Analisis Profil Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa PGSD Dengan Graded Response Models Pada Pembelajaran IPA

Tri Wiyoko

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis profil kemampuan berpikir kritis mahasiswa PGSD dengan menggunakan graded response models pada pembelajaran IPA. Indikator berpikir kritis yang dijadikan acuan dalam penelitian ini menurut Peter A, Facione antara lain: interpretasi, analisis, eksplanasi, inferensi, evaluasi, dan regulasi diri. Penelitian yang dilaksanakan termasuk jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian Mahasiswa semester II PGSD STKIP Muhammadiyah Muara Bungo sebanyak 86 Mahasiswa tahun akademik 2017/2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis Mahasiswa dengan tingkat rata-rata (sedang) sebesar 48,8%, kemudian dengan kriteria rendah 26,7%. Kriteria sangat tinggi sebesar 4,6%, tinggi 11,6% dan berkriteria rendah sebesar 8,1%. Kemampuan berpikir kritis mahasiswa PGSD untuk indikator tertinggi yaitu regulasi diri sebesar 68,60% dengan kategori tinggi, indikator analisis sebesar 66,30% dengan kategori tinggi, indikator penjelasan sebesar 55,20% dengan sedang, Indikator interpretasi sebesar 30,50% dengan kategori rendah, aspek evaluasi sebesar 30,20%  dengan kategori rendah dan indikator inferensi sebesar 26,20% dengan kategori rendah.


Keywords


Berpikir kritis; Graded Response Models.

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2007. Panduan Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs). Jakarta Pusat: www.puskur.net

Dharma, Surya. 2008. Kreativitas. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan Rektorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga kependidikan Departemen Pendidikan Nasional.

Carson, J. (2007). A Problem with Problem Solving: Teaching Thinking Without Teaching Knowledge. The mathematics Educator, (17 (2): 7-14. Diakses dari http://eric.ed.gov/fulltext/EJ841561.pdf.

Facione, Peter A. 2015. Critical Thinking: What It Is and Why It counts. Measured Reasons LLC, Hermosa Beach, CA. Journal. ISBN 13: 978-1-891557-07-1.

Fisher, Alec. 2009. Berpikir Kritis: Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga.

Hasratuddin. 2010.Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Universitas Negeri Medan. Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 4. No.2 Desember 2010

Hendracipta, Nana. dkk. 2017. Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. JPSD Vol. 3 No. 2, September 2017. ISSN 2540-9093. Hal 215-227.

Inggriyani, dkk. 2017. Pengaruh Berpikir Kritis Terhadap Kemampuan Menulis Narasi Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. JPSD Vol. 3 No. 2, September 2017. ISSN 2540-9093. Hal 105- 116.

Junaidi. 2015. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Dengan Menggunakan Graded Response Models Di SMA Negeri 1 Sakti. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jabal Ghafur Sigli. Volume 4. Nomor 1. April 2017. ISSN 2355-0074.

J. L. Docktor and J. P. 2014. Mestre, Synthesis of discipline-based education research in physics. Phys. Rev. Spec. Top. - Phys. Educ. Res., vol. 10, no. 2, pp. 1–58.

Nasution. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: BumiAksara.

Quelmalz, Edys S. 1985. Needed: Better Methods for Testing High-Order Thinking Skills. Educational Leadership Article.

Quitadamo, Ian J, Celia L. Faiola, James E. Johnson, and Martha J. Kurtz. 2008. Community based Inquiry Improves Critical Thinking in General Education Biology. Central Washington University, Ellensburg. Article Vol. 7, 327–337.

Rosana. 2012. Menggagas Pendidikan IPA yang Baik Terkait Esensial 21st Century Skills. Seminar Nasional Pendidikan IPA ke IV, Surabaya 6-7 Desember 2014.

Sereni, Christine. 2015. Teaching Strategies for Critical Thinking Skills. Academic Exchange Quarterly: Saint Leo University. Volume 19, Issue 3

Shukri, Noraini Ahmad. 2015. A Review on Developing Critical Thinking Skills through Literary Texts. Australia : Australian International Academic Centre. Advances in Language and Literary Studies. Vol. 6 No. 2; April 2015.

Svecova, Varelia, Lucia Rumanova dan Gabriela Pavlovicova. 2013. Support of Pupil’s Creative Thinking in Mathematical Education. Available www.sciendirect.com Scien direct Procedia-Social and Behavioral Science 116 (2014) 1715-1719.

Tawil, Muh dan Liliasari. 2013. Berpikir Kompleks dan Implementasinya dalam Pembelajaran IPA. Makasar: Badan Penerbit UNM.

Usmaedi. 2017. Menggagas Pembelajaran Hots Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. JPSD Vol. 3 No. 1, Maret 2017. ISSN 2540-9093. Hal 82-95.

Wahyudi. 2016. Penskoran Politomi Dalam Teori Respon Butir Menggunakan Graded Response Model (GRM). http://repository.unhas.ac.id/handle/123456789/20429. Di akses 3 Agustus 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ijisedu.v1i1.1402

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 IJIS Edu : INDONESIAN JOURNAL OF INTEGRATED SCIENCE EDUCATION

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

IJIS Edu: Indonesian Journal of Integrated Science Education
ijis.edu@mail.uinfasbengkulu.ac.id

 

Lantai 2 Fakultas Tarbiyah dan Tadris
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu

 

  Creative Commons License
IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education This is published by UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu and distributed with the permission below Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License