Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Kooperatif TTW Berbantuan Media Leaflet
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui model kooperatif think talk write berbantuan media leaflet pada materi perubahan lingkungan kelas X MIA 3 SMA Muhammadiyah 1 Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dengan dua kali pertemuan. Setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi aktivitas belajar siswa, lembar observasi proses pelaksanaan pembelajaran, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan jumlah siswa dengan kategori aktif pada siklus I sebesar 60,61% dan meningkat pada siklus II sebesar 75,76%. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 75,76% dan meningkat pada siklus II sebesar 87,88%. Persentase proses pembelajaran siklus I sebesar 94.44% dengan kategori baik dan meningkat pada siklus II sebesar 100% dengan kategori baik. Secara keseluruhan pembelajaran kooperatif think talk write berbantuan
leaflet dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi perubahan lingkungan di kelas X MIA 3 SMA Muhammadiyah 1 Pontianak.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ameliawati, D. (2013). Pengaruh Penggunaan
Bahan Ajar Leaflet Terhadap Aktivitas Dan
Hasil Belajar Siswa. Jurnal Profesi
Kependidikan. 3 (1): 92-102
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian : Suatu
Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta :
Raja Grafindo Persada
Asyhar, R. (2015). Kreatif Mengembangkan Media
Pembelajaran. Yogyakarta: Buku Beta
Hamdayana, J. (2015). Model Pembelajaran Kreatif
dan Berkarakter. Jakarta: Gelora Aksara
Hermawan, D. (2013). MeningkatkanAktivitas
Dan HasilBelajar Siswa Menggunakan
Bahan Leaflet Melalui Tipe Stad. Jurnal
Pendidikan. 3 (1): 12-19
Hisyam, Z. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif:
Yogyakarta : Insan Mandiri
Huda, M. (2016). Cooperative Learning: Metode,
Teknik, Struktur, dan Model Penerapan.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Jamil, M. M. (2019). Optimalisasi Model ARCS
Dalam Pembelajaran Saintifik Untuk
Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta
Didik Pada Peminatan Mata Pelajaran
Geografi Di Kelas Matematika Ilmu Alam.
IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated
Science Education, 1(1), 7–24.
https://doi.org/10.29300/ijisedu.v1i1.14
Kusuma, W & Dwitagama. (2010). Mengenal
Penelitian Tindakan Kelas Edisi Kedua.
Jakarta: Indeks
Krismawati, N. U. (2019). Pengembangan Bahan
Ajar Penulisan Sejarah Berbasis Model
Project-Based Learning. Indonesian Journal
of Social Science Education (IJSSE), 1(2), 156–
https://doi.org/10.29300/IJSSE.V1I2.19
Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan.
Bandung: Pustaka Setia.
Masitoh, D. (2017). Peningkatan Keaktifan dan
Hasil Belajar IPA Konsep Sistem Gerak
pada Manusia melalui Strategi Think Talk
Write. Jurnal Profesi Keguruan. 3 (1): 92-104
Murni. (2010). Panduan Penulisan Bahan Ajar.
Jakarta: Rajawali Press
Nuraini, F & Raudhatul, Fadhilah. (2018).
Hubungan Antara Aktivitas Belajar Siswa
dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran
Kimia Kelas X Sma Negeri 5 Pontianak.
Ar-Razi Jurnal Ilmiah. 6 (2): 27-32
Rosari, I. (2019). Pengaruh Strategi Pembelajaran
dan Gaya Kognitif Spasial Terhadap Hasil
Belajar Ikatan Kimia SMA. IJIS Edu :
Indonesian Journal of Integrated Science
Education, 1(2).
https://doi.org/10.29300/ijisedu.v1i2.19
Ryanti, W. (2016). Penerapan Model
Pembelajaran TTW Untuk Meningkatkan
Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V
Pada Mata Pelajaran Ips Sd Negeri 9 Metro
Timur Tahun Pelajaran 2015/2016. L
Education. 5 (2): 33-38
Sanjaya, W. (2014). Strategi Pembelajaran. Jakarta:
kencana
Satria, I., & Kusumah, R. G. T. (2019). Analisis
Keterkaitan Motivasi Dan Apersepsi
Terhadap Hasil Belajar IPS. Indonesian
Journal of Social Science Education (IJSSE),
(1), 114–123.
https://doi.org/10.29300/IJSSE.V1I1.25
Septiani, E, Tri Jalmo, & Berti Yolida. (2014).
Penggunaan Bahan Ajar Leaflet Terhadap
Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bioterdidik:
Wahana Ekspresi Ilmiah. 2 (4): 92-101
Setyono, B. (2005). Media Pendidikan. Sukoharjo:
FKIP Press
Sibuea, M (2017). Implementasi Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk
Write sebagai Upaya Meningatkan Hasil
Belajar Siswa. Mes (Journal of Mathematics
Education and Science). 2 (2): 42-48
Sudarmiyati, W. (2016). Peningkatan Hasil Belajar
IPA melalui Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe Think Talk Write pada
Siswa Kelas VIII 5.JPF Jurnal Pendidikan
Fisika Universitas Muhammadiyah Metro. 4
(2): 86-96.
Sudjana, N. (2010). Metode Statistika Edisi ke-6.
Bandung: Tarsito.
Suprijono, A. (2014). Cooperative Learning: Teori dan
Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : Pustaka
Pelajar.
Suyatno. (2009). Menjelajah Pembelajaran Inovatif.
Sidoarjo: Masmedia Buana.
Uno, H.B., Lamatenggo,N., Koni, S.MA. (2014).
Menjadi Peneliti PTK yang Profesional. Jakarta
: PT Bumi Aksara.
Walid, A., Putra, E. P., & Asiyah. (2019).
Pembelajaran Biologi Menggunakan Problem Solving Disertai Diagram Tree Untuk Memberdayakan Kemampuan
Berpikir Logis Dan Kemampuan
Menafsirkan Siswa. IJIS Edu : Indonesian
Journal of Integrated Science Education, 1(1), 1–
https://doi.org/10.29300/ijisedu.v1i1.13
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ijisedu.v2i1.2477
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
IJIS Edu: Indonesian Journal of Integrated Science Education
ijis.edu@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Lantai 2 Fakultas Tarbiyah dan Tadris
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu
IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education This is published by UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu and distributed with the permission below Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.