Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III Dengan Menggunakan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Di SDN 05 Kota Mukomuko
Abstract
Hasil belajar yang telah didapatkan pada pembelajaran sebelumnya dikelas, menunjukkan bahwa sebagian besar tidak memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM). Hal ini kemungkinan disebabkan oleh metode ceramah masih sering dilakukan, bahkan ditambah dengan strategi-strategi yang lain, sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa karena terbukti dari hasil pengamatan peneliti pada saat evaluasi akhir yang dilakukan guru setelah kegiatan belajar mengajar selesai, di kelas III SD Negeri 05 Kota Mukomuko hanya 45% siswa yang mencapai ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 62,5 dengan jumlah siswa 20 orang dengan KKM 65. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 05 Kota Mukomuko, kelas III semester 2 Tahun Pelajaran 2017/2018 mata pelajaran Matematika tentang menggunakan pecahan sederhana. Siswa berjumlah 20 orang terdiri dari 9 siswa dan 11 siswi. Penelitinya adalah guru. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus. Berdasarkan analisis data, persentase ketuntasan belajar secara klasikal setiap siklus penelitian mengalami peningkatan perbaikan kualitas pembelajaran, dimana pada siklus I rata-rata 79,5 ketuntasan belajar sebesar 90%, pada siklus II meningkat rata-rata 92,5 ketuntasan belajar 95%, ini sudah dikatakan tuntas, karena menurut Depdiknas (2006) bahwa pembelajaran dikatakan tuntas apabila secara klasikal siswa yang mendapat nilai 70 keatas mencapai 85% dari jumlah siswa. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah metode inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar matematika di kelas III
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Djamarah, S.B. dan Zain, A. 1996. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdiknas, 2006. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD/MI. Jakarta: BNSP.
Khafid, dkk. 2006. Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas III. Jakarta: Ganeca.
Isa, A. (2016). Keefektifan pembelajaran berbantuan multimedia menggunakan metode inkuiri terbimbing untuk meningkatkan minat dan pemahaman siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(1).
Kurniawati, I. D., & Diantoro, M. (2014). Pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing integrasi peer instruction terhadap penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 10(1).
Mayasari, D. (2013). Penerapan model pembelajaran kooperatif two stay two stray untuk meningkatkan komunikasi matematis tertulis siswa kelas XI IPA 5 SMAN 1 Purwosari Pasuruan. Penerapan model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray untuk meningkatkan komunikasi matematis tertulis siswa kelas XI IPA 5 SMAN 1 Purwosari Pasuruan/Dian Mayasari.
Prihandoko, Cahya, A. 2006. Pemahaman dan Penyajian Konsep Matematika Secara Benar dan Menarik. Jakarta:Depdiknas
Subarinah, S. 2006. Inovasi Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.
Sudjana, Nana. 2004. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.
Sukmadinata, Syaodih, N. 2010. Metode penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Soetrisno, Eddy. 2006. Kamus Populer Bahasa Indonesia. Sinergi: Ladang Pustaka
Soetomo, 1993. Dasar-dasar interaksi belajar mengajar. Jakarta : Usaha Nasional.
TIM-FKIP UT, 2013. Pemantapan Kemampuan Profesional. Banten – Indonesia: Universitas Terbuka.
Wardani, DKK, 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakartan : Universitas Terbuka
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ijisedu.v1i1.1406
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 IJIS Edu : INDONESIAN JOURNAL OF INTEGRATED SCIENCE EDUCATION

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
IJIS Edu: Indonesian Journal of Integrated Science Education
ijis.edu@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Lantai 2 Fakultas Tarbiyah dan Tadris
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu
IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education This is published by UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu and distributed with the permission below Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.