Development of Cooperative Contextual Reconstruction-Oriented Science Learning (KOKO) for Students with Special Needs
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aldoobie, Nada. 2015 ADDIE Model. American International Journal Of Contemporary Research, 5 (6), 68-72
Ananda, R. (2013). Desain Handout Berbasis Kontekstual sebagai Media Pembelajaran Biologi Untuk Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota Jambi. Skripsi. Fakultas tarbiyah dan Keguruan : Universitas Islam Negeri Jambi.
Asiyani, Y. (2019). Pengembangan Handout Berbasis Elektronik Menggunakan Teknik Mnemonik Akrostik pada Materi Keanekaragaman Hayati untuk Peserta Didik Kelas X di SMA/MA. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Raden Intan lampung
Arum, W. F dan Prasetyo.E. E. (2019). Pemanfaatan Kearifan Lokal Jawa dan Game Edukasi untuk Mengembangkan Kemampuan Sains pada Anak Berkebutuhan khusus. Proseding seminar nasional sains dan entrepreneurship VI.
Asyhari, A., dan Hartati, R. (2015). Profil Peningkatan Kemampuan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran Saintifik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 4 (2), 179- 191
Bere, M, L. (2021). Peningkatan Kualitas Hasil Belajar Siswa dengan Model Pembelajaran Kontekstual (CTL) Pelajaran Tematik Kelas III SDK Manumuti dengan Metode Private Home Secara Prokes. Jurnal Seminar Nasional Teknologi pembelajaran
Branch. 2009. Instructional Design: The ADDIE Approach. London: Springer
Bulu, I, Ekayanti, N.W, Diarta I,M. (2019). Kolaborasi Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Head Together dengan Media Mind Mapping Terhadap Keterampilan Sosial dan Hasil Belajar Siswa SMA (SLUA) Saraswati 1 Denpasar. Jurnal Biologi Kontekstual, Vol. 1 No.2
Fajrie, N, dan Masfuah, S. (2018). Model Media Pembelajaran Sains untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Jurnal Bagimu Negeri, 2(1),1-9
Getter, Kristin,L., dan Rowe, B. (2008). Using Simple Cooperative Learning Techniques in a Plant Propogation Course. NACTA Journal. 25-31
Irsyadi, F.Y.A dan Nugroh, Y. S. (2015). Game edukasi pengenalan anggota tubuh dan pengenalan angka untuk anak berkebutuhan khusus (abk) tunagrahita berbasis kinect.Prosiding SNATIF ke 2.
Lie, A. (2008). Cooverative Learning, Mempraktekan Cooperative Learning di Ruang- Ruang Kelas. Jakarta : Grasindo.
National Research Council (2012), A Framework for K-12 Science Education: Practices, Crosscutting Concepts, and Core Ideas, Committee on a Conceptual Framework for New K-12 Science Education Standards, Board on Science Education, Division of Behavioral and Social Sciences and Education, Washington
Nursa’adah, E., Liliasari, Mudzakir, A., & Barke, H. D. (2018). The model of educational reconstruction: Students’ conceptual knowledge on solid state chemistry domain. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(2), 193–203. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i2.14297
Nursaadah, E., Liliasari, L., & Mudzakir, A. (2019). Model of educational reconstruction of solidstate chemistry: Students’ view of nature of science and technology. Journal of Physics: Conference Series, 1157(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/4/042034
OECD (2016), PISA 2015 Assessment and Analytical Framework: Science, Reading, Mathematic and FinancialLiteracy, PISA
Rianisih, D. (2020). Pembelajaran IPA Pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Materi Sistem Organisasi Kehidupan di SMP Muhammadiyah 2 Kediri. Prosiding seminar nasional V.
Reinfried, S., Aeschbacher, U., Kienzler, P. M., & Tempelmann, S. (2015). Model Rekonstruksi Pendidikan Strategi Yang Kuat Untuk Mengajar Untuk Pengembangan Konseptual Dalam Geografi Fisik: Kasus Mata Air. 3.
Sabella, M., and Redish, E. F., (2007). Knowledge activation and organization in physics problem solving. American journal of physics, 75, 1017
Setiawan, A. R. (2019). Efektivitas Pembelajaran Biologi Berorientasi Literasi Saintifik.
Jurnal Thabiea 2(2) , 83-94
Supratiwi, M, Yusuf, M, Subagya, Anggrellanggi, A, dan Martika, T. (2020). Implementasi Model Blended Learning terhadap Pemahaman Mata Kuliah Pembelajaran IPA bagi Mahasiswa Berkebutuhan Khusus pada Kelas Inklusi di Perguruan Tinggi, Spesial and inclusive Education Journal, 1 (1) , 1-7.
Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher
Wardana, R. W. (2019). Description students’ conception and knowledge structure on electromagnetic concept. Journal of Physics Conference Series, 1185 (1)
Wati, W, Haryanto S, Supriyoko. (2017). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Kimia di SMAN 1 Sanden, Bantul, Yogyakarta Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Penelitian dan Evaluasi PendidikanVol. 5 No. 1
Wijaya, H., Arismunandar. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Media Sosial. Jurnal Jaffray Vol.16, No. 2.
Yuliati, Y. (2017). Literasi sains dalam pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 3 (2), 21-28
Yuliawati, F, Rokhimawan, M. A, dan Suprihatiningrum, J. (2013) Pengembangan Modul Pembelajaran Sains Berbasis Integrasi Islam-Sains Untuk Peserta Didik Difabel Netra Mi/Sd Kelas 5 Semester 2 Materi Pokok Bumi Dan Alam Semesta. Jurnal pendidikan Ipa Indonesia, 2 (2) : 169 -177
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ijisedu.v6i2.2392
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
IJIS Edu: Indonesian Journal of Integrated Science Education
ijis.edu@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Lantai 2 Fakultas Tarbiyah dan Tadris
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu
IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education This is published by UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu and distributed with the permission below Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.