnal Profesi

Kependidikan. 3 (1): 92-102

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian : Suatu

Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta :

Raja Grafindo Persada

Asyhar, R. (2015). Kreatif Mengembangkan Media

Pembelajaran. Yogyakarta: Buku Beta

Hamdayana, J. (2015). Model Pembelajaran Kreatif

dan Berkarakter. Jakarta: Gelora Aksara

Hermawan, D. (2013). MeningkatkanAktivitas

Dan HasilBelajar Siswa Menggunakan

Bahan Leaflet Melalui Tipe Stad. Jurnal

Pendidikan. 3 (1): 12-19

Hisyam, Z. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif:

Yogyakarta : Insan Mandiri

Huda, M. (2016). Cooperative Learning: Metode,

Teknik, Struktur, dan Model Penerapan.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Jamil, M. M. (2019). Optimalisasi Model ARCS

Dalam Pembelajaran Saintifik Untuk

Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta

Didik Pada Peminatan Mata Pelajaran

Geografi Di Kelas Matematika Ilmu Alam.

IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated

Science Education, 1(1), 7–24.

https://doi.org/10.29300/ijisedu.v1i1.14

Kusuma, W & Dwitagama. (2010). Mengenal

Penelitian Tindakan Kelas Edisi Kedua.

Jakarta: Indeks

Krismawati, N. U. (2019). Pengembangan Bahan

Ajar Penulisan Sejarah Berbasis Model

Project-Based Learning. Indonesian Journal

of Social Science Education (IJSSE), 1(2), 156–

https://doi.org/10.29300/IJSSE.V1I2.19

Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan.

Bandung: Pustaka Setia.

Masitoh, D. (2017). Peningkatan Keaktifan dan

Hasil Belajar IPA Konsep Sistem Gerak

pada Manusia melalui Strategi Think Talk

Write. Jurnal Profesi Keguruan. 3 (1): 92-104

Murni. (2010). Panduan Penulisan Bahan Ajar.

Jakarta: Rajawali Press

Nuraini, F & Raudhatul, Fadhilah. (2018).

Hubungan Antara Aktivitas Belajar Siswa

dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran

Kimia Kelas X Sma Negeri 5 Pontianak.

Ar-Razi Jurnal Ilmiah. 6 (2): 27-32

Rosari, I. (2019). Pengaruh Strategi Pembelajaran

dan Gaya Kognitif Spasial Terhadap Hasil

Belajar Ikatan Kimia SMA. IJIS Edu :

Indonesian Journal of Integrated Science

Education, 1(2).

https://doi.org/10.29300/ijisedu.v1i2.19

Ryanti, W. (2016). Penerapan Model

Pembelajaran TTW Untuk Meningkatkan

Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V

Pada Mata Pelajaran Ips Sd Negeri 9 Metro

Timur Tahun Pelajaran 2015/2016. L

Education. 5 (2): 33-38

Sanjaya, W. (2014). Strategi Pembelajaran. Jakarta:

kencana

Satria, I., & Kusumah, R. G. T. (2019). Analisis

Keterkaitan Motivasi Dan Apersepsi

Terhadap Hasil Belajar IPS. Indonesian

Journal of Social Science Education (IJSSE),

(1), 114–123.

https://doi.org/10.29300/IJSSE.V1I1.25

Septiani, E, Tri Jalmo, & Berti Yolida. (2014).

Penggunaan Bahan Ajar Leaflet Terhadap

Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bioterdidik:

Wahana Ekspresi Ilmiah. 2 (4): 92-101

Setyono, B. (2005). Media Pendidikan. Sukoharjo:

FKIP Press

Sibuea, M (2017). Implementasi Model

Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk

Write sebagai Upaya Meningatkan Hasil

Belajar Siswa. Mes (Journal of Mathematics

Education and Science). 2 (2): 42-48

Sudarmiyati, W. (2016). Peningkatan Hasil Belajar

IPA melalui Model Pembelajaran

Kooperatif Tipe Think Talk Write pada

Siswa Kelas VIII 5.JPF Jurnal Pendidikan

Fisika Universitas Muhammadiyah Metro. 4

(2): 86-96.

Sudjana, N. (2010). Metode Statistika Edisi ke-6.

Bandung: Tarsito.

Suprijono, A. (2014). Cooperative Learning: Teori dan

Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : Pustaka

Pelajar.

Suyatno. (2009). Menjelajah Pembelajaran Inovatif.

Sidoarjo: Masmedia Buana.

Uno, H.B., Lamatenggo,N., Koni, S.MA. (2014).

Menjadi Peneliti PTK yang Profesional. Jakarta

: PT Bumi Aksara.

Walid, A., Putra, E. P., & Asiyah. (2019).

Pembelajaran Biologi Menggunakan Problem Solving Disertai Diagram Tree Untuk Memberdayakan Kemampuan

Berpikir Logis Dan Kemampuan

Menafsirkan Siswa. IJIS Edu : Indonesian

Journal of Integrated Science Education, 1(1), 1–

https://doi.org/10.29300/ijisedu.v1i1.13




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ijisedu.v2i1.2477

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

IJIS Edu: Indonesian Journal of Integrated Science Education
ijis.edu@mail.uinfasbengkulu.ac.id

 

Lantai 2 Fakultas Tarbiyah dan Tadris
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu

 

  Creative Commons License
IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education This is published by UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu and distributed with the permission below Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License